Ini Langkah Pengobatan Penyakit Liver yang Bisa Dilakukan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   18 Oktober 2023

“Pengobatan penyakit liver tergantung jenis dan tingkat keparahan penyakit. Beberapa jenis penyakit bisa diobati dengan perubahan gaya hidup, sedangkan yang lainnya mungkin perlu menggunakan obat-obatan dari dokter dan transplantasi hati.”

Ini Langkah Pengobatan Penyakit Liver yang Bisa DilakukanIni Langkah Pengobatan Penyakit Liver yang Bisa Dilakukan

Halodoc, Jakarta – Penyakit liver merupakan penyakit berbahaya yang perlu kamu waspadai. Selain bisa menimbulkan gejala liver yang tidak nyaman, penyakit tersebut juga bisa menyebabkan gagal hati yang bisa berakibat fatal.

Oleh karena itu, penting untuk mengobati penyakit liver sedini mungkin untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Ketahui beberapa langkah pengobatan liver yang bisa kamu lakukan di sini!

Langkah Pengobatan Penyakit Liver

Pengobatan untuk penyakit liver tergantung pada jenis penyakit yang kamu alami dan seberapa parah penyakitnya. Berikut langkah pengobatannya:

1. Perubahan gaya hidup 

Beberapa jenis penyakit liver atau penyakit yang terdeteksi pada tahap awal bisa kamu obati dengan perubahan gaya hidup.

Contoh jenis penyakit liver yang bisa teratasi dengan cara ini adalah penyakit hati berlemak atau penyakit hati yang berkaitan dengan alkohol. 

Berikut adalah beberapa perubahan gaya hidup yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi penyakit tersebut:

Menghindari alkohol

Kamu tidak boleh minum alkohol sama sekali jika penyakit hati berlemak yang kamu alami terjadi akibat konsumsi alkohol yang berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan hati yang lebih serius.

Membatasi asupan lemak dan kalori

Hindari lah makanan berkalori tinggi, lemak jenuh, karbohidrat olahan (seperti roti putih, nasi putih, dan pasta biasa) dan gula.

Meningkatkan asupan serat

Alih-alih mengonsumsi makanan tinggi kalori dan lemak, kamu sebaiknya memperbanyak konsumsi serat dari buah-buahan segar, sayuran, roti gandum, nasi, dan sereal. Hal ini bisa membantu memperbaiki kondisi.

Turunkan berat badan

Bagi kamu yang kelebihan berat badan, menurunkan bahkan hanya 5 persen saja dari berat badan kamu, sudah bisa mengurangi lemak di hati. Sebaiknya turunkan berat badan secara bertahap.

Olahraga

Latihan aerobik ternyata bisa mengurangi jumlah lemak di hati. Olahraga berat juga bisa menurunkan peradangan. 

Olahraga ketahanan atau kekuatan, seperti angkat beban, juga dapat memperbaiki penyakit hati berlemak.

Usahakan untuk melakukan latihan aerobik intensitas sedang hingga tinggi selama 30 hingga 60 menit atau lebih setidaknya 5 hari seminggu dan latihan kekuatan tingkat menengah hingga tinggi 3 hari seminggu.

2. Obat-obatan 

Dokter juga bisa mengobati beberapa jenis penyakit liver dengan obat-obatan. 

Berikut berbagai jenis obat resep untuk penyakit tersebut:

  • Obat antivirus untuk mengobati hepatitis. 
  • Steroid untuk mengurangi peradangan hati. 
  • Obat tekanan darah, antibiotik. 
  • Kortikosteroid dan imunosupresan untuk mengobati penyakit autoimun.
  • Obat untuk mengatasi gejala liver tertentu, seperti kulit gatal. 

Lantas, Adakah Pengobatan Sakit Liver dengan Cara Alami?. Coba cari tahu di artikel tersebut.

3. Transplantasi hati 

Ketika penyakit hati sudah berkembang menjadi gagal hati atau penyakit hati stadium akhir, organ tersebut sudah tidak bisa lagi menjalankan fungsinya dengan normal. 

Oleh karena itu, transplantasi adalah pengobatan yang terbaik. Ini adalah operasi untuk mengangkat hati yang sakit atau rusak dan menggantinya dengan hati yang sehat. 

Itulah langkah pengobatan untuk gejala liver. Bila kamu ingin bertanya lebih lanjut mengenai hal ini, kamu menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc.

Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa bertanya dan minta saran kesehatan pada dokter kapan saja dan di mana saja.

Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Liver disease.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Liver Disease.
WebMD. Diakses pada 2023. Diet and Lifestyle Tips to Reverse Fatty Liver Disease.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan