Ini Kondisi Pengidap Diabetes yang Butuh Suntik Insulin

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 Desember 2021
Ini Kondisi Pengidap Diabetes yang Butuh Suntik InsulinIni Kondisi Pengidap Diabetes yang Butuh Suntik Insulin

“Kinerja hormon insulin sangat erat kaitannya dengan masalah diabetes. Tak heran mengapa pengidap diabetes membutuhkan suntik insulin untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Namun, penggunaan suntik insulin tidak boleh asal. Dosisnya harus sesuai dengan anjuran dari dokter sehingga obat pun bisa bekerja lebih maksimal.”

Halodoc, Jakarta – Suntik hormon insulin biasanya dipakai untuk membantu mengendalikan kadar gula darah pada penyakit diabetes. Cara kerja dari insulin buatan ini mirip dengan hormon insulin yang dibuat secara alami di dalam tubuh, yaitu membantu mengontrol kadar gula di dalam darah dengan mengubahnya menjadi energi. Tak hanya itu, insulin juga membantu mencegah organ hati membentuk gula berlebih. 

Jenis Suntik Insulin

Menggunakan suntik insulin tentu harus berdasarkan petunjuk dan arahan dari dokter. Biasanya, dokter terlebih dahulu akan melakukan beberapa pemeriksaan terhadap pengidap sebelum memberikan jenis maupun dosis suntik insulin, termasuk pemeriksaan fisik dan pendukung seperti pemeriksaan gula darah dan HbA1c.

Jika dilihat dari cara kerja maupun durasi munculnya efek, suntik insulin dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu: 

  • Insulin yang bekerja cepat atau rapid acting insulin.
  • Insulin yang bekerja lebih pendek atau short acting insulin.
  • Insulin yang bekerja lebih panjang atau long acting insulin.
  • Insulin yang bekerja menengah atau intermediate acting insulin.
  • Insulin campuran.

Pemberian suntikan hormon insulin bisa dilakukan sebelum makan atau malam hari sebelum tidur untuk menjaga kestabilan kadar gula dalam darah. Meski begitu, setiap jenis obat ini tentu punya cara kerja yang tidak sama. Inilah mengapa, penggunaannya juga harus sesuai dengan kondisi kesehatan masing-masing pengidap. 

Kamu bisa langsung melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit untuk mendapatkan suntik insulin dari dokter. Buat janji di rumah sakit sekarang lebih mudah menggunakan aplikasi Halodoc. Segera download aplikasi Halodoc di ponsel kamu untuk mendapatkan kemudahan akses layanan kesehatan!

Sudah pasti, kamu dilarang untuk mengganti jenis insulin, mengubah dosisnya, bahkan menghentikan pemakaiannya tanpa bertanya atau berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter. Pasalnya, hal ini bisa memberikan dampak yang signifikan terhadap kesuksesan terapi diabetes yang kamu jalani. 

Kondisi Pengidap Diabetes yang Membutuhkan Suntik Hormon Insulin

Suntikan hormon insulin diberikan untuk pengidap diabetes tipe 1 dan 2 sebagai pengganti fungsi dari hormon insulin, hormon yang seharusnya dibuat oleh organ pankreas. Penyakit diabetes tipe 1 membuat tubuh pengidap tidak mampu menghasilkan hormon insulin dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan, bahkan tidak bisa dibuat sama sekali. 

Kondisi tersebut membuat suntik hormon insulin menjadi pilihan pengobatan paling utama untuk orang-orang dengan kondisi diabetes tipe 1. Sementara itu, untuk penyakit diabetes tipe 2, tubuh masih mampu membuat hormon insulin secara alami. Namun, jumlah tidak mampu mencukupi atau sel yang berada di dalam tubuh tidak sensitif terhadap dampak dari hormon ini. 

Berkaitan dengan kondisi tersebut, dokter umumnya akan merekomendasikan terapi pengobatan lainnya, seperti disiplin menjalani gaya hidup sehat dan meresepkan obat diabetes dalam bentuk oral atau minum. Meski begitu, apabila diabetes yang terjadi semakin memburuk dan pengobatan lainnya tidak efektif, dokter akan merekomendasikan pemakaian suntikan hormon insulin pada pengidap. 

Diabetes menjadi salah satu masalah kesehatan yang bisa terjadi pada siapa saja, terlebih pada orang dengan pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Yuk disiplin menjalani pola hidup sehat mulai sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi: 

WebMD. Diakses pada 2021. Life With Insulin Injections.
WebMD. Diakses pada 2021. Giving Yourself an Insulin Shot for Diabetes.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Diabetes Treatment: Using Insulin to Manage Blood Sugar.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan