Ini 5 Rekomendasi Obat Gatal Berair pada Kulit di Apotek

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 Maret 2024

“Gatal yang disertai cairan biasa dikenal dengan lepuh. Untuk mengatasinya, gunakan obat seperti Desoximetasone, Pharmason, Canesten, Caladine, dan Salicyl Menthol Ika yang bisa kamu beli di Halodoc.”

Ini 5 Rekomendasi Obat Gatal Berair pada Kulit di ApotekIni 5 Rekomendasi Obat Gatal Berair pada Kulit di Apotek

DAFTAR ISI

Obat Gatal Berair yang Mudah Dicari di Apotek 


Halodoc, Jakarta – Pernah merasakan gatal yang ketika digaruk malah terasa basah? Nah, gatal gatal yang disertai dengan cairan bening bisa jadi adalah lepuh. Biasanya kondisi ini datang karena berbagai penyebab seperti luka, eksim, alergi, dan masih banyak lagi. 

Lepuh biasanya terjadi karena ada bagian kulit yang terangkat lalu terisi dengan cairan bening. Cairan di dalamnya ini bertugas melindungi kulit yang terluka dan membantu dalam proses penyembuhannya. 

Maka dari itu, sebaiknya lepuh tidak digaruk, sebab pelindung yang menutupi kulit itu bisa rusak dan berpotensi menjadi infeksi. 

Lantas, apa solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi gatal berair?

Obat Gatal Berair yang Mudah Dicari di Apotek

Agar gatal berair ini bisa hilang dan sembuh, ada beberapa obat yang dapat kamu gunakan. Yuk simak ulasan rekomendasinya di bawah ini: 

1. Desoximetasone 0.25 % Cream 15 gr

Rekomendasi obat gatal berair yang pertama adalah Desoximetasone. Obat kortikosteroid topikal ini bisa jadi pilihan tepat untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Mulai dari radang kulit akut, kelainan kulit alergis dan kronis, atau psoriasis. 

Desoximetasone memiliki mampu meredakan inflamasi, gatal-gatal, ruam, serta membantu memulihkan kulit agar kembali ke kondisi yang normal. 

Cara menggunakan obat ini cukup mudah. Oleskan obat dermatitis ini tipis-tipis saja di area yang terdampak, dan gosok secara perlahan. 

Kisaran harga: Rp19.100 per tube. 

Dapatkan Desoximetasone 0.25 % Cream 15 gr di Toko Kesehatan Halodoc. 

Temukan fakta-fakta lain seputar kondisi gatal berair di sini: “Ini 5 Penyebab Gatal Berair Pada Kulit dan Cara Mengatasinya”.

2. Pharmason 0.25% Cream 15 g

Obat gatal berair selanjutnya adalah Pharmason. Dengan kandungan Desoximethasone (kortikosteroid aktif yang dikembangkan untuk penggunaan topikal) di dalamnya, obat berjenis krim ini bisa memberikan efek antiinflamasi, antialergi, anti eksudatif, anti proliferatif (menghambat pertumbuhan sel), dan anti gatal.

Pharmason berguna untuk mengurangi potensi peradangan serta gatal karena dermatosis yang responsif pada kortikosteroid. 

Kamu bisa memakai obat ini 1 sampai 2 kali sehari di kulit yang bermasalah (3 kali sehari jika diperlukan). Tapi, setelah lesi (kondisi yang membuat jaringan kulit rusak atau berubah) membaik, kurangi frekuensi penggunaan, dari 2 kali sehari menjadi hanya 1 kali. 

Oleskan Pharmason tipis pada kulit yang sakit dengan lembut. Namun, pemakaian untuk area lebih dari 10% permukaan tubuh dan terapi lebih 4 minggu harus dihindari. Sebab, kamu bisa berisiko mengalami efek samping seperti  kortikosteroid sistemik, iritasi, jerawat, atau gatal. 

Kisaran harga: Rp37.000 per tube.

Dapatkan Pharmason 0.25% Cream 15 g di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Canesten Cream 10 g

Canesten memiliki zat Clotrimazole yang bekerja mengatasi infeksi jamur. Mulai dari penyakit jamur kulit, panu, kadas/kurap, kutu air, sampai ruam popok. 

Obat gatal berair ini bekerja menurunkan biosintesis ergosterol (sterol di membran sel jamur). Dengan menurunnya biosintesis ini, fungsi sel membran bisa terhambat. 

Berikut aturan pakainya:

  • Cuci tangan sampai bersih sebelum menggunakan produk.
  • Bersihkan dan keringkan kulit yang akan dioleskan.
  • Oles krim ke bagian kulit yang terinfeksi jamur sebanyak 2-3 kali sehari.

Penggunaan obat ini minimal dua minggu untuk memastikan infeksi jamur sudah hilang hingga ke akarnya. Lalu, pastikan kamu selalu mencuci tangan setelah pemakaian krim.

Rentang harga: Rp49.500 – Rp51.300 per tube.

Dapatkan Canesten Cream 10 g di Toko Kesehatan Halodoc. 

4. Caladine Lotion 60 ml

Caladine Lotion 60 ml adalah losion antigatal yang mengandung calamine, zinc oxyde, dan diphenhydramine HC. Diphenhydramine HC berfungsi meredakan gejala alergi sementara Calamine dan zinc oxyde bekerja mengatasi rasa gatal serta nyeri. 

Gatal karena biang keringat, udara panas, dan gigitan serangga, bisa teratasi dengan Caladine Lotion. Tak hanya itu, ada juga efek antialergi, antiseptik, dan penyejuk kulit di dalam lotion ini.

Berikut petunjuk pemakaiannya: 

  • Sebelum pemakaian, bersihkan dulu kulit yang gatal.
  • Oleskan losionnya setelah mandi pagi dan sore 2-4 kali sehari 
  • Hindari penggunaan di di kulit yang melepuh, mengelupas, atau mengeluarkan cairan. 

Rentang harga: Rp20.900 – Rp21.100 per botol. 

Dapatkan Caladine Lotion 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Salicyl Menthol Ika 80 g

Rekomendasi obat gatal berair yang terakhir ini merupakan bedak yang memiliki asam salisilat dan talk, zat ampuh untuk mengatasi gatal. Asam salisilat bekerja membasmi sel kulit mati dan melembutkan kulit, sementara talk membantu mencegah kerusakan dan peradangan kulit. 

Kandungan mentol di dalamnya juga membantu memberikan sensasi dingin. Bedak Salicyl Menthol Ika berfungsi untuk melawan gatal oleh biang keringat dan gangguan kulit lainnya. 

Bedak ini sebaiknya digunakan setelah mandi dan tidak boleh digunakan untuk anak usia 3 tahun. Selain itu, jika mulai kulit mulai menunjukkan tanda-tanda alergi sebaiknya hentikan pemakaian. 

Kisaran harga: Rp17.800 per botol.

Dapatkan Salicyl Menthol Ika 80 g di Toko Kesehatan Halodoc. 

Itulah beberapa rekomendasi obat gatal berair ampuh yang bisa kamu temukan di apotek Jika butuh kamu butuh obat dan produk perawatan kulit lainnya di Toko Kesehatan Halodoc, dan dikirim dari apotek tepercaya!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2024. What causes itchy bumps filled with clear liquid?
Very Well Health. Diakses pada 2024. What Can Cause Itchy Bumps Filled With Clear Liquid?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan