Ini Dampak Negatif Penggunaan Narkoba bagi Generasi Muda

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   05 Desember 2023

“Tidak hanya membuat kecanduan, ada banyak bahaya penyalahgunaan narkoba bagi generasi muda. Mulai dari merusak kesehatan fisik dan mental, hingga relasi dengan orang lain dan pendidikan.”

Ini Dampak Negatif Penggunaan Narkoba bagi Generasi MudaIni Dampak Negatif Penggunaan Narkoba bagi Generasi Muda

Halodoc, Jakarta – Narkoba atau narkotika dan obat-obatan terlarang, merupakan masalah serius yang mengancam generasi muda di seluruh dunia.Penggunaan narkoba tidak hanya bisa berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental orang-orang muda, tapi juga menghancurkan masa depan mereka. 

Mau tahu apa saja dampak berbahaya dari penyalahgunaan narkoba bagi kesehatan fisik dan mental? Berikut ulasan selengkapnya!

Dampak Negatif Penggunaan Narkoba bagi Generasi Muda

Generasi muda seringkali merupakan kelompok yang rentan terhadap penggunaan narkoba. Faktor-faktor seperti tekanan teman sebaya, eksperimen, perasaan ingin tahu, dan kurangnya pengetahuan tentang bahaya narkoba bisa memengaruhi keputusan mereka untuk mencoba dan menggunakan narkoba.

Selain itu, tekanan akademik, masalah emosional, dan ketidakstabilan sosial juga bisa menjadi faktor yang memperburuk situasi. 

Namun, ada banyak bahaya penyalahgunaan narkoba bagi kesehatan kelompok usia produktif tersebut. Berikut dampak negatif penggunaan narkoba bagi orang-orang muda:

1. Gangguan kesehatan fisik

Ada banyak dampak buruk penggunaan narkoba bagi kesehatan fisik generasi muda. Banyak jenis obat terlarang tersebut yang memiliki efek merusak pada organ tubuh, seperti hati, paru-paru, dan otak. 

Misalnya, bahaya penyalahgunaan narkoba seperti kokain bisa meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan kejang. Sementara penyalahgunaan ekstasi bisa meningkatkan risiko gagal hati dan gagal jantung.

Selain itu, obat-obatan terlarang juga bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan risiko infeksi, dan menyebabkan gangguan nutrisi.

Bila anak-anak muda menggunakan narkoba jenis suntik dan berbagi jarum dengan yang lain, hal itu juga bisa meningkatkan risiko mereka terkena HIV/AIDS

Bukan hanya itu saja, overdosis narkoba juga bisa menyebabkan keracunan otak, kerusakan hati, hingga membahayakan nyawa penggunanya. 

2. Gangguan kesehatan mental karena penggunaan narkoba

Karena obat-obatan terlarang bisa mengganggu perkembangan otak orang-orang berusia muda, risiko mereka mengalami gangguan kesehatan mental pun meningkat. 

Studi menunjukkan bahwa penggunaan narkoba bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan kecemasan, depresi, dan gangguan bipolar. Obat-obatan tersebut juga bisa memicu psikosis, yaitu kondisi ketika seseorang mengalami gangguan persepsi, pemikiran yang tidak rasional, dan hilangnya kontak dengan realitas.

Selain itu, remaja dan anak muda yang menggunakan narkoba berisiko lebih besar mengalami masalah perilaku, perilaku kekerasan, pikiran untuk bunuh diri, percobaan bunuh diri, dan perilaku menyakiti diri sendiri.

Mau tahu lebih jauh tentang narkoba dan dampaknya? Baca di artikel ini: “Pengertian Narkoba dan 9 Dampaknya bagi Kesehatan”.

3. Masalah dalam pendidikan karena penggunaan narkoba

Penggunaan narkoba bisa berdampak buruk pada pendidikan generasi muda. Hal itu karena mengonsumsi obat-obatan terlarang secara berlebihan bisa mengganggu konsentrasi, memengaruhi kemampuan belajar, dan menyebabkan absensi yang tinggi di sekolah.

Hal ini dapat menyebabkan penurunan prestasi akademik, kesulitan dalam menyelesaikan tugas, dan bahkan putus sekolah.

4. Hubungan sosial terganggu

Bahaya penyalahgunaan narkoba juga bisa memengaruhi hubungan sosial generasi muda. Obat-obatan tersebut menyebabkan perubahan perilaku, ketidakstabilan emosional, dan ketidakmampuan untuk menjaga hubungan yang sehat dengan keluarga, teman, dan masyarakat sekitar.

Akibatnya, orang muda yang menggunakan narkoba bisa mendapatkan isolasi dari masyarakat sekitar, sering terlibat konflik dengan orang lain, dan kehilangan dukungan sosial.

5. Terlibat dalam perilaku berisiko

Bahaya penyalahgunaan obat terlarang juga bisa membuat orang-orang muda tidak bisa memiliki penilaian atau pemikiran yang baik dalam interaksi sosial dan pribadi. 

Itulah mengapa orang muda yang menggunakan narkoba sering terlibat dalam perilaku berisiko, seperti aktivitas seksual berisiko tinggi, seks tidak aman dan kehamilan yang tidak direncanakan.

6. Keterlibatan dalam kriminalitas

Berada dalam pengaruh obat-obatan terlarang juga bisa meningkatkan risiko orang-orang muda terlibat dalam kegiatan kriminal. Hal itu karena ketergantungan narkoba membutuhkan sumber daya finansial.

Beberapa orang yang terjerumus dalam penggunaan narkoba bisa terlibat dalam kegiatan ilegal, seperti pencurian, perdagangan narkoba, dan kekerasan. Dampak negatif ini tidak hanya berlaku bagi pengguna saja, tetapi juga bisa merusak keamanan dan ketertiban masyarakat.

Namun, kecanduan narkoba bisa diatasi dengan menjalani terapi. Coba cari tahu Ini 6 Jenis Terapi untuk Mengatasi Kecanduan Narkoba dari artikel tersebut.

Itulah berbagai dampak negatif narkoba bagi generasi muda. Karena itu, penting bagi orangtua untuk menjaga anak dari penyalahgunaan narkoba dengan memberitahu dampak buruk obat-obatan tersebut pada diri mereka, menjaga komunikasi terbuka dengan anak, dan mendorong anak memiliki gaya hidup sehat.

Bila anak sakit, tidak perlu khawatir. Ibu bisa menghubungi dokter spesialis anak di Halodoc untuk mendapatkan saran kesehatan yang tepat.

Referensi:
Office of Juvenile Justice and Delinquency Prevention. Diakses pada 2023. Consequences of youth substance abuse.
Mission Harbor Behavioral Health. Diakses pada 2023. The Negative Effects Of Adolescent And Teen Drug Use
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Teen drug abuse: Help your teen avoid drugs.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan