Ini Berbagai Penyebab Kanker Anus yang Perlu Diwaspadai

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   31 Oktober 2023

“Kanker anus dapat disebabkan oleh beberapa hal. Penyebab kanker anus yang perlu diwaspadai meliputi kekebalan tubuh yang rendah, terinfeksi HPV, dan juga merokok.”

Ini Berbagai Penyebab Kanker Anus yang Perlu DiwaspadaiIni Berbagai Penyebab Kanker Anus yang Perlu Diwaspadai

Halodoc, Jakarta – Kanker anus merupakan jenis kanker langka yang terjadi di saluran anus. Saluran anus adalah saluran pendek di ujung rektum di mana tinja keluar dari tubuh.

Tanda dan gejala yang terjadi berupa pendarahan pada dubur dan nyeri dubur. Meskipun penelitian menunjukan bahwa penyebab pasti dari kanker anus belum bisa dokter ketahui secara pasti, namun beberapa hal di bawah ini mungkin menjadi penyebab dari kanker anus. 

Penyebab Kanker Anus

Berikut adalah hal-hal yang mungkin menjadi penyebab kanker anus dan perlu kamu waspadai:

1. Infeksi HPV

Sebagian kasus kanker anus tampaknya berkaitan dengan infeksi HPV (human papillomavirus). Meski begitu, sebagian besar orang yang terinfeksi HPV tidak terkena kanker anus.

HPV menghasilkan protein E6 dan E7 yang dapat mematikan 2 protein penting penekan tumor pada sel normal. Dua protein itu meliputi p53 dan Rb.

Mereka biasanya bekerja untuk menjaga sel agar tidak tumbuh di luar kendali. Ketika protein ini tidak aktif atau matik, sel-sel mungkin akan berkembang menjadi kanker.

2. Sistem kekebalan tubuh yang rendah

Ketika tubuh kurang mampu melawan infeksi, virus seperti HPV bisa menjadi lebih aktif, yang mungkin memicu perkembangan kanker anus. 

HIV, virus penyebab AIDS, bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh. Begitu juga obat-obatan yang bisa kamu gunakan untuk mencegah penolakan pada pasien yang menjalani transplantasi organ. 

3. Merokok

Kebanyakan orang mengatahui bahwa merokok adalah penyebab utama dari kanker paru-paru. Ternyata, merokok juga bisa menjadi salah satu penyebab dari terjadinya kanker anus. 

Bahan kimia penyebab kanker pada asap tembakau bisa berpindah dari paru-paru ke seluruh tubuh, sehingga hal ini juga bisa menyebabkan jenis kanker lainnya.

Selain itu, merokok tampaknya membuat sistem kekebalan tubuh menjadi kurang efektif dalam melawan infeksi HPV. Banyak penelitian yang menemukan peningkatan angka kanker anus pada perokok.

4. Melakukan aktivitas seksual yang berisiko

Penyebab lain dari terjadinya kanker anus adalah melakukan aktivitas seksual yang berisiko salah satunya adalah melakukan seks anal.

Selain itu, melakukan seks dengan pasangan yang banyak dan berganti-ganti juga bisa menjadi penyebabnya. Hal ini mungkin dikarenakan dapat meningkatkan risiko terkena HPV.

5. Riwayat kanker serviks, vagina atau vulva

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa apabila kamu sebelumnya pernah mengidap kanker serviks, vulva, atau vagina, risiko untuk terkena kanker anus akan jadi lebih tinggi dibandingkan dengan yang belum pernah mengidap penyakit tersebut.

Dalam hal ini, risikonya juga lebih tinggi untuk dialami wanita dengan riwayat sel abnormal pada leher rahim, vulva, atau vagina.

Hal ini mungkin disebabkan oleh faktor risiko umum dari semua jenis kanker ini, seperti infeksi HPV. 

Selain itu, ketahui bagaimana cara antisipasi supaya terhindar dari kanker anus di sini: 3 Cara Antisipasi Terhindar dari Kanker Anus.

Itu tadi adalah beberapa penyebab terjadinya kanker anus yang perlu diwaspadai. Jika punya masalah atau gejala mirip kanker anus, segera cek kondisi kamu dengan menghubungi dokter melalui Halodoc.

Tunggu apa lagi? Ayo download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi
Cancer Research UK. Diakses Pada 2023. Risks and causes of anal cancer.
NHS inform. Diakses Pada 2023. Anal cancer.
American Cancer Society. Diakses Pada 2023. What Causes Anal Cancer.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan