Ini 6 Minuman Sehat untuk Jantung yang Kuat

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   02 Agustus 2021

“Jantung salah satu organ yang memainkan peran penting dalam berbagai fungsi tubuh. Itu sebabnya, kamu wajib mencukupi kebutuhan cairan tubuh supaya fungsi jantung tetap stabil. Pilihlah minuman yang menyehatkan jantung untuk memenuhi cairan tubuh.”

Ini 6 Minuman Sehat untuk Jantung yang KuatIni 6 Minuman Sehat untuk Jantung yang Kuat

Halodoc, Jakarta – Tubuh manusia mengandung sekitar 60-70 persen air. Itu mengapa air sangat dibutuhkan oleh tubuh supaya organ-organ di dalamnya berfungsi dengan baik. Terlebih untuk organ jantung. Jantung memainkan peran yang amat penting. Organ yang satu ini bekerja memompa darah untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh lainnya secara nonstop.

Ketika kebutuhan cairan tidak terpenuhi, maka fungsi jantung pun dapat terganggu dan kamu berisiko mengalami masalah kesehatan. Oleh sebab itu, kamu perlu rutin minum supaya kebutuhan cairan tubuh selalu tercukupi. 

Baca juga: Terapkan 7 Kebiasaan Ini untuk Kesehatan Jantung

Minuman untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Tidak semua jenis minuman baik untuk jantung. Ada beberapa minuman yang justru dapat memengaruhi fungsi jantung, alkohol misalnya. Minum alkohol justru berisiko membuat detak jantung melemah atau tidak teratur. Nah, berikut jenis-jenis minuman yang mampu menjaga kesehatan jantung:

1. Air Putih

Ini adalah minuman yang paling aman dan paling sehat untuk jantung. Air putih mengandung nol kalori dan mampu menghidrasi tubuh dengan baik serta mudah diperoleh. Usahakan minum air putih setidaknya 6-8 cangkir setiap hari (1,5 – 2 liter). Namun, pastikan kamu meminum air putih yang sudah matang untuk menghindari bakteri berbahaya.

2. Susu Rendah Lemak

Alternatif minuman sehat yang bisa kamu pilih lainnya adalah susu rendah lemak atau susu kedelai. Susu tinggi akan kandungan kalsiumnya yang sekaligus bermanfaat untuk menguatkan tulang. Jika kamu memilih susu kedelai, carilah versi yang diperkaya kalsium.

Saat ini, tersedia pula susu yang diperkaya sterol yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Baca juga: Cara Hipertensi Sebabkan Penyakit Jantung

3. Jus Buah Utuh

Selain dapat memberikan rasa manis alami, jus buah juga mengandung beragam nutrisi yang menyehatkan jantung. Saat membeli jus buah, pilih yang mengandung 100 persen buah utuh, tanpa tambahan gula. Namun, yang paling terbaik adalah membuatnya sendiri di rumah. Jus buah juga ada yang diperkaya sterol, yang akan membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi, dan mengurangi peradangan. Proses ini memainkan peran penting dalam perkembangan penyakit jantung.

4. Teh

Melansir dari American Heart Association, rutin minum teh dapat mengurangi risiko stroke, beberapa jenis kanker, dan penyakit jantung. Studi menemukan bahwa risiko serangan jantung berkurang 11% ketika 3 cangkir teh per hari dikonsumsi. Saat membeli teh dalam kemasan, pilihlah yang tanpa pemanis, atau sebaiknya buat teh sendiri sebagai alternatif yang lebih sehat.

5. Kopi

Selain teh, kopi juga termasuk minuman yang dapat mencegah stroke dan penyakit jantung lainnya, tetapi dengan catatan tidak dicampur dengan krim dan gula. Saat meminum kopi, pilihan terbaik adalah kopi hitam polos.

6. Soda Diet

Selama ini soda sering dikaitkan dengan kandungan gula yang sangat tinggi. Namun, kamu tetap boleh kok meminum soda, asalkan pilih soda diet yang rendah kandungan gulanya. Saat minum soda diet, pastikan hanya mengonsumsi dalam jumlah sedang (sekali setiap minggu), karena pemanis buatan sebaiknya dihindari.

Itulah beberapa pilihan minuman yang menyehatkan jantung. Sebaiknya hindari minuman-minuman yang tinggi kandungan gulanya dan alkohol. Gula yang terlalu tinggi nyatanya dapat meningkatkan tekanan darah. Bila sudah menjadi kebiasaan, bukan tidak mungkin tekanan darah tinggi dapat membahayakan jantung.

Baca juga: Ini 6 Makanan Sehat untuk Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung juga bisa dijaga dengan mengonsumsi vitamin dan suplemen yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh. Kalau stok sudah menipis, beli saja di Toko Kesehatan Halodoc. Tinggal klik, lalu pesanan akan diantar ke tempatmu!

Selain itu, sebagai upaya pencegahan penyakit jantung, kamu bisa menggunakan fitur Cek Risiko Penyakit Jantung di Halodoc✔️ untuk mengetahui level risiko yang dimiliki oleh tubuhmu. Klik gambar di bawah ini untuk pelajari lebih lanjut.

cek risiko jantung
Referensi:
Heart Foundation. Diakses pada 2021. Heart-healthy drinks.
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2021. The best beverages for your heart.
American Heart Association. Diakses pada 2021. Green tea, coffee linked to lower death risk after stroke, heart attack.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan