Ini 5 Rekomendasi Obat Nyeri Ulu Hati yang Ampuh di Apotek

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 April 2024

“Nyeri ulu hati bisa menimbulkan sensasi tidak nyaman, termasuk saat sedang beristirahat. Beberapa rekomendasi obat untuk mengatasinya adalah Mylanta Sirup. Polysilane Suspensi, Farmacrol Forte Suspensi, Promag Double Action, dan Promag Gazero yang bisa kamu beli di Halodoc.”

Ini 5 Rekomendasi Obat Nyeri Ulu Hati yang Ampuh di ApotekIni 5 Rekomendasi Obat Nyeri Ulu Hati yang Ampuh di Apotek

DAFTAR ISI

Pilihan Obat Nyeri Ulu Hati yang Ampuh


Halodoc, Jakarta – Nyeri ulu hati merupakan sensasi nyeri dan terbakar yang muncul di bagian tengah dada akibat paparan asam lambung. Jika sudah kronis, pengidap mungkin akan mengalami gastroesophageal reflux disease (GERD).

Untuk mengatasi gejalanya, kamu bisa mengonsumsi beberapa rekomendasi obat ulu hati di bawah ini!

Pilihan Obat Ulu Hati yang Ampuh

Nyeri ulu hati yang terjadi karena refluks asam ditandai dengan gejala berupa sendawa, rasa asam di mulut, dan mual. Sementara gejala refluks asam atipikal lainnya ditandai dengan cegukan, batuk, sakit tenggorokan, perut kembung, dan kesulitan menelan.

Ini beberapa rekomendasi obat yang bisa kamu konsumsi jika mengalaminya:

1. Mylanta Sirup 50 ml

Obat nyeri ulu hati pertama yang dapat kamu gunakan adalah Mylanta Sirup 50 ml. Mylanta Sirup 50 ml adalah obat yang mengandung aluminium hidroksida kering, magnesium hidroksida, dan simetikon dalam bentuk sirup.

Obat ini bermanfaat untuk mengatasi gejala-gejala kelebihan asam lambung, gastritis, tukak lambung, tukak usus 12 jari, mual, nyeri lambung, dan nyeri ulu hati.

Untuk dosis penggunaan, orang dewasa dapat mengkonsumsi 1-2 sendok takar (5-10 mL) sebanyak 3-4 kali sehari. Sementara itu, pada anak-anak (6-12 tahun) dosisnya adalah 1/2 – 1 sendok takar (2.5 – 5 mL) sebanyak 3-4 kali sehari.

Mylanta Sirup dapat dikonsumsi 1 jam sebelum makan atau 2 jam sesudah makan, serta menjelang tidur. Namun, penggunaan obat ini tidak dianjurkan secara terus menerus selama lebih dari 2 minggu kecuali atas petunjuk dokter. 

Rentang harga: Rp18.100 – Rp18.300 per botol.

Dapatkan Mylanta Sirup 50 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Polysilane Suspensi 100 ml

Polysilane Suspensi adalah rekomendasi ampuh selanjutnya dalam urusan nyeri ulu hati. Obat ini mengandung dimetilpolisiloksan, aluminium hidroksida, dan magnesium hidroksida. Memiliki kemampuan menginaktifkan pepsin agar nyeri ulu hati berkurang dan menetralkan asam lambung

Polysilane Suspensi berguna mengatasi gejala kelebihan asam lambung, gastritis, tukak lambung, dan tukak usus 12 jari. Seperti mual, nyeri lambung, nyeri ulu hati, kembung, dan perasaan penuh di lambung. 

Obat bebas ini baik dikonsumsi 1 sampai 2 jam setelah makan dan menjelang tidur. 

Kisaran harga: Rp27.900 – Rp31.000 per botol.

Dapatkan Polysilane Suspensi 100 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Farmacrol Forte Suspensi 100 ml

Rekomendasi obat nyeri ulu hati berikutnya adalah Farmacrol Forte Suspensi 100 ml. Farmacrol Forte Suspensi 100 ml adalah obat yang dirancang untuk mengatasi gangguan pada saluran pencernaan seperti gastritis, perut kembung, maag, dispepsia, hiatus hernia, serta tukak lambung dan tukak usus duodenum.

Dosis penggunaan untuk dewasa adalah 1 sendok takar (5 mL) 3-4 kali sehari. Sementara itu, dosis untuk anak-anak adalah ½ sendok takar (2.5 mL) 3-4 kali sehari. Obat ini sebaiknya diminum saat perut kosong atau sebelum makan.

Rentang harga: Rp71.100 – Rp74.600 per botol.

Dapatkan Farmacrol Forte Suspensi 100 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Promag Double Action 6 Tablet Kunyah

Selanjutnya, kamu juga dapat menggunakan obat Promag Double Action 6 Tablet Kunyah untuk membantu meredakan nyeri ulu hati. 

Dengan dua mekanisme kerja yang berbeda, Promag Double Action memberikan bantuan yang efektif untuk menetralkan dan menghentikan produksi asam lambung berlebihan.

Kamu sebaiknya meminum obat ini 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan dan menjelang tidur, dengan maksimal 2 tablet per hari. Obat ini sebaiknya dikunyah terlebih dahulu sebelum ditelan dan tidak boleh dikonsumsi bersama makanan.

Dosis untuk dewasa dan anak di atas 12 tahun adalah 2 kali sehari 1 tablet kunyah. Sementara itu, dosis untuk anak di bawah 12 tahun perlu mengikuti anjuran dokter.

Rentang harga: Rp13.500 – Rp13.700 per strip.

Dapatkan Promag Double Action 6 Tablet Kunyah di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Promag Gazero 15 ml 6 Sachet

Promag Gazero 15 ml 6 Sachet adalah opsi obat herbal yang dapat membantu mengatasi masalah nyeri ulu hati.

Dengan kandungan jahe merah, adas, kunyit, akar manis, peppermint, nanas, madu, dan royal jelly, obat ini dirancang khusus untuk meredakan kembung.

Kamu bisa langsung meminum obat ini atau mencampurkannya dengan air hangat. Pastikan untuk mengocoknya sebelum diminum. Dosis penggunaan adalah 1 sachet sebanyak 3 kali sehari. 

Rentang harga: Rp16.200 – Rp16.300 per box.

Dapatkan Promag Gazero 15 ml 6 Sachet di Toko Kesehatan Halodoc.

Nah, itu dia sejumlah rekomendasi obat nyeri ulu hati ampuh yang bisa kamu gunakan.

Pastikan untuk menggunakan obat sesuai dengan petunjuk dan anjuran dokter. Kamu juga perlu mengecek kesesuaian dan kelengkapan produk, serta periksa juga masa berlaku produk yang akan kamu konsumsi.

Jika nyeri ulu hati tak kunjung membaik, kamu bisa diskusikan hal ini dengan dokter spesialis untuk mendapatkan obat yang sesuai. Kamu juga bisa temukan obat, suplemen, dan produk kesehatan lainnya di Toko Kesehatan Halodoc. Produknya dikirim dari apotek terpercaya!

Dapatkan juga informasi lain seputar kesehatan dengan men-download Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Heartburn.
Mayo clinic. Diakses pada 2024. Heartburn.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan