Ini 5 Pilihan Obat Sakit Gigi Semprot yang Ampuh di Apotek

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 Januari 2024

“Sensasi sakit gigi yang mengganggu bisa kamu atasi dengan menggunakan obat sakit gigi semprot. Beberapa rekomendasinya, yaitu Cooling 5 Plus Orange, Betadine Throat Spray, Frezza Medicated Mouth Ulcer Spray, atau Cooling 5 Mouth Spray Cherry.”

Ini 5 Pilihan Obat Sakit Gigi Semprot yang Ampuh di ApotekIni 5 Pilihan Obat Sakit Gigi Semprot yang Ampuh di Apotek

DAFTAR ISI

Pilihan Obat Sakit Gigi Semprot di Apotek


Halodoc, Jakarta – Sakit gigi bisa terjadi dalam intensitas ringan hingga parah. Masalah ini bisa terjadi karena gigi berlubang, peradangan gusi, infeksi, gigi sensitif, atau kelainan pada struktur gigi.

Sakit gigi juga bisa disertai dengan gejala lain berupa demam dan menggigil. Di bawah ini rekomendasi obat sakit gigi semprot untuk sakit gigi dalam intensitas ringan hingga sedang!

Pilihan Obat Sakit Gigi Semprot di Apotek

Durasi sakit gigi bervariasi, tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Gejalanya melibatkan rasa nyeri di area gigi atau sekitar rahang, sensitif terhadap panas atau dingin, dan lain sebagainya.

Beberapa rekomendasi obat sakit gigi semprot yang bisa kamu gunakan, antara lain:

1. Cooling 5 Plus Orange 15 ml

Cooling 5 Plus Orange 15 ml adalah obat semprot rongga mulut yang berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit pada pengidap sakit gigi. Obat ini juga efektif mengatasi sariawan, radang gusi, dan sakit saat tumbuh gigi.

Cooling 5 Plus Orange mengandung 3 mg benzocaine dan 5 mg phenol. Cara menggunakannya mudah, yaitu dengan menyemprotkan di area yang sakit setiap 3-4 jam sekali, jangan ditelan.

Rentang harga: Rp34.400 – Rp50.900 per botol.

Dapatkan Cooling 5 Plus Orange 15 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Betadine Throat Spray 50 ml

Betadine Throat Spray 50 ml adalah obat sakit gigi semprot yang mengandung 0.45% povidone Iodine. Produk ini dapat membantu meredakan sakit gigi dan tenggorokan, sariawan, gusi bengkak, serta bau mulut.

Betadine Throat Spray bisa kamu gunakan 3 kali sehari sebanyak 1 kali semprot ke dalam rongga mulut. Buang dan jangan telan cairannya serta tidak perlu dibilas dengan berkumur. 

Rentang harga: Rp140.700 per botol.

Dapatkan Betadine Throat Spray 50 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Frezza Medicated Mouth Ulcer Spray 13 ml

Rekomendasi obat sakit gigi semprot selanjutnya adalah Frezza Medicated Mouth Ulcer Spray 13 ml. Obat ini bekerja dengan membentuk lapisan pelindung pada permukaan mukosa mulut.

Frezza Medicated Mouth Ulcer Spray juga berfungsi melembapkan jaringan yang luka sehingga dapat mengurangi nyeri, membantu penyembuhan sariawan atau luka akibat trauma yang disebabkan oleh kawat gigi.

Rentang harga: Rp23.300 – Rp26.300 per botol.

Dapatkan Frezza Medicated Mouth Ulcer Spray 13 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

Kamu juga bisa menggunakan beberapa rekomendasi obat oral dalam artikel ini untuk mengatasi sakit gigi: Ini Rekomendasi 9 Obat Sakit Gigi yang Paling Ampuh

4. Cooling 5 Mouth Spray Cool Mint 15 ml

Cooling 5 Mouth Spray Cool Mint 15 ml merupakan obat sakit gigi semprot yang berfungsi untuk meredakan sakit tenggorokan, nyeri akibat sariawan, dan iritasi ringan pada mulut, tenggorokan, serta bibir.

Cooling 5 Mouth Spray Cool Mint mengandung 1.4% phenol crystal yang digunakan 2-3 kali sehari. Penggunaannya dapat diulang setiap 2 jam atau beberapa kali sehari sesuai dengan kebutuhan.

Untuk setiap kali pemakaian, cukup disemprotkan 2-3 kali, semprotan dapat diulang tiap 2 jam dan atau beberapa kali sehari

Rentang harga: Rp31.400 – Rp48.600 per botol.

Dapatkan Cooling 5 Mouth Spray Cool Mint 15 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Cooling 5 Mouth Spray Cherry 15 ml

Pilihan terakhir obat sakit gigi semprot datang dari merek Cooling 5 Mouth Spray Cherry 15 ml. Selain sakit gigi, obat ini juga dapat meredakan sakit tenggorokan, nyeri akibat sariawan, dan iritasi ringan pada mulut.

Cooling 5 Mouth Spray Cherry mengandung 1.4% phenol crystal yang bekerja dengan membunuh kuman. Cara menggunakannya dengan menyemprotkan 2-3 kali setiap 3 jam sekali sampai gejala ,mereda.

Rentang harga: Rp33.300 – Rp50.100 per botol.

Dapatkan Cooling 5 Mouth Spray Cherry 15 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah beberapa rekomendasi obat sakit gigi semprot yang bisa kamu konsumsi untuk mengatasi sakit gigi. Kamu bisa mendapatkan obat-obatan di atas dengan cepat dan praktis melalui Toko Kesehatan Halodoc

Pastikan juga untuk menggunakan obat sesuai dengan petunjuk dan anjuran dokter gigi. Kamu juga perlu mengecek kesesuaian dan kelengkapan produk, serta periksa juga masa berlaku produk yang kamu beli.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Toothache.
National Health Service UK. Diakses pada 2024. Toothache.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan