• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 8 Tanda Anak yang Bahagia yang Wajib Diketahui

Ini 8 Tanda Anak yang Bahagia yang Wajib Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini 8 Tanda Anak yang Bahagia yang Wajib Diketahui

Halodoc, Jakarta - Menjadi orangtua bukan hal yang mudah. Membutuhkan banyak kerja keras, kekuatan mental, dan kesabaran saat membesarkan anak. Setiap orangtua seharusnya memastikan bahwa mereka mendidik anak-anaknya dengan benar. Sayangnya, selama ini belum ada indikator seperti apa yang bisa dijadikan patokan. Sebab, setiap orangtua punya cara masing-masing dalam mendidik anak.

Namun, anak yang bahagia adalah salah satu tanda bahwa orangtua sudah berhasil mendidik dan mengasuhnya dengan baik. Melansir dari India Parenting, berikut ini tanda anak bahagia yang wajib orangtua ketahui:

Baca juga: Inilah 6 Jenis Pola Asuh Anak yang Bisa Diterapkan Orangtua

1. Jarang Tantrum

Setiap anak pasti pernah mengalami yang namanya tantrum. Saat tantrum, anak seringkali mengamuk di rumah maupun di depan umum. Hal ini terjadi ketika Si Kecil menginginkan sesuatu tetapi tidak berjalan sesuai keinginan mereka. Selain sulit ditangani, tantrum anak sering terlihat memalukan ketika terjadi di depan umum. Apabila Si Kecil tidak sering mengamuk dan memiliki alasan yang baik, artinya ibu sudah berada di jalur yang benar dalam mengasuh anak.

2. Puas Dengan Apa yang Dimilikinya

Anak-anak terlampau manja tidak pernah puas dengan apa yang mereka miliki. Mereka sering menginginkan sesuatu yang dimiliki orang lain dan membuat ulah untuk mendapatkannya. Namun, anak yang bahagia senang dengan apa yang mereka miliki. 

3. Suka Membantu

Anak yang suka membantu tugas-tugas kecil seperti mengatur mainan dan barang-barangnya tanpa rasa beban adalah ciri anak yang bahagia. Jika Si Kecil bersedia membantu dengan cara seperti itu, tandanya ibu membesarkannya dengan benar.

4. Mampu Menghormati

Anak yang bahagia tahu biasanya tahu cara menghormati teman-temannya dan orang dewasa. Ia memperlakukan mereka dengan hormat, mendengarkan mereka, serta tidak mengharapkan teman dan orang dewasa untuk mendengarkannya pada saat yang sama.

Baca juga: Begini Cara Menghalau Efek Negatif Internet pada Anak

5. Tidak Mencoba Mencari Perhatian

Kebanyakan anak suka perhatian. Mereka ingin dunia terpusat pada mereka. Namun, sebagai orangtua, ibu mungkin harus memenuhi kebutuhan yang lain juga. Anak yang bahagia mengerti dan tidak akan berusaha mencari perhatian yang tidak semestinya dilakukan anak-anak, sehingga membuat ibu malu di depan umum. Ia akan membuat dirinya sendiri sibuk sementara itu.

6. Mau Berbagi

Berbagi dapat menjadi hal yang sulit bagi anak-anak. Tetapi seorang anak yang bahagia bersedia untuk berbagi mainannya, makanan ringan, dan semacamnya dengan orang lain atau saudara kandung dan teman-temannya. Dengan bimbingan dan pengasuhan yang tepat, konsep ini mampu dikuasai oleh anak-anak.

7. Mau Mendengarkan

Jika ibu mendidik Si Kecil dengan benar, ia akan selalu mendengarkan apa yang ibu katakan atau minta dia lakukan. Tidak seperti anak-anak manja, ibu tidak perlu memohon anak untuk melakukan sesuatu atau menyelesaikan tugas tertentu.

8. Tidak Mengabaikan atau Sombong

Anak yang bahagia tidak mengabaikan ibu dan selalu memperhatikan apa yang ibu katakan. Ketika ibu mengasuhnya dengan benar, ia tidak menjadi sombong dan tidak menganggap dirinya benar sepanjang waktu. Ia akan terbuka untuk saran dan penuh perhatian setiap kali diajarkan sesuatu.

Baca juga: 6 Hal yang Harus Dihindari agar Anak Tidak Mudah Tersinggung

Itulah ciri-ciri anak yang bahagia. Jika ibu punya kendala dalam mengasuh anak, hubungi dokter atau psikolog yang ada di Halodoc. Lewat aplikasi, ibu dapat menghubungi mereka kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Referensi:
India Parenting. Diakses pada 2020. 10 Signs That You Are Raising a Happy Child.
Parenti. Diakses pada 2020. 7 Signs You're Parenting Right According to a Clinical Psychologist.