Ini 7 Manfaat Jamur Shimeji untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Mengolahnya

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 November 2023

“Jamur shimeji memiliki beberapa manfaat yang dapat membantu menunjang kesehatan tubuh. Khasiatnya mulai dari mencegah infeksi parasit, mengobati hipertensi, hingga kaya akan antioksidan.”

Ini 7 Manfaat Jamur Shimeji untuk Kesehatan Tubuh dan Cara MengolahnyaIni 7 Manfaat Jamur Shimeji untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Mengolahnya

DAFTAR ISI

1. Manfaat Jamur Shimeji untuk Kesehatan

2. Cara Mengolah Jamur Shimeji


Halodoc, Jakarta – Jamur Shimeji adalah jenis jamur yang berasal dari Jepang yang memiliki bentuk unik, dengan tangkai panjang dan kepala kecil yang berdempetan. Jamur Shimeji memiliki rasa yang lezat dan tekstur renyah setelah dimasak. 

Jenis jamur ini sering digunakan dalam berbagai hidangan, seperti sup, tumisan, atau sebagai pelengkap dalam ramen.Bukan hanya sebagai pelengkap dalam makanan, berbagai nutrisi baik di dalamnya juga mampu mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Mau tahu apa saja manfaat jamur Shimeji untuk kesehatan tubuh? Berikut ulasannya! 

Manfaat Jamur Shimeji untuk Kesehatan

Jamur Shimeji termasuk ke dalam golongan makanan sehat yang memiliki ragam manfaat baik bagi tubuh, antara lain:

1. Rendah kolesterol

Menurut studi berjudulThe pronephroi as the site of presumptive interrenal cells in the hagfish Myxine glutinosa L, yang terbit pada Comparative Biochemistry and Physiology Part A, jamur Shimeji mengandung serat makanan yang meningkatkan ekskresi asam empedu melalui tinja dan menurunkan respons insulin. 

Studi juga menjelaskan, bubuk jamur tidak hanya mengurangi konsentrasi kolesterol total serum, tetapi juga mencegah pembentukan plak di dalam pembuluh darah dibandingkan jenis jamur lain, seperti jamur Eringi dan Maitake.

Terdapat manfaat yang sama terkait dengan efek penurunan kolesterol dalam jenis jamur lain, yaitu jamur tiram. Ketahui penjelasannya di sini: Ini 7 Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

2. Mencegah infeksi parasit

Studi ilmiah berjudul Proteolytic and nematicidal potential of the compost colonized by Hypsizygus marmoreus yang terbit pada Experimental Parasitology menemukan, di dalam jamur Shimeji terdapat enzim protease.

Menurut studi di atas, enzim protease di dalam jamur memiliki efek seperti nematisida (salah satu jenis pestisida) pada Panagrellus redivivus dan larva infektif sapi yang menyerang tanaman, hewan, dan manusia serta melindungi mereka dari penyakit parasit.

Mau tahu manfaat jamur kuping untuk kesehatan tubuh? Baca selengkapnya di artikel ini: “Ini 7 Manfaat Jamur Kuping untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui“.

3. Bersifat antijamur

Sifat antijamur ini berasal dari hyspin atau protein inaktivasi ribosom yang efektif membasmi berbagai jamur patogen. Contohnya seperti Physalospora piricola, Fusarium oxysporum, Mycospharella arachidicola, dan Botrytis cinerea.

4. Membantu mengatasi hipertensi

Jamur Shimeji mengandung penghambat enzim pengubah angiotensin I (ACE), yaitu oligopeptida. Nutrisi tersebut dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke pada pengidap hipertensi.

5. Bersifat antiinflamasi

Jamur Shimeji kaya akan polisakarida, senyawa fenolik, dan flavonoid. Beberapa kandungan tersebut bekerja dengan menghambat sitokin inflamasi dan stres oksidatif serta melindungi dari kegagalan paru-paru. 

6. Bersifat antibakteri

Jamur Shimeji merupakan sumber fenolik dan flavonoid yang bermanfaat untuk melindungi diri terhadap berbagai bakteri. Misalnya seperti Serratia marcescens, Escherichia coli dan Staphylococcus aureus

7. Mencegah radikal bebas

Jamur Shimeji memiliki beragam antioksidan berupa fenol, steroid, flavonoid, dan asam askorbat. Kandungan tersebut mencegah penyakit akibat stres oksidatif dengan menghilangkan radikal bebas.

Manfaat yang sama juga bisa kamu dapatkan dari beberapa jenis jamur lainnya. Ketahui ragam jenisnya di sini: Kenali 11 Jenis Jamur dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh.

Cara Mengolah Jamur Shimeji

Untuk mengolah jamur ini tidak sulit kok, berikut langkah yang bisa kamu lakukan:

  • Potong jamur dan cuci dengan air mengalir sampai bersih. Jangan menggosoknya terlalu keras karena dapat mengubah bentuk jamur. Biarkan kering dengan sendirinya.
  • Masak dengan memanggangnya perlahan dalam oven dengan suhu rendah atau merebusnya dalam air. Pilihan lainnya, yaitu menumis dengan mentega tawar, minyak zaitun, atau minyak wijen.
  • Kamu juga bisa menambahkannya ke dalam masakan Jepang, seperti sup miso, rice bowl, dan ramen untuk meningkatkan cita rasa.
  • Jika memiliki sisa jamur yang matang, masukkan jamur ke dalam kantong plastik tertutup atau wadah kedap udara di kulkas.

Kamu juga bisa mengolahnya menjadi jamur krispi. Ketahui beberapa resepnya dalam artikel ini: Ini 3 Resep Jamur Crispy yang Gurih, Lezat, dan Praktis.

Itulah manfaat jamur Shimeji bagi kesehatan tubuh. Ketahui takaran saji yang tepat dalam mengonsumsinya, kamu bisa konsultasikan dengan spesialis gizi di Halodoc terlebih dahulu dengan biaya terjangkau.

Referensi:
FoodThesis. Diakses pada 2023. Shimeji mushroom health benefits and side effects.
Healthy Huemans. Diakses pada 2023. 13 Bunashimeji Mushroom Health Benefits.
Master Class. Diakses pada 2023. Shimeji Mushrooms: How to Cook With Shimeji Mushrooms.
Comparative Biochemistry and Physiology Part A. Diakses pada 2023. The pronephroi as the site of presumptive interrenal cells in the hagfish Myxine glutinosa L.
Experimental Parasitology. Diakses pada 2023. Proteolytic and nematicidal potential of the compost colonized by Hypsizygus marmoreus.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan