Ini Dokter Spesialis untuk Pengobatan Gagal Ginjal

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   25 Maret 2024

“Gagal ginjal perlu segera ditangani agar tidak berkembang menjadi kondisi yang lebih serius. Kamu bisa menghubungi dokter spesialis dalam di Halodoc untuk tahu pengobatan yang tepat.”

Ini Dokter Spesialis untuk Pengobatan Gagal GinjalIni Dokter Spesialis untuk Pengobatan Gagal Ginjal

DAFTAR ISI

  1. Rekomendasi Dokter Spesialis Penyakit Dalam di Halodoc

Halodoc, Jakarta – Gagal ginjal adalah kondisi yang terjadi saat salah satu atau kedua ginjal tidak bekerja dengan baik. Ginjal adalah sepasang organ di bagian bawah punggung yang memiliki beberapa fungsi penting dalam tubuh, salah satunya adalah menyaring racun dan limbah dari darah. 

Limbah tersebut kemudian dikeluarkan dari tubuh melalui urin. Jika ginjal kehilangan kemampuannya untuk menyaring limbah dari darah, maka akan terjadi gagal ginjal.

Rekomendasi Dokter Spesialis Penyakit Dalam di Halodoc

Pada tahap awal, gagal ginjal seringkali tidak menunjukkan gejala yang jelas dan hanya dapat terdeteksi melalui uji laboratorium. Namun, kondisi ini dapat berkembang dengan cepat dan menimbulkan serangkaian gejala.

Umumnya, gagal ginjal akan memicu kurangnya produksi urine, kebingungan, mual, sesak napas, edema, kelelahan, dehidrasi, nyeri dada, nyeri punggung, nyeri perut, hipertensi, sampai gangguan tidur.

Apabila tidak segera ditangani, kondisi ini bisa berkembang menjadi serius. Komplikasi yang bisa terjadi akibat gagal ginjal, antara lain anemia, retensi cairan, asidosis metabolik, hiperkalemia, kelemahan tulang, hingga penyakit jantung.

Jika kamu mengalami tanda-tanda gagal ginjal, sebaiknya segera hubungi dokter spesialis penyakit dalam di Halodoc untuk memastikannya. Mereka bisa membantu diagnosis dan memberikan saran pengobatan yang tepat.

Berikut beberapa dokter spesialis penyakit dalam yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 13 tahun yang bisa kamu hubungi.

Dokter-dokter ini telah mendapatkan penilaian terbaik dari pasien yang sebelumnya mereka tangani sehingga kamu tak perlu ragu untuk menghubunginya:

1. dr. Daniel Situmorang M.Ked(PD),Sp.PD,K-GH

Daniel Situmorang merupakan dokter spesialis penyakit dalam ginjal dan hipertensi. Ia mendapatkan gelar dokter umumnya di Universitas Kristen Indonesia pada 2011.

Setelah itu, ia melanjutkan studi untuk mendapatkan gelar spesialisnya di Universitas Sumatera Utara pada 2019.

Saat ini, dr. Daniel Situmorang M.Ked(PD),Sp.PD,K-GH berpraktik di Jakarta Timur, DKI Jakarta. Ia juga termasuk anggota aktif dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalaman selama 13 tahun sebagai dokter spesialis penyakit dalam ginjal dan hipertensi, dr. Daniel Situmorang M.Ked(PD),Sp.PD,K-GH bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar gagal ginjal.

Kamu bisa menghubunginya untuk tahu lebih dalam terkait gagal ginjal, seperti gejala, pengobatan dan gaya hidup yang cocok untuk pengidap kondisi ini.

Chat dr. Daniel Situmorang M.Ked(PD),Sp.PD,K-GH mulai dari Rp 200.000,- di Halodoc.

Perlu tahu, ini Kebiasaan yang Jadi Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda yang perlu kamu waspadai. 

2. dr. Adhi Permana Sp.PD, KGH

Pilihan dokter spesialis ginjal dan hipertensi lain yang dapat kamu hubungi yaitu dr. Adhi Permana Sp.PD, KGH. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi  pada 2003. 

Setelah mendapat gelar dokter umumnya,  dr. Adhi Permana Sp.PD, KGH melanjutkan studi ke Universitas Sriwijaya dan mendapatkan gelar spesialisnya pada tahun 2014. 

Dokter Adhi Permana Sp.PD, KGH saat ini berpraktik di Palembang, Sumatera Selatan. Ia juga tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI.

Berbekal pengalaman selama 21 tahun, kamu tak perlu ragu lagi untuk berkonsultasi dengan dr. Adhi Permana Sp.PD, KGH di Halodoc terkait gagal ginjal.

Ia bisa memberikan informasi lebih lengkap soal gagal ginjal, meresepkan obat dan memberikan saran gaya hidup agar kondisinya tidak semakin memburuk.

Chat dr. Adhi Permana Sp.PD, KGH mulai dari Rp 100.000,- di Halodoc.

Tergantung jenisnya, ini Pilihan Pengobatan untuk Mengatasi Gagal Ginjal yang perlu kamu tahu. 

Itulah berbagai daftar dokter spesialis penyakit dalam yang bisa kamu hubungi untuk mendapatkan informasi tentang penyakit gagal ginjal.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Yuk, pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2024 Kidney Failure: Causes, Types, and Symptoms.
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Acute Kidney Failure.
National Kidney Foundation. Diakses pada 2024. What is Kidney Failure.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan