Ini 7 Jenis Perawatan Gigi untuk Mempercantik Penampilan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 Desember 2022

“Terdapat beberapa jenis perawatan gigi untuk kecantikan yang umum dilakukan. Mulai dari pemutihan gigi kosmetik atau bleaching, veneer gigi, hingga perawatan ortodontik kosmetik.”

Ini 7 Jenis Perawatan Gigi untuk Mempercantik PenampilanIni 7 Jenis Perawatan Gigi untuk Mempercantik Penampilan

Halodoc, Jakarta – Tak hanya menjalani perawatan rambut atau kulit, saat ini banyak orang yang juga menjalani perawatan gigi. Hal ini dilakukan demi menunjang kesehatan gigi.

Dalam dunia kesehatan, perawatan atau treatment gigi untuk mempercantik senyum dikenal dengan istilah cosmetic dentistry. Metode ini mengacu pada perawatan untuk meningkatkan estetika dan memberikan tampilan gigi yang sempurna. Adapun, sampai saat ini ada berbagai jenis perawatan gigi yang dapat dilakukan guna mempercantik penampilan. 

Jenis Perawatan Gigi untuk Mempercantik Penampilan

Pemeriksaan gigi secara rutin merupakan hal yang penting dilakukan. Hal ini bertujuan agar dokter gigi dapat menentukan metode yang sekiranya paling efektif untuk mempercantik senyuman. Berikut adalah beberapa jenis perawatan gigi untuk kecantikan yang umum dilakukan: 

1. Pemutihan Gigi Kosmetik

Prosedur ini juga disebut sebagai bleaching dan dilakukan untuk mencerahkan sekaligus memutihkan gigi. Khususnya dari perubahan warna atau munculnya noda yang sulit dihilangkan dari gigi. Meski begitu, tidak semua gigi bisa diputihkan karena terkadang warna kuning yang muncul merupakan warna natural gigi secara genetik. 

2. Veneer Gigi

Jenis perawatan selanjutnya adalah veneer, yaitu perawatan yang bertujuan untuk membentuk gigi. Veneer terbuat dari bahan porselen atau komposit dan dapat digunakan untuk merawat kondisi gigi seperti gigi bengkok, gigi terkelupas, atau bahkan menutupi celah di antara gigi. Adapun untuk prosedurnya, tindakan hanya dapat dilakukan pada kondisi gigi yang sehat. 

3. Implan Gigi

Implan gigi adalah perangkat logam yang dirancang untuk menggantikan gigi yang hilang. Prosedur ini biasanya terbuat dari titanium dan ditempatkan melalui pembedahan ke dalam tulang rahang gigi hilang. Untuk prosedurnya, implan gigi dirancang sebagai akar gigi guna menahan bagian gigi tiruan seperti mahkota dan jembatan gigi atau dental bridge.

4. Pemasangan Mahkota Gigi Kosmetik

Mahkota, juga disebut sebagai caps, merupakan bagian gigi prostetik yang dibuat khusus agar bentuknya sesuai dengan gigi. Biasanya mahkota gigi kosmetik terbuat dari akrilik atau porselen yang telah menyatu dengan logam untuk menahan tekanan gigitan.

Pemasangan mahkota gigi diketahui dapat digunakan untuk berbagai hal. Mulai dari merawat gigi yang bentuknya kurang rapi, rusak parah, patah, terkelupas, memiliki tambalan yang besar, atau untuk menutupi ruang di antara gigi.

5. Pembentukan Gigi Kosmetik

Jenis perawatan ini juga disebut sebagai pembentukan email. Melalui prosedur ini, dokter gigi dapat membentuk kembali gigi dengan mengikir atau menghilangkan sebagian enamel. Proses ini biasanya tidak menyakitkan dan dapat menghasilkan efek langsung.

6. Pengikatan Gigi Kosmetik

Pengikatan gigi adalah proses penyambungan bahan yang berwarna selayaknya gigi dilekatkan (diikat) ke gigi. Ini adalah prosedur yang dapat digunakan untuk memperbaiki penampilan gigi yang ternoda, patah, atau terkelupas.

7. Perawatan Ortodontik Kosmetik

Perawatan gigi untuk mempercantik penampilan selanjutnya adalah perawatan ortodontik. Nah, perawatan ini memang umumnya dilakukan pada anak-anak. Namun, sampai saat ini semakin banyak orang dewasa yang juga mencari perawatan dari ortodontis untuk tujuan kosmetik. Perawatan ini biasanya bermanfaat bagi mereka yang memiliki gigi goyang atau gigi bengkok. 

Itulah beberapa perawatan gigi untuk mempercantik penampilan. Gigi juga menjadi salah satu bagian tubuh penting yang perlu dirawat. Karena itu, selain menjaga kebersihannya, pastikan untuk senantiasa memeriksakan kesehatannya.

Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu dapat menghubungi dokter untuk memeriksakan kondisi gigi yang kamu alami. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Layanan Home Lab Halodoc
Referensi: 
Verywell Health. Diakses pada 2022. Different Types of Cosmetic Dental Procedures. 
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Cosmetic Dentistry. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan