Ini 5 Tanda-Tanda Bullying pada Anak yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   10 Oktober 2023

“Bullying bisa menimbulkan beberapa tanda atau gejala pada korbannya. Mulai dari perubahan suasana hati, perubahan fisik, hingga perubahan perilaku yang tidak biasa.”

Ini 5 Tanda-Tanda Bullying pada Anak yang Perlu DiketahuiIni 5 Tanda-Tanda Bullying pada Anak yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Banyak korban bullying atau perundangan yang memilih untuk diam dan tidak melaporkan kejadian yang terjadi pada orang lain. Alasannya bisa jadi karena ada rasa takut, cemas, hingga ancaman dari pelaku.

Untuk itu, sebaiknya orang tua perlu mengetahui berbagai tanda-tanda bullying pada anak. Selain dapat memberikannya perlindungan, hal ini juga bertujuan untuk langkah pencegahan agar tindakan perundungan menjadi lebih buruk.

Simak berbagai tanda-tanda bullying berikut ini!

Tanda-Tanda Bullying yang Perlu Diketahui

Berikut tanda-tanda bullying atau perundungan yang perlu kamu ketahui, seperti:

1. Perubahan suasana hati

Perubahan suasana hati bisa menjadi salah satu tanda-tanda dari perundungan yang perlu kamu waspadai. Korban perundungan terkadang dapat mengalami perasaan cemas yang berlebih, sedih sepanjang waktu, hingga menarik diri.

Korban perundungan juga akan tampak lebih sedih dan mengalami depresi. Jika kamu menemukan teman, keluarga, atau anak yang mengalami perubahan ini secara tiba-tiba, sebaiknya tanyakan langsung mengenai apa yang terjadi. 

Meskipun bukan akibat perundungan, perubahan suasana hati yang terjadi secara tiba-tiba tetap membutuhkan perhatian. Dengan begitu, kondisi kesehatan mental seseorang akan tetap stabil.

Tidak ada salahnya ketahui berbagai alasan anak menjadi pelaku bullying melalui artikel ini “5 Alasan Anak Jadi Pelaku Bullying”.

2. Adanya perubahan pada fisik

Korban perundungan atau bullying biasanya akan mengalami tanda-tanda pada fisik. Mulai dari keluhan fisik yang tidak nyaman hingga sakit kepala. Tanda lain yang perlu kamu perhatikan pada korban perundungan adalah tubuh yang memar, sering muncul luka secara tiba-tiba, dan memiliki goresan pada kulit.

Biasanya, tanda-tanda tersebut muncul tanpa korban bisa menjelaskan dengan baik apa penyebabnya. Selain itu, korban juga akan memiliki kebiasaan untuk pergi dari satu lingkungan dengan cara terburu-buru.

3. Gangguan pola tidur

Perubahan pola tidur dapat menjadi salah satu tanda korban perundungan yang kerap terjadi. Hal ini terjadi karena adanya rasa cemas, rasa lelah, hingga rasa takut yang berlebihan.

Perundungan pada anak dapat menyebabkan anak mimpi buruk sehingga lebih sering terbangun dan menangis pada malam hari. Tanda ini dapat menyebabkan penurunan kualitas hidup pada korbannya, karena tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Jika dibiarkan, gangguan tidur berisiko memicu gangguan kesehatan yang lebih parah.

4. Memiliki perilaku yang tidak biasa

Korban perundungan juga dapat mengalami perubahan perilaku menjadi tidak biasa. Jika sebelumnya korban semangat untuk melakukan aktivitas kesukaannya, tindakan bullying bisa menyebabkan korban menjadi kehilangan minat pada hobinya. 

Selain itu, korban perundungan juga kerap menghindari lokasi atau benda pribadi, yang memicu terjadinya perilaku tidak menyenangkan tersebut.

Jika tanda tersebut muncul pada anak, sebaiknya perhatikan dan tanyakan langsung mengenai masalah yang sedang dihadapinya.

Orang tua wajib tahu berbagai jenis bullying untuk mencegah tindakan ini “Ini Berbagai Bentuk Bullying yang Perlu Orang Tua Ketahui”.

5. Perubahan pola makan

Perundungan juga bisa ditandai dengan perubahan pola makan pada korbannya. Seseorang yang kerap mengalami bullying dapat menjadi kehilangan nafsu makan atau memiliki nafsu makan berlebih.

Biasanya, pada anak-anak, kondisi ini bisa ditandai dengan rasa lapar saat pulang sekolah. Hal ini karena anak-anak melewati waktu makan siang untuk menghindari tindakan yang tidak menyenangkan.

Itulah beberapa tanda yang perlu diwaspadai bagi keluarga, kerabat, maupun anak. Meskipun gejala tersebut bisa menjadi adanya gangguan kesehatan lain, tetapi memberikan perhatian dan bertanya pada korban bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah gejala tersebut semakin memburuk.

Bicarakan juga pada psikolog anak mengenai masalah ini. Dapatkan saran terbaik dari ahlinya kapan dan di mana saja dengan klik gambar berikut:

chat dengan dokter
Referensi:
Stop Bullying. Diakses pada 2023. Warning Signs for Bullying.
National Centre Against Bullying. Diakses pada 2023. Signs of Bullying.
Very Well Family. Diakses pada 2023. How to Spot the Signs of Bullying.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan