• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Tummy Time pada Bayi untuk Perkembangan Fisik

5 Manfaat Tummy Time pada Bayi untuk Perkembangan Fisik

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Tummy time adalah cara yang bagus untuk mendorong bayi bergerak dan mulai membangun otot yang kuat. Terutama pada tubuh bagian atas, yang diperlukan untuk menunjang kemampuannya mengontrol kepala, berguling, dan merangkak .

Selain itu, jika meletakkan bayi di dada, ibu dapat menggunakan momen tummy time untuk mempererat bonding, dengan saling menatap wajah dan berpelukan dengan bayi. Bagi perkembangan fisik bayi, tummy time punya banyak manfaat tak terduga, lho. Simak pembahasannya, ya!

Baca juga: 4 Tahap Perkembangan Motorik Anak Usia 0-12 Bulan

Ini Manfaat Tummy Time bagi Perkembangan Fisik Bayi

Ada banyak manfaat, terutama bagi perkembangan fisik, yang didapatkan bayi ketika melakukan tummy time, yaitu:

1.Melatih Kekuatan Leher

Bayi berkembang dari ujung kepala hingga ujung kaki, sehingga mereka perlu melatih kekuatan leher sebelum memiliki kekuatan, stabilitas, dan ketangkasan pada lengan dan tangannya. Nah, tummy time membantu membangun kekuatan leher karena saat melakukannya bayi mengangkat kepala dan memutarnya ke segala sisi.

2.Meningkatkan Kekuatan Inti Tubuh

Bayi membutuhkan kekuatan inti tubuh untuk mempersiapkan diri untuk berguling, merangkak, duduk, dan berjalan. Tummy time bisa menjadi cara meningkatkan kekuatan inti tubuh bayi.

Sebab, setiap kali bayi mendorong tubuhnya ke atas atau menarik lututnya ke bawah saat tummy time, mereka sekaligus memperkuat otot bahu, pinggul, perut, dan punggungnya.

Baca juga: Tahapan Penting Tumbuh Kembang Bayi di Tahun Pertama

3.Mencegah Sindrom Kepala Datar

Tengkorak bayi cenderung masih sangat lunak, sehingga terlalu lama membiarkannya di suatu tempat yang menekan kepalanya, seperti jok mobil, ayunan, dan kursi, dapat meningkatkan risiko sindrom kepala datar. Sindrom kepala datar adalah kondisi ketika kepala bayi tampak datar pada satu sisi.

Kondisi ini sebenarnya tidak berbahaya, tetapi tentunya orangtua ingin buah hatinya tumbuh sempurna, bukan? Untuk menurunkan risiko sindrom ini, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah rutin melakukan tummy time. Sebab, saat tummy time, kepala bayi tidak mengalami tekanan apapun. 

4.Membantu Perkembangan Visual

Tummy time membantu perkembangan visual bayi. Saat berada di lantai dengan mainan yang sangat dekat dengan mereka, tepat di garis penglihatan mereka, bayi mendapatkan lebih banyak pengalaman dengan pemfokusan dan pelacakan.

5.Meningkatkan Kemampuan Sensorik

Bayi yang menghabiskan banyak waktu untuk tummy time biasanya memiliki proses sensorik yang lebih baik. Mereka banyak menyentuh benda-benda, seperti karpet, lantai, atau selimut. Hal ini membantu mereka belajar mengenal tekstur dan melatih kemampuan sensoriknya.

Baca juga: Ini Perkembangan Bayi 7 Bulan yang Wajib Diketahui

Itulah manfaat tummy time yang penting bagi perkembangan fisik bayi. Cobalah untuk mengajak Si Kecil melakukan tummy time setiap hari. Mulailah dengan hanya beberapa menit, dua atau tiga kali sehari, dan secara bertahap tingkatkan jumlah waktunya. Namun, jika bayi tidak terlalu menyukai atau tampak lelah, jangan memaksanya. 

Jadikan tummy time sebagai momen yang menyenangkan dengan Si Kecil. Selama melakukannya, ibu juga bisa memberi stimulasi seperti mengajaknya bernyanyi, memberi mainan untuk digenggam, atau kegiatan menyenangkan lainnya. 

Kalau ada masalah kesehatan yang dialami bayi, jangan panik. Ibu bisa download aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter anak di rumah sakit, agar tidak perlu lagi lama mengantri. 

Referensi:
Parents. Diakses pada 2021. The Benefits of Tummy Time.
Baby Centre UK. Diakses pada 2021. Tummy Time.
Baby Chicks. Diakses pada 2021. 7 Benefits of Tummy Time.