Ini Kandungan Gizi Bubuk Matcha dan Manfaat untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   17 Januari 2023

“Bubuk matcha memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat matcha yaitu meningkatkan kinerja otak, menjaga kesehatan jantung, hingga menyehatkan kulit.”

Ini Kandungan Gizi Bubuk Matcha dan Manfaat untuk KesehatanIni Kandungan Gizi Bubuk Matcha dan Manfaat untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Mungkin kamu pernah atau sering menemukan menu minuman yang terbuat dari matcha. Sebenarnya terbuat dari apa itu matcha? Matcha merupakan bubuk yang terbuat dari daun teh hijau yang ditumbuk kalus dari tanaman camellia sinensis

Matcha sebenarnya ditanam berbeda dari teh hijau. Saat menanam matcha, tanaman teh ditanam di tempat teduh selama sekitar tiga hingga empat minggu sebelum panen. Proses inilah yang menyebabkan tanaman herbal ini menghasilkan lebih banyak kafein dan theanine, sehingga menghasilkan komposisi nutrisi matcha yang unik. 

Kandungan Nutrisi dan Gizi Matcha

Matcha biasanya memiliki rasa yang lebih kuat dari teh hijau biasa. Teh matcha semakin populer saat munculnya menu minuman yang mengandung matcha, seperti teh matcha dan matcha latte. Bahkan bubuk matcha juga dikreasikan pada makanan penutup, seperti es krim matcha atau matcha cake.

Sebenarnya matcha tidak mengandung banyak vitamin dan mineral. Namun, kandungan antioksidan dan kafein di dalamnya dapat meningkatkan kinerja kognitif, membantu menurunkan penurunan berat badan, dan mengurangi risiko penyakit jantung dan hati. 

Matcha bubuk juga mengandung senyawa tanaman, seperti:

  • Katekin (epigallocatechin gallate)
  • Theanine
  • Polifenol

Sementara itu, nutrisi yang terkandung dalam setengah sendok teh (1 gram) matcha mengandung:

  • Kalori: 3
  • Protein: 1 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 0 gram
  • Serat: 1 gram
  • Gula: 0 gram.

Manfaat Bubuk Matcha untuk Kesehatan

Matcha mengandung banyak kafein dan asam amino. Sama seperti teh hijau, matcha juga memiliki konsentrasi antioksidan yang tinggi, termasuk katekin, yang dapat membantu mencegah kerusakan sel dan menurunkan risiko penyakit kronis. 

Melansir WebMD, beberapa penelitian menunjukkan bahwa katekin dan kafein dalam matcha kemungkinan bermanfaat dalam penurunan dan pengelolaan berat badan. Selain itu, matcha juga bermanfaat untuk kesehatan lainnya, seperti:

  1. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan katekin dalam matcha dan teh hijau dapat menurunkan stres oksidatif, yaitu ketidakseimbangan antara radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh, serta mencegah peradangan. Matcha juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kardiovaskular, seperti menurunkan risiko aterosklerosis, hipertensi, dan gagal jantung kongestif. Selain itu, matcha juga dapat membantu menurunkan trigliserida dan kadar LDL dan kolesterol total.

  1. Meningkatkan kinerja kognitif

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa matcha berpotensi meningkatkan kinerja kognitif dan fungsi otak. Melansir jurnal yang terbit di Science Direct, meneliti 23 peserta yang diminta melakukan serangkaian tugas yang dirancang untuk mengukur kinerja otak. Peserta tersebut dibagi menjadi dua kelompok, yang mengonsumsi teh matcha dan kelompok yang mengonsumsi teh plasebo. 

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kelompok yang meminum teh matcha memiliki tingkat perhatian, reaksi, dan memori yang lebih besar dibandingkan dengan kelompok yang minum teh plasebo. 

  1. Menjaga kesehatan hati

Baik matcha ataupun teh hijau menunjukkan manfaat potensial dalam mengurangi risiko penyakit hati dan mencegah kerusakan hati. Melansir jurnal di The American Journal of Clinical Nutrition, ditemukan sebuah meta-analisis bahwa orang yang minum teh hijau berisiko lebih rendah terkena kanker hati. Studi tersebut juga menemukan bahwa semakin lama orang minum teh matcha, semakin rendah pula risikonya. Namun, untuk merasakan manfaat ini, pastikan untuk memiliki teh hijau dan matcha murni. 

  1. Menyehatkan kulit

Kamu tentu pernah mendengar atau melihat tentang masker wajah yang terbuat dari teh hijau dan matcha. Ternyata, minum matcha juga memiliki dampak positif untuk kesehatan kulit. 

Matcha memiliki efek anti-inflamasi pada kulit yang teriritasi, sementara itu penelitian menunjukkan bahwa tanin dalam matcha dapat membantu mengurangi produksi sebum pada kulit berminyak. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa matcha efektif dalam mengatasi jerawat. 

Itulah yang perlu diketahui tentang kandungan gizi bubuk matcha dan manfaatnya untuk kesehatan. Namun jika kamu memiliki kondisi kesehatan yang lebih serius, sebaiknya segera kunjungi dokter di rumah sakit. Kamu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Very Well Fit. Diakses pada 2023. Matcha Nutrition Facts and Health Benefits
WebMD. Diakses pada 2023. Health Benefits of Matcha
Healthline. Diakses pada 2023. 7 Proven Ways Matcha Tea Improves Your Health

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan