Ini Langkah Pengobatan Hipoglikemia yang Bisa Dilakukan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   02 November 2023

“Ada beberapa langkah pengobatan hipoglikemia. Di antaranya pengobatan rumahan, obat tanpa resep, dan obat resep.”

Ini Langkah Pengobatan Hipoglikemia yang Bisa DilakukanIni Langkah Pengobatan Hipoglikemia yang Bisa Dilakukan

DAFTAR ISI

  1. Pengobatan Hipoglikemia

Halodoc, Jakarta – Hipoglikemia terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup glukosa atau gula dalam darah.  Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal (NIDDK) di Amerika Serikat, mencatat bahwa gejalanya bisa muncul ketika kadar gula darah di bawah 7 miligram per desiliter (mg/dL).

Lantas, bagaimana langkah pengobatan hipoglikemia?

Pengobatan Hipoglikemia

Pengobatan hipoglikemia (gula darah rendah) tergantung pada tingkat pekarahan gejala dan sejauh mana penurunan kadar gula darah. 

Dalam kasus ringan, hipoglikemia dapat kamu obati dengan makanan atau minuman tinggi gula atau dengan tablet atau gel glukosa tanpa resep. 

Untuk hipoglikemia berat akibat diabetes, obat resep yang mengandung hormon glukagon dapat pengidap gunakan melalui suntikan atau inhalasi hidung. 

1. Pengobatan rumahan

Hipoglikemia ringan seringkali dapat kamu obati dengan karbohidrat yang cepat terserap di usus dan lepas ke aliran darah dalam waktu lima hingga 15 menit. 

Itu adalah karbohidrat sederhana yang tidak perlu banyak tubuh pecah selama pencernaan. 

Glukosa murni merupakan pengobatan pilihan untuk hipoglikemia, tapi segala bentuk karbohidrat yang mengandung glukosa akan meningkatkan glukosa darah. 

Namun perlu kamu ingat, tidak boleh mengobati hipoglikemia secara berlebihan dengan mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat, karena dapat memicu hiperglikemia (gula darah tinggi). 

Strategi yang baik adalah mengikuti aturan “15-14”, yaitu makan 15 gram karbohidrat, tunggul 15 menit, periksa gula darah. Lalu ulangi proses ini sampai gula darah kembali ke minimal 70 mg/dL.

2. Terapi tanpa obat

Jika kamu mengalami hipoglikemia dan tidak memiliki makanan, atau jika merasa sulit untuk menjaga makanan selama peristiwa tersebut, ada tablet atau gel glukosa tanpa resep yang bisa kamu dapatkan sebagai solusi praktis.

Produk-produk ini tidak hanya memiliki umur simpan yang lama, tapi juga dapat kamu simpan di meja kantor, dompet, atau saku. 

Selain itu, karena tidak harus tubuh pecah, obat ini memberikan hasil dengan cepat. Biasanya hanya perlu waktu beberapa menit hingga gejala hipoglikemia mulai mereda. 

Kebanyakan tablet glukosa tersedia dalam tablet 4 gram. Biasanya, tiga atau empat tablet untuk mengembalikan gula darah ke normal. Formulasi gel glukosa memiliki kemasan tabung 15 gram sekali pakai. 

3. Obat resep

Apabila gejala hipoglikemia cukup parah dan tablet glukosa atau karbohidrat tidak membantu, dokter mungkin merekomendasikan obat resep yang memacu tubuh memproduksi glukosa sendiri. Terutama jika diabetes tidak terkontrol dengan baik.

Pengobatan ini melibatkan suntikan atau inhalasi glukagon melalui hidung, hormon yang pankreas produksi untuk memicu pelepasan simpanan glukosa (glikogen) dari hati, sel lemak, dan otot.

  • Suntikan glukagon. Obat ini terbuat dari glukagon sintetis dan dapat kamu gunakan dalam keadaan darurat. Karena dapat kamu suntikan, maka obat ini dapat kamu berikan pada orang yang tidak sadarkan diri atau tidak mampu mengonsumsi karbohidrat melalui mulut.
  • Bubuk hidung glukagon (Baqsimi). Pada Juli 2019, Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat menyetujui penggunaan Baqsimi, formulasi glukagon intranasal, untuk pengobatan hipoglikemia berat. 

Itulah langkah pengobatan hipoglikemia yang bisa kamu lakukan. Selain itu, waspadai juga 7 Penyebab Gula Darah Rendah.

 Jika kamu atau anggota keluarga mengidap hipoglikemia, hubungi dokter di Halodoc agar mendapatkan rujukan perawatan yang tepat. 

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2023. How Hypoglycemia Is Treated.
Medical News Today. Diakses pada 2023. Hypoglycemia (low blood sugar): Symptoms and causes.
Healthline. Diakses pada 2023. Everything You Need to Know About Hypoglycemia (Low Blood Sugar).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan