Ini 5 Cara Mengatasi Sakit Gigi dengan Bahan Alami

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   18 Januari 2024

“Untuk mengatasi sakit gigi ringan, ada beberapa bahan alami yang efektif untuk digunakan sebagai obat. Bahan alami tersebut, antara lain es, air garam kantong teh peppermint dan masih banyak lagi.”

Ini 5 Cara Mengatasi Sakit Gigi dengan Bahan AlamiIni 5 Cara Mengatasi Sakit Gigi dengan Bahan Alami

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan orang biasanya ingin mengatasi sakit gigi dengan cara yang cepat dan efektif karena ingin segera terbebas dari rasa nyerinya yang menyiksa. Itulah mengapa mengonsumsi obat pereda nyeri seringkali menjadi pilihan yang dilakukan untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut. 

Namun, sebenarnya bila rasa nyerinya hanya ringan, kamu bisa mengatasi sakit gigi dengan menggunakan bahan-bahan alami yang juga tidak kalah ampuh dengan obat-obatan. Yuk, cari tahu caranya di sini!

Tips Mengatasi Sakit Gigi dengan Bahan Alami

Agar bisa mengatasi sakit gigi dengan cara yang tepat, kamu perlu mencari tahu penyebab dari masalah kesehatan yang kamu alami tersebut.

Sakit gigi bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari kerusakan gigi, iritasi gusi akibat makanan, gigi patah, gerakan berulang seperti mengunyah, abses gigi, dan lain-lain. 

Iritasi yang ringan bisa diatasi sendiri dengan perawatan di rumah. Namun, sakit gigi yang lebih serius perlu mendapatkan pengobatan dari dokter.

Bila gejala kamu tidak kunjung membaik lebih dari satu atau dua hari, segera temui dokter gigi. Kamu bisa berobat ke dokter gigi pilihanmu melalui aplikasi Halodoc.

Selama menunggu janji temu dengan dokter gigi, berikut adalah beberapa tips mengatasi sakit gigi dengan bahan alami yang bisa kamu coba:

1. Kompres es

Menempelkan kompres es ke area gigi yang sakit merupakan cara efektif untuk menghilangkan rasa sakit gigi.

Caranya, bungkus es dengan handuk atau kain, lalu tempelkan ke area yang terkena selama 15 menit.

Atau kamu juga bisa menahan air es di dalam mulut selama beberapa detik. Namun ingat, jangan menggigit es batu, karena bisa merusak gigi.

Mau tahu daftar obat sakit gigi semprot yang efektif untuk mengatasi nyeri gigi? Baca di artikel ini: “Ini 5 Pilihan Obat Sakit Gigi Semprot yang Ampuh di Apotek

2. Berkumur dengan air garam

Bagi banyak orang, ini adalah pertolongan pertama untuk sakit gigi yang efektif. Air garam adalah disinfektan alami dan bisa membantu menghilangkan sisa makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi.

Berkumur dengan air garam juga bisa membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka di dalam mulut.

Untuk menggunakan tips mengatasi sakit gigi ini, campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu berkumur dengan larutan tersebut.

Air garam juga memiliki berbagai manfaat lain untuk kesehatan, baca di artikel ini: “Selain Obat Sakit Gigi, Ini Manfaat Berkumur Air Garam”.

3. Kantong teh peppermint

Kantong teh peppermint juga bisa menjadi pilihan bahan alami untuk meredakan rasa nyeri pada gigi dan menenangkan gusi yang sensitif.

Caranya, biarkan kantoh teh bekas menjadi sedikit dingin sebelum diaplikasikan ke area yang terkena. Sebaiknya bahan alami tersebut masih sedikit hangat saat digunakan.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kantong teh sebagai kompres dingin. Caranya, masukkan kantong teh bekas ke dalam freezer selama beberapa menit, lalu tempelkan ke gigi yang sakit. 

4. Ekstrak vanila

Ekstrak vanila mengandung alkohol yang bisa membantu menghilangkan rasa sakit. 

Sifat antioksidannya juga terbukti menjadikannya obat alami yang efektif. Pastikan kamu menggunakan vanilla yang asli.

Untuk mengatasi sakit gigi dengan bahan alami ini, oleskan sedikit ekstrak vanila ke jari atau bola kapas. Terapkan langsung ke daerah yang terkena beberapa kali per hari.

5. Daun jambu biji

Bahan alami lainnya yang juga bisa mengatasi masalah kesehatan tersebut adalah daun jambu biji.

Ini karena daun jambu memiliki sifat anti inflamasinya yang bisa membantu menyembuhkan luka. Bahan alami ini juga punya aktivitas antimikroba yang bisa membantu perawatan mulut.

Cara menggunakannya, kunyah daun jambu biji segar atau tambahkan daun jambu biji yang sudah ditumbuk ke dalam air mendidih dan gunakan sebagai obat kumur.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit gigi. Ingat, pengobatan di atas tidak berdasarkan hasil uji medis. Jadi, sebaiknya jika kamu merasakan nyeri gigi tak tertahankan, sebaiknya hubungi dokter gigi di Halodoc, ya!

Jangan lupa download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play untuk memudahkan kamu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap.

halodoc homelab
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. 11 Home and Natural Remedies for Toothache Pain.
Klement Family Dental. Diakses pada 2023. 12 Home Remedies for Toothaches That Actually Work

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan