Ini 7 Manfaat Cincau Hijau untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 Desember 2023

“Cincau hijau adalah jenis tumbuhan yang diolah menjadi agar-agar dengan rasa yang khas. Manfaat cincau hijau mulai dari mengatasi masalah pencernaan hingga mengobati demam dan sakit tenggorokan.”

Ini 7 Manfaat Cincau Hijau untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang DiketahuiIni 7 Manfaat Cincau Hijau untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

DAFTAR ISI

Berbagai Manfaat Cincau Hijau 

Cara Mengolah Cincau Hijau


Halodoc, Jakarta – Cincau hijau terbuat dari tumbuhan dan biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat minuman atau makanan tertentu. Jenis makanan ini biasa ditambahkan ke dalam es cincau hijau atau bubur cincau.

Cincau hijau memiliki warna yang lebih terang ketimbang cincau hitam. Selain memberikan rasa unik, cincau juga dianggap memiliki beberapa manfaat kesehatan, karena merupakan sumber serat dan antioksidan.

Nah, apa saja sih manfaat cincau hijau untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan? Berikut ulasannya!

Berbagai Manfaat Cincau Hijau

Manfaat cincau hijau berasal dari senyawa antioksidan di dalamnya yang mampu melawan radikal bebas. Makanan ini juga dilengkapi dengan serat, protein, mineral, dan karbohidrat.

Beberapa manfaat cincau hijau bagi kesehatan, antara lain:

1. Mengatasi masalah pencernaan

Penelitian berjudul Immunomodulatory Effect A Glycosidic Flavonol Isolated from Green Grass Jelly (Cyclea Barbata Miers) Leaves, yang terbit pada Procedia Chemistry menemukan khasiat flavonoid di dalam cincau hijau.

Menurut studi di atas, kandungan flavonoid di dalamnya dapat membantu meningkatkan kesehatan usus. Kandungan tersebut juga efektif membantu mencegah diare  dan sakit maag.

Lakukan juga beberapa tips dalam artikel ini untuk mengatasi gangguan pencernaan: Bagaimana Cara Mengobati Gangguan Pencernaan Secara Alami?

2. Menyeimbangkan gula darah

Penelitian berjudul Effects of grass jelly on glycemic control: hydrocolloids may inhibit gut carbohydrase, yang terbit dalam Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition menemukan, cincau dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

Namun, menurut studi di atas manfaat tersebut bisa diperoleh jika mengonsumsi bersamaan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Namun, manfaat yang sama tidak terlihat pada karbohidrat sederhana.

Meski efektif menyeimbangkan gula darah, penelitian tentang cincau masih sangat terbatas. 

3. Mencegah penyakit malaria

Malaria adalah penyakit menular yang disebabkan oleh parasit dari genus Plasmodium yang menular melalui gigitan nyamuk. Dengan mengonsumsi air rebusan akar cincau, senyawa alkaloid di dalamnya mampu mencegah gejala malaria.

Hal tersebut tertuang dalam studi berjudul Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine yang terbit pada Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine.

Studi menerangkan bahwa, alkaloid yang berasal dari tumbuhan merupakan kelompok penting yang menunjukkan beragam aktivitas biologis, khususnya aktivitas antimalaria. 

Mau tahu obat-obatan yang ampuh mengatasi malaria? Baca di artikel ini: “Ini Obat Malaria yang Ampuh dan Tersedia di Apotek”.

4. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis penurunan kepadatan tulang yang menyebabkan tulang menjadi keropos dan mudah retak atau patah. Ini terjadi ketika proses pembentukan tidak seimbang dengan proses penghancuran tulang. 

Nah, manfaat cincau hijau selanjutnya adalah mencegah osteoporosis. Hal ini terjadi berkat kandungan magnesium, fosfor, dan kalium di dalam daun cincau hijau yang membantu regenerasi tulang.

5. Melancarkan pencernaan

Cincau hijau mengandung dua elemen baik yang berguna untuk menunjang sistem kerja pencernaan, yaitu serat dan air. Keduanya secara efektif dapat mendukung fungsi kerja usus yang sehat.

Serat dan air dalam cincau hijau bekerja bersama untuk melembutkan tekstur feses serta meningkatkan pergerakan usus. Dengan kata lain, mengonsumsi cincau hijau dapat mempermudah proses buang air besar.

6. Menurunkan risiko diabetes

Karena kaya akan antioksidan, cincau terbukti melindungi sel beta yang bertugas memproduksi insulin di dalam pankreas. Hal inilah yang pada akhirnya membantu mengontrol dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Dalam beberapa kasus, obat-obatan dibutuhkan untuk mengatasi kadar gula darah yang tinggi. Maut tahu apa saja rekomendasi obatnya? Baca di artikel ini: “Ini 5 Rekomendasi Obat Diabetes untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi”.

7. Mengobati demam dan sakit tenggorokan

Manfaat cincau hijau lainnya berkaitan dengan demam dan sakit tenggorokan. Cincau memiliki sifat menyejukkan yang dapat memberikan rasa kenyamanan pada tenggorokan yang meradang. Kandungan  serat, mineral, dan antioksidan di dalamnya mampu memperkuat kekebalan tubuh dan mendukung pemulihan penyakit, termasuk demam.

Jika demam tak kunjung membaik, lakukan koping dalam artikel ini untuk membantu meredakannya: Mudah dan Cepat, Ini Cara Menurunkan Demam Secara Alami.

Cara Mengolah Cincau Hijau

Cara mengolah cincau hijau menjadi minuman yang sehat dan menyegarkan tidak sulit kok.  Beberapa bahan yang perlu kamu siapkan, antara lain:

  • 15-20 lembar daun cincau hijau
  • 1-2 liter air matang.
  • 1 butir kelapa.
  • 6-8 butir kurma.
  • 4 lembar daun pandan.
  • ½ sdt garam himalayan.

Selanjutnya, campur daun cincau dan air, kemudian remas-remas hingga airnya mengental. Saring dengan kain, lalu tempatkan dalam wadah. Simpan bahan ini di kulkas hingga berbentuk seperti agar-agar.

Sembari menunggu teksturnya berubah, kamu bisa merebus daun pandan dan air hingga mendidih, lalu diamkan hingga hangat. Lalu, blender kurma, kelapa, air pandan, dan garam himalayan sampai halus. 

Setelah semua beres, ambil cincau hijau dan masukkan ke dalam gelas. Terakhir, tuang susu kurma yang sudah kamu saring ke dalam gelas. Kamu bisa menambahkan es batu agar rasanya lebih segar.

Itulah penjelasan terkait dengan manfaat cincau hijau untuk kesehatan. Kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter spesialis gizi klinik terkait dengan takaran yang sesuai.

Jika membutuhkan informasi lain seputar kesehatan dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Live Strong. Diakses pada 2023. Fact About Grass Jelly.
Procedia Chemistry. Diakses pada 2023. Effect A Glycosidic Flavonol Isolated from Green Grass Jelly (Cyclea Barbata Miers) Leaves.
Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition. Diakses pada 2023. Effects of grass jelly on glycemic control: hydrocolloids may inhibit gut carbohydrase.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan