• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Khasiat Bawang Dayak yang Jarang Diketahui
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Khasiat Bawang Dayak yang Jarang Diketahui

Ini 6 Khasiat Bawang Dayak yang Jarang Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 24 Oktober 2022

“Meskipun berasal dari Indonesia, khasiat bawang dayak masih jarang diketahui seluruh masyarakat. Padahal bawang dayak memiliki khasiat untuk membantu menurunkan tekanan darah hingga mencegah diabetes.”

Ini 6 Khasiat Bawang Dayak yang Jarang DiketahuiIni 6 Khasiat Bawang Dayak yang Jarang Diketahui

Halodoc, Jakarta – Bawang dayak secara tradisional telah lama digunakan oleh suku Dayak, Pulau Kalimantan, Indonesia, sebagai tanaman obat untuk mengobati karies gigi. Tanaman ini mengandung senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab karies gigi. Seiring berjalannya waktu, khasiat bawang dayak pun semakin bertambah. 

Hingga saat ini, bawang dayak telah dimanfaat oleh masyarakat suku Dayak untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Contohnya penyakit darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, dan stroke. Bagian utama bawang dayak yang banyak dimanfaatkan adalah umbinya yang berwarna merah. 

Khasiat Bawang Dayak yang Sayang untuk Dilewatkan

Bawang dayak yang memiliki nama ilmiah Eleutherine bulbosa merupakan salah satu yang tumbuh di seluruh hutan di Pulau Kalimantan, khususnya Kalimantan Barat, Indonesia. Meskipun berasal dari Indonesia, tapi khasiat bawang dayak belum banyak dikenal oleh seluruh masyarakat. 

Padahal, tanaman herbal memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Bawang yang berwarna merah ini memiliki kandungan kimia yang dibutuhkan tubuh, yaitu:

  • Alkaloid.
  • Steroid.
  • Glikosida.
  • Flavonoid.
  • Fenolik.
  • Tanin.
  • Saponin.

Nah, berikut beberapa manfaat bawang dayak untuk kesehatan tubuh.

  1. Menurunkan tekanan darah

Manfaat bawang dayak dapat  menurunkan tekanan darah tinggi. Sebab bawang ini mengandung senyawa alisin yang bisa menurunkan tekanan darah.

  1. Mencegah infeksi bakteri

Bawang dayak memiliki sifat antibakteri yang baik sehingga dapat dimanfaatkan untuk mencegah penyakit akibat infeksi bakteri. Penelitian menyebutkan bahwa ekstrak etanol bawang dayak dapat melawan bakteri patogen bernama Staphylococcus aureus yang dapat mengakibatkan berbagai infeksi. Misalnya infeksi kulit, sepsis, dan osteomielitis.

  1. Mencegah diabetes

Kemudian, bawang dayak juga berkhasiat untuk mencegah penyakit diabetes. Kandungan eleutherol, eleuthocide A, dan eleutherinoside B pada bawang dayak memiliki sifat antidiabetes. Kandungan tersebut dapat menurunkan kadar glukosa darah. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari risiko penyakit diabetes. 

  1. Melawan radikal bebas

Bawang dayang mengandung triterpenoid, polifenol, dan flavonoid yang berperan sebagai antioksidan. Dengan mengonsumsi bawang dayak, maka tubuh dapat melawan paparan radikal bebas yang berpotensi merusak sel-sel dalam tubuh. Risiko masalah kesehatan seperti penuaan dini, kanker, dan demensia juga dapat menurun.

  1. Meningkatkan kesehatan tulang

Khasiat bawang dayak selanjutnya yaitu meningkatkan kesehatan tulang. Penelitian menyebutkan bahwa ekstrak etanol pada bawang dayak dapat meningkatkan kepadatan dan bobot tulang. Dengan mengonsumsinya, risiko penyakit tulang, seperti osteoporosisdapat dicegah.

  1. Mempertahankan kadar kolesterol normal

Kandungan eleutherinol dalam bawang dayak pasalnya mampu menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol LDL “jahat” di dalam darah. Dengan mengonsumsi bawang dayak, maka dapat mempertahankan kolesterol dalam kadar normal. Selain itu, kamu akan terhindar dari risiko penyakit berbahaya akibat kolesterol tinggi. Contohnya penyumbatan arteri, serangan jantung, dan stoke.

Itulah khasiat bawang dayak yang masih jarang diketahui masyarakat Indonesia. Hal yang perlu digarisbawahi, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat-manfaat di atas. 

Nah, jika kamu ingin tahu informasi tentang makanan sehat lainnya, atau memiliki keluhan kesehatan tanyakan pada dokter di Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
National Library of Medicine. Diakses pada 2022. The Antibacterial Activity of Dayak Onion (Eleutherine palmifolia (L.) Merr) towards Pathogenic Bacteria
Dr. Health Benefits. Diakses pada 2022. 10 Super Health Benefits of Eleutherine Bulbosa