Ini Langkah Pengobatan Osteofit yang Bisa Dilakukan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   07 November 2023

“Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengobati osteofit. Di antaranya dengan terapi fisik, suntikan steroid, obat pereda nyeri, hingga operasi.”

Ini Langkah Pengobatan Osteofit yang Bisa DilakukanIni Langkah Pengobatan Osteofit yang Bisa Dilakukan

DAFTAR ISI:

  1. Pengobatan Osteofit
  2. Tips untuk Mengelola Nyeri Sebelum atau Selama Pengobatan

Halodoc, Jakarta – Osteofit atau taji tulang terbentuk ketika tubuh merespons kelainan di sekitar sendi. Penyebab umum osteofit adalah osteoartritis, penyakit degeneratif ketika tulang rawan normal yang mengelilingi sendi terkikis secara bertahap.

Ketika tulang rawan pelindung habis dan tulang semakin terbuka, tubuh merespons dengan peradangan dan perubahan pada struktur di sekitar sendi. Lantas, bagaimanakah pengobatan osteofit?

Pengobatan Osteofit

Jika osteofit hanya menyebabkan nyeri ringan dan muncul sesekali, dokter mungkin merekomendasikan obat pereda nyeri tanpa resep yang dijual bebas. 

Selain itu, suntikan steroid juga dapat membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan untuk sementara. Dokter biasanya memberikan hingga tiga suntikan steroid pada sendi yang sama dalam satu tahun.

Terapi fisik juga dapat membantu jika pengobatan berfokus pada penguatan otot-otot di sekitar sendi yang terkena, termasuk tulang belakang. Cara ini juga dapat membantu tubuh bergerak dengan menghindari tekanan saraf.

Apabila osteofit menekan saraf atau secara signifikan membatasi rentang gerak, kamu mungkin perlu menjalani operasi. 

Jika osteofit berada di tulang belakang, alat sejenis ‘pengatur jarak’ terkadang dapat dokter tempatkan di tulang belakang yang terkena untuk mencegah osteofit menekan saraf.

Osteofit yang muncul di bahu atau lutut terkadang juga bisa dokter hilangkan melalui prosedur operasi arthroscopic, yang menggunakan alat khusus untuk mencapai sendi melalui sayatan yang sangat kecil.

Tips untuk Mengelola Nyeri Sebelum atau Selama Pengobatan

Selain melakukan pengobatan, kamu juga bisa melakukan beberapa tips berikut untuk mengendalikan nyeri akibat osteofit:

  • Menurunkan berat badan. Jika memiliki berat badan berlebih atau obesitas, cara ini dapat meringankan beban pada sendi.
  • Mengenakan sepatu yang memberikan penyangga kaki yang baik untuk melindungi kaki dan sendi lainnya saat berjalan.
  • Menjalani terapi fisik untuk mempelajari latihan yang dapat memperkuat otot-otot di sekitar sendi dan juga menstabilkannya.
  • Mempertahankan postur tubuh yang benar saat berdiri atau duduk untuk membantu menjaga kekuatan punggung dan menjaga tulang belakang tetap sejajar. 
  • Menggunakan obat pereda nyeri tanpa resep,seperti ibuprofen, jika peradangan dan nyeri kambuh karena osteofit. 

Meskipun memiliki osteofit, usahakan tetap aktif dan sehat. Hindari aktivitas dan gerakan yang menyakitkan. Pilihlah aktivitas berdampak rendah, seperti berjalan kaki daripada berlari.

Saat berolahraga, lakukan langkah-langkah untuk meminimalkan kerusakan sendi. Pastikan memiliki alas kaki yang bagus, berkonsentrasi pada teknik yang benar, dan selalu melakukan pemanasan dan peregangan.

Selain itu, ketahui juga Kebiasaan yang Bisa Menjadi Penyebab Seseorang Mengalami Osteofit.

Perlu kamu waspadai juga, osteofit bisa menjadi tanda kerusakan atau perubahan degeneratif pada sendi. Kondisi ini juga bisa menjadi sumber nyeri dan kelainan bentuk di sekitar sendi.

Meskipun begitu, penanganan osteofit memerlukan penanganan kondisi yang mendasarinya. Menghilangkan osteofit seringkali solusi jangka pendek.

Ada situasi tertentu ketika dokter spesialis bedah mungkin menghilangkan osteofit, tapi kemungkinan besar kondisi tersebut akan muncul lagi seiring berjalannya waktu. 

Itulah yang perlu kamu ketahui tentang pengobatan osteofit. Jika kamu atau anggota keluarga ada yang mengalami kondisi ini, segera hubungi dokter agar mendapatkan saran perawatan yang sesuai.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2023. What are bone spurs?
Very Well Health. Diakses pada 2023.How an Osteophyte (Bone Spur) Develops
Healthline. Diakses pada 2023.Bone Spurs: What You Should Know About Osteophytosis

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan