• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat dan Khasiat Daun Mimba yang Jarang Diketahui
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat dan Khasiat Daun Mimba yang Jarang Diketahui

Ini Manfaat dan Khasiat Daun Mimba yang Jarang Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 02 November 2022

“Manfaat daun mimba untuk kesehatan ternyata sangat banyak. Termasuk mengobati luka, mengatasi ketombe, dan meredakan jerawat.”

Ini Manfaat dan Khasiat Daun Mimba yang Jarang DiketahuiIni Manfaat dan Khasiat Daun Mimba yang Jarang Diketahui

Halodoc, Jakarta – Mimba (Azadirachta indica) adalah pohon yang berasal dari India. Setiap bagian pohonnya memiliki manfaat, termasuk bagian daun. Daun mimba telah banyak dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional untuk berbagai kondisi. 

Termasuk mengobati luka, jerawat, dan berbagai penyakit kulit. Bahkan bagian rantingnya telah digunakan untuk membersihkan gigi. Lebih jelasnya, simak berbagai manfaat daun mimba dalam pembahasan berikut ini!

Manfaat Daun Mimba bagi Kesehatan

Sifat “ramah” kesehatan yang diakui dari tanaman mimba sangat banyak. Ini juga sering digunakan sebagai antioksidan dan untuk aplikasi antijamur, antibakteri, dan pengendalian hama. Bagi kesehatan, daun ini juga dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Berikut ini beberapa manfaat daun mimba bagi kesehatan dan cara menggunakannya:

1. Penyembuh Luka

Ekstrak daun mimba dapat mempercepat penyembuhan luka melalui peningkatan respons inflamasi dan pembentukan pembuluh darah baru. Buatlah pasta dari daun ini dan oleskan pada luka atau gigitan serangga beberapa kali sehari sampai sembuh.

2. Menghilangkan Ketombe 

Bingung mengatasi masalah ketombe? Kamu bisa coba daun mimba. Daun ini adalah salah satu obat tradisional untuk infeksi jamur di kulit kepala, yang menyebabkan ketombe. 

Cara menggunakannya pun mudah. Rebus seikat daun mimba sampai airnya berubah menjadi hijau, biarkan dingin. Setelah mencuci rambut dengan sampo, bersihkan dengan air ini.

3. Mengatasi Masalah Mata

Ekstrak daun mimba juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pada mata. Cara menggunakannya, rebus beberapa daun mimba, biarkan airnya benar-benar dingin lalu gunakan untuk mencuci mata. Ini akan membantu segala jenis iritasi, kelelahan atau kemerahan pada mata.

4. Mengobati Jerawat

Jerawat membandel di kulit wajah bisa menurunkan rasa percaya diri. Untungnya, ada banyak pilihan pengobatan alami untuk jerawat, termasuk dengan daun mimba.

Cara menggunakannya, giling beberapa daun mimba, buat pasta dan oleskan setiap hari sampai jerawat mengering. Pasta ini juga membantu segala jenis komedo, bintik hitam dan bisul kronis.

5. Mengatasi Bisul Telinga

Bisul telinga bisa sangat menyakitkan dan mengganggu. Salah satu obat alaminya adalah daun mimba. Campurkan beberapa helai daun mimba dan tambahkan madu ke dalamnya. Gunakan beberapa tetes campuran ini untuk mengobati bisul telinga.

6. Mengobati Berbagai Gangguan Kulit

Selain berbagai manfaat tadi, daun mimba juga sering diugnakan sebagai pengobatan untuk berbagai gangguan kulit. Kunyit yang dikombinasikan dengan pasta daun mimba juga dapat digunakan untuk gatal-gatal, eksim, cacing gelang dan beberapa penyakit kulit ringan.

Adakah Efek Sampingnya?

Mengonsumsi daun mimba dalam bentuk suplemen mungkin memiliki potensi efek samping. Efek samping ini mungkin umum atau parah. Karena kurangnya penelitian, sedikit yang diketahui tentang keamanan penggunaan mimba jangka pendek atau jangka panjang. 

Namun, ada beberapa kemungkinan kekhawatiran dan efek samping. Penggunaan topikal (ditempatkan pada kulit) dapat menyebabkan:

  • Dermatitis alergi (radang kulit).
  • Dermatitis pada kulit kepala (digunakan oleh individu dengan rambut rontok).

Itulah pembahasan mengenai manfaat daun mimba. Perlu diketahaui bahwa tidak ada cukup bukti ilmiah untuk menentukan standar atau dosis mimba yang sesuai. Diperlukan lebih banyak penelitian tentang dosis untuk kebutuhan dan populasi kesehatan tertentu. 

Jadi, sebaiknya konsultasikan pada dokter terlebih dahulu sebelum mulai mengonsumsi daun ini atau suplemen apa pun. Selain itu, jangan jadikan daun ini sebagai pengganti pengobatan medis, ya. Kalau sakit, download Halodoc saja untuk membuat janji medis dengan dokter.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What Is Neem Extract? Benefits, Uses, Risks, and Side Effects.
NDTV Food. Diakses pada 2022. 10 Wonderful Benefits and Uses of Neem: A Herb That Heals.
Very Well Health. Diakses pada 2022. What Is Neem?