Ini Jumlah Kalori Roti Gandum dan Kandungan Nutrisinya

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   24 November 2021
Ini Jumlah Kalori Roti Gandum dan Kandungan NutrisinyaIni Jumlah Kalori Roti Gandum dan Kandungan Nutrisinya

Roti gandum mengandung kalori yang lebih rendah, tapi menawarkan nutrisi yang lebih tinggi. Karena alasan ini, banyak manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari konsumsi roti gandum. Intip fakta gizi roti gandum di bawah ini.”

Halodoc, Jakarta – Roti gandum dinilai lebih sehat daripada roti putih. Salah satu alasannya adalah karena makanan sehat satu ini mengandung serat yang lebih tinggi dan rendah karbohidrat. Jenis roti ini terbuat dari tepung biji gandum utuh sehingga punya tekstur yang lebih kasar.

Di beberapa negara, roti gandum ditaburi dengan jenis biji-bijian lain di atasnya, supaya lebih menarik dan menambah kandungan nutrisi. Berikut beberapa fakta gizi roti gandum yang perlu kamu ketahui.

Fakta Gizi Roti Gandum Utuh

Melansir dari Verywell Fit, satu potong roti gandum yakni sebesar 43 gram mengandung kalori dan nutrisi berikut ini:

  • Kalori: 80.
  • Lemak: 0 gram.
  • Natrium: 170 miligram.
  • Karbohidrat: 20 gram.
  • Serat: 3 gram.
  • Gula: 4 gram.
  • Protein: 5 gram.

Nah, berikut kandungan nutrisi yang terkandung dalam roti gandum utuh:

1.Karbohidrat

Roti gandum penuh dengan karbohidrat kompleks yang bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Sepotong roti gandum rata-rata mengandung sekitar 12-20 gram karbohidrat total. Beberapa roti gandum mungkin mengandung karbohidrat tambahan dari gula tambahan. Jadi pastikan kamu membaca informasi pada label yang tertera dalam bungkusnya, untuk mengetahui besaran gula tambahan yang terkandung dalam roti.

2. Lemak

Nah, roti gandum dinilai lebih sehat karena tidak mengandung lemak sama sekali, kecuali jika roti gandum dibuat dengan minyak tambahan. Namun, pastikan kamu memeriksa label dalam kemasan untuk melihat apakah ada kandungan minyak dalam roti.

3. Protein

Gandum utuh bukan hanya sumber karbohidrat kompleks yang baik tetapi juga sangat tinggi protein nabati. Sepotong roti gandum utuh dapat mengandung hingga 5 gram protein.

4. Vitamin dan Mineral

Ada banyak kandungan vitamin dan mineral dalam roti gandum. Sebagian besar roti gandum mengandung sejumlah kecil zat besi, kalium, dan vitamin B thiamin, riboflavin, niasin, dan folat.

Beragam Manfaat Kesehatan dari Mengonsumsi Roti Gandum

Kandungan nutrisinya yang beragam membuat roti gandum mampu memberikan berbagai manfaat kesehatan berikut ini:

1. Melancarkan pencernaan

Serat adalah nutrisi penting untuk kesehatan pencernaan. Mengonsumsi banyak serat dapat membuka jalan bagi bakteri sehat yang tinggal di usus untuk berkembang biak. Selain melancarkan pencernaan, bakteri baik juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Biji-bijian utuh sering dikaitkan dengan kesehatan jantung. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam British Medical Journal mengungkapkan, mengonsumsi biji-bijian mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan penyakit jantung koroner secara signifikan.

3. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Sebuah tinjauan 2018 dalam jurnal Nutrients menyimpulkan sebagian besar penelitian menunjukan, bahwa rutin mengonsumsi makanan gandum utuh mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2.

4. Menjaga berat badan

Roti gandum utuh memberikan efek yang saling berkebalikan dari roti putih biasa. Sebuah tinjauan yang mengumpulkan data dari 38 studi epidemiologi mengungkapkan, konsumsi roti gandum tidak menyebabkan penambahan berat badan dan justru dapat menjaga berat badan tetap ideal.

Nah, agar tubuh senantiasa tetap sehat, selain konsumsi makanan sehat kamu juga perlu minum vitamin supaya daya tahan tubuh lebih terjaga. Segera cek kebutuhan vitamin Halodoc sebelum sakit. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Verywell Fit. Diakses pada 2021. Whole Wheat Bread Nutrition Facts and Health Benefits.
Healthline. Diakses pada 2021. Is Bread Bad for You? Nutrition Facts and More.
Healthline. Diakses pada 2021. 13 Low-Calorie Foods That Are Surprisingly Filling.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan