Ini Kandungan Protein Ayam yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   22 Desember 2022

“Jumlah kandungan protein ayam tergolong tinggi jika dilihat secara keseluruhan. Namun penyumbang protein yang paling banyak ada pada potongan dada ayam, yaitu sebanyak 54 gram protein.”

Ini Kandungan Protein Ayam yang Perlu DiketahuiIni Kandungan Protein Ayam yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Salah satu daging yang paling banyak dikonsumsi dan populer adalah daging ayam. Sebab, daging ayam merupakan sumber protein tinggi untuk membentuk dan mempertahankan otot, serta menghilangkan lemak pada tubuh.

Daging ayam tersedia dalam berbagai potongan, termasuk dada, paha atas, sayap, dan paha bawah. Nah, setiap potongan tersebut mengandung lemak dan kalori yang berbeda. Selain itu, daging ayam juga mengandung protein yang baik untuk mereka yang tengah menjalani diet.

Kandungan Protein Ayam dalam Setiap Potongannya

Berikut ini kandungan protein ayam pada setiap jenis potongannya:

1. Dada ayam: 54 gram protein

Potongan daging ayam yang paling populer adalah dada ayam. Bagian yang banyak dagingnya ini juga sering direkomendasikan untuk orang yang sedang menjalani program diet, karena kandungan proteinnya tinggi.

Dada ayam matang tanpa kulit dengan berat 172 gram mengandung sekitar 54 gram protein, atau sebanding dengan 31 gram protein per 100 gram. Dada ayam juga memiliki 284 kalori atau 165 kalori per 100 gram. Bisa dibilang 80 persen dari dada ayam mengandung protein, sedangkan 20 persen sisanya adalah lemak.

2. Paha atas: 13,5 gram protein

Satu potong paha ayam matang tanpa kulit dan tanpa tulang dengan berat 52 gram mengandung 13,5 gram protein. Perbandingan lainnya yaitu 26 gram protein per 100 gram.

Selain itu, paha ayam memiliki 109 kalori per potongan paha atau 209 kalori per 100 gram. Sekitar 53 persen kalori berasal dari protein, sedangkan 47 persen dari lemak.

3. Paha bawah (drumstick): 12,4 gram protein

Satu potong paha bawah atau drumstick tanpa kulit dengan berat 44 gram mengandung sekitar 12,4 gram protein atau setara dengan 28,3 gram protein per 100 gram. Paha ayam juga mengandung kalori, yaitu 76 kalori per paha, atau 172 kalori per 100 gram. 

Sebagian besar kalori berasal dari protein yaitu sebanyak 70 persen, sedangkan 30 persen dari lemak. Namun kebanyakan orang mengonsumsi paha bahwa beserta kulitnya. Alhasi; kalorinya juga lebih banyak yaitu 112 kalori. 

4. Sayap ayam: 6,4 gram protein

Sayap ayam biasanya dibagi menjadi tiga bagian, yaitu drumette, wingette, dan ujung sayap. Bagian-bagian tersebut biasanya dihidangkan sebagai makanan ringan atau camilan. 

Satu potong sayap ayam tanpa kulit atau tulang dengan berat 21 gram mengandung sekitar 6,4 gram protein. Jumlah tersebut sama dengan 30,5 gram protein per 100 gram.

Sementara itu jumlah kalori per sayap sebanyak 42, atau 203 kalori per 100 gram. Sehingga 64 persen kalori dari sayap ayam berasal dari protein, sedangkan 36 persen berasal dari lemak. 

Sama seperti paha bawah, kebanyak orang makan sayap ayam beserta kulitnya. Jika dengan kulit, kandungan kalorinya sebanyak 99 kalori. 

Dilihat secara keseluruhan, kandungan protein ayam memang banyak. Namun jika dilihat dari potongannya, dada ayam menyumbang protein yang paling banyak. Jika kamu sedang menjalankan diet untuk penurunan berat badan, mempertahankan massa otot, dan meningkatkan pemulihan, sebaiknya pilihlah dada ayam untuk dikonsumsi. 

Itulah yang perlu diketahui tentang kandungan protein ayam. Jika kamu memiliki kondisi medis yang serius terkait gizi dan nutrisi, sebaiknya segera kunjungi dokter. Kamu bisa membuat janji medis di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. How Much Protein in Chicken? Breast, Thigh and More
Very Well Fit. Diakses pada 2022. Protein in Chicken Breast, Steak, Beans, Fish, and More Protein-Rich Foods
WebMD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Chicken

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan