Ini 5 Rekomendasi Obat yang Ampuh untuk Menghilangkan Kutu Rambut

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   19 Maret 2024

“Kutu rambut tak hanya menyebabkan rasa gatal, tapi ketidaknyamanan saat tidur di malam hari. Beberapa rekomendasi brand obat kutu rambut yang ampuh, yaitu Peditox, Medscab, Ketomed, Scabimite, dan Interzol yang bisa kamu beli di Halodoc.”

Ini 5 Rekomendasi Obat yang Ampuh untuk Menghilangkan Kutu RambutIni 5 Rekomendasi Obat yang Ampuh untuk Menghilangkan Kutu Rambut

DAFTAR ISI

Pilihan Produk Obat Kutu Rambut


Halodoc, Jakarta – Kutu rambut adalah serangga kecil yang memakan darah dari kulit kepala manusia. Serangga ini menyebar melalui perpindahan langsung dari rambut pengidap ke rambut orang lain. Kutu rambut ini bisa bisa menimbulkan gatal-gatal yang tak tertahankan pada kulit kepala.

Nah, ada beberapa langkah pengobatan untuk membunuh kutu rambut di kepala, salah satunya menggunakan rekomendasi obat kutu rambut di bawah ini!

Pilihan Produk Obat Kutu Rambut

Kutu rambut bisa berpindah melalui kontak langsung atau berbagi barang pribadi dengan pengidap, seperti sisir, handuk, atau topi. Gejalanya utamanya berupa gatal, terutama di lingkungan tempat tinggal kutu.

Pengidap juga mungkin akan mengalami luka akibat garukan berlebihan, kesulitan tidur akibat rasa gatal, bahkan infeksi akibat luka. Untuk mencegahnya, ini rekomendasi obat kutu rambut yang bisa dicoba:

1. Peditox Liquid 50 ml

Rekomendasi brand obat kutu rambut pertama datang dari merek Peditox Liquid 50 ml. Di dalamnya mengandung 1% permethrin dalam bentuk liquid guna menurunkan sekaligus mencegah perkembangbiakan kutu.

Peditox juga mengandung 0.5% hexachlorocyclohexane yang digunakan sebagai agen pengembang, yang membantu meningkatkan efektivitas permethrin dalam memerangi kutu. 

Penggunaannya mudah, cukup diaplikasikan satu kali per hari ke seluruh rambut untuk membunuh kutu sekaligus telurnya. Diamkan 10 menit, lalu bilas dengan air bersih dan sampi, kemudian keringkan.

Rentang harga: Rp10.900 per botol.

Dapatkan Peditox Liquid 50 ml di Toko Kesehatan Halodoc. GRATIS ongkir dan 100% produknya asli!

*Gratis ongkir (s.d.) Rp. 22rb, dengan minimum transaksi Rp. 80rb, berlaku untuk semua produk di Toko Kesehatan Halodoc. Periodenya berlaku: 25 Feb – 9 Apr 2024.

2. Medscab Cream 30 g

Medscab Cream 30 g menjadi rekomendasi brand obat kutu rambut selanjutnya yang juga mengandung permethrin. Zat tersebut bekerja dengan membuat kelumpuhan dan kematian pada kutu rambut.

Tak hanya efektif membunuh kutu rambut, Medscab Cream juga mampu mengatasi scabies dan kutu badan. Cara menggunakannya dengan mengoleskan ke area yang terkena, bilas setelah 8-24 jam.

Rentang harga: Rp94.100 per tube.

Dapatkan Medscab Cream 30 g di Toko Kesehatan Halodoc. Obatnya dikirim dari apotek tepercaya!

3. Ketomed 2% Scalp Solution 60 ml

Ketomed 2% Scalp Solution 60 ml adalah obat kutu rambut yang mengandung 2% ketoconazole. Zat tersebut merupakan agen antijamur imidazol yang bekerja dengan menghambat pembentukan membran sel jamur. 

Cara menggunakannya mudah, cukup oleskan pada kulit kepala yang basah sebanyak 1-2 kali per minggu. Kemudian biarkan selama 3-5 menit, lalu bilas dengan air bersih atau sampo. 

Rentang harga: Rp61.500 per botol.

Dapatkan Ketomed 2% Scalp Solution 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc. Pesanan kamu akan sampai dalam satu jam!

4. Scabimite 5% Cream 10 g

Rekomendasi obat kutu selanjutnya adalah Scabimite.  Obat ini berjenis topikal yang memiliki kandungan permethrin  untuk membunuh tungau dan telurnya. 

Kamu bisa memakai Scabimite 5% Cream 10 g ini dari kepala hingga seluruh tubuh termasuk wajah, leher,  hingga telinga. Setelah 8-24 jam, bilas obat dari kepala dengan cuci pakai sabun. Kemudian ulangi pengobatan ini setelah seminggu. 

Kisaran harga: Rp64.500 per tube.

Dapatkan Scabimite 5% Cream 10 g di Toko Kesehatan Halodoc. Praktis, tak perlu keluar rumah, dan obatnya dikirim dari apotek tepercaya.

5. Interzol 2% Cream 5 g

Rekomendasi brand obat kutu rambut yang terakhir adalah merek Interzol 2% Cream 5 g. Obat produksi Interbat ini mengandung ketoconazole yang merupakan agen antijamur atau antifungi.

Tak hanya efektif sebagai obat kutu rambut, Interzol juga dapat mengobati tinea versikolor, tinea cruris, tinea pedis, dan dermatitis seboroik. Umumnya salep dipakai sebanyak 1-2 kali sehari sesuai kebutuhan.

Rentang harga: Rp30.100 – Rp41.300 per tube.

Dapatkan Interzol 2% Cream 5 g di Toko Kesehatan Halodoc. 100% produknya asli!

Pastikan untuk menggunakan obat sesuai dengan petunjuk dan anjuran dokter. Kamu juga perlu mengecek kesesuaian dan kelengkapan produk, serta periksa juga masa berlaku produk yang kamu beli.

Jika kamu mengalami gatal pada kulit, cari obat-obatannya di sini: “Ini Rekomendasi 7 Obat Gatal pada Kulit yang Ampuh di Apotek.”

Kamu bisa mendiskusikan masalah yang dialami dengan dokter spesialis kulit jika kutu rambut tak kunjung membaik setelah pemakaian obat-obatan. Dapatkan saran medis yang sesuai agar perawatan lebih maksimal. 

Selain obat-obatan ini, kamu juga bisa cari obat, suplemen, dan produk kesehatan lainnya di Toko Kesehatan Halodoc. Produk kesehatannya 100% asli dan tepercaya, diantar dalam waktu 1 jam, privasi dalam kemasan terjaga dengan baik.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Head lice.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Head Lice.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan