• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat Lactic Acid untuk Perawatan Wajah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat Lactic Acid untuk Perawatan Wajah

Ini Manfaat Lactic Acid untuk Perawatan Wajah

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 20 Oktober 2022

“Lactic acid memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah. Di antaranya untuk meningkatkan pergantian sel, mencerahkan kulit, dan memudarkan garis halus.”

Ini Manfaat Lactic Acid untuk Perawatan WajahIni Manfaat Lactic Acid untuk Perawatan Wajah

Halodoc, Jakarta – Lactic acid adalah bahan yang biasa ditemukan pada banyak produk perawatan wajah yang dijual bebas. Bahan tersebut merupakan antioksidan, exfoliant kimia, dan membantu melembabkan kulit. Lactic acid juga memiliki beberapa manfaat untuk kulit. 

Salah satu jenis asam alfa hidroksi (AHA) ini memiliki kemampuan menghilangkan sel kulit mati, mencerahkan bintik hitam, dan memperbaiki tampilan garis halus serta kerutan pada semua jenis kulit. Selain itu, lactic acid ditemukan dalam banyak perawatan topikal yang diaplikasikan pada kulit. Biasanya untuk mengobati eksim, psoriasis, dan rosacea.

Lactic Acid Bahan yang Meningkatkan Pergantian Sel Kulit

Sama seperti bahan-bahan aktif lainnya, lactic acid memiliki banyak manfaat. Ia dapat meningkatkan pergantian sel dan membantu menghilangkan akumulasi sel kulit mati pada epidermis, lapisan atas kulit. 

Saat menggunakan lactic acid dalam konsentrasi 12 persen, kulit menjadi lebih kencang dan lebih tebal. Hasilnya, tampilan kulit wajah jadi lebih halus secara keseluruhan dan garis halus atau kerutan pun memudar. Hasil tersebut menunjukkan bahwa, dalam konsentrasi tinggi seperti itu, lactic acid dapat meresap ke lapisan kulit yang lebih dalam.

Sementara pada konsentrasi yang lebih rendah, sekitar 5 persen, tidak berdampak pada lapisan tengah kulit. Namun, mereka memiliki efek serupa pada tingkat kulit yang lebih dangkal.

Setelah menggunakan lactic acid, kulit pun jadi lebih cerah dan halus. Pengelupasan AHA ini membantu mengobati hiperpigmentasi sedang hingga parah, yang terjadi ketika bintik-bintik tertentu pada kulit memiliki jumlah melanin lebih dari normal. 

Lactic acid juga dapat memudarkan bintik-bintik penuaan dan mengurangi munculnya kerutan dan pori-pori yang sangat terlihat. Bisa dibilang, lactic acid adalah salah satu bentuk AHA yang paling ringan, sehingga aman digunakan pada kulit sensitif dalam konsentrasi yang tepat.

Lactic Acid Sebagai Antimikroba yang Efektif

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lactic acid dan suplemen probiotik dapat membantu menjaga kulit sensitif. Dengan kombinasi keduanya maka dapat memperbaiki reaksi inflamasi tertentu, karena keduanya dapat memberikan keseimbangan mikroba pada kulit.

Sementara probiotik bekerja secara mendalam dengan menyeimbangkan usus, lactic acid bekerja bersama sebagai pengobatan untuk kondisi kulit sedang. Contohnya psoriasis, eksim, dan jerawat. 

Berbicara tentang jerawat, kulit yang cenderung berjerawat bisa lebih sensitif terhadap perawatan pengelupasan. Namun, banyak dokter meresepkan pengelupasan kimia lactic acid dalam konsentrasi rendah yang dikombinasikan dengan perawatan antibiotik. 

Menggunakan lactic acid dalam konsentrasi rendah secara signifikan, dapat meningkatkan tekstur kulit dan mengurangi hingga 90 persen dari lesi inflamasi pada orang dengan jerawat. 

Cara Aman Menggunakan Lactic Acid

Meskipun ini adalah exfoliant AHA yang lebih ringan, kamu tidak boleh menggunakan lactic acid terlalu sering. Sebab, berisiko pada pengelupasan kulit secara berlebihan dan merusak penghalang alami kulit. 

Hindari juga menggunakan retinoid dan scrub secara agresif. Hindari melakukan perawatan tersebut sekaligus, sebab dapat memunculkan iritasi. Dalam kasus yang parah, perawatan lactic acid, retinoid, dan scrub sekaligus dapat menyebabkan hiperpigmentasi pasca-inflamasi. 

Hal tersebut terjadi ketika kulit memproduksi melanin ekstra sebagai respons alami terhadap stres kulit. Jenis hiperpigmentasi tersebut membutuhkan waktu lama untuk pudar. 

Ingat juga untuk selalu menggunakan sunscreen SPF 30 saat berada di luar ruangan ataupun tidak. Oleskan kembali setiap dua jam saat terkena sinar matahari langsung.  Ikuti juga petunjuk produk dengan cermat. Beberapa cara aman lainnya yang perlu dilakukan sebelum mengoleskan lactic acid yaitu:

  • Pastikan konsentrasi lactic acid di bawah 10%.
  • Pilih produk dengan pH lebih dari 3,5.
  • Pilih produk yang memperingatkan tentang efek potensial dari paparan sinar matahari setelah menggunakan lactic acid.

Itulah yang perlu diketahui tentang manfaat lactic acid. Jika memerlukan produk lactic acid, kamu bisa cek kebutuhan perawatan di toko kesehatan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. What to Know About Lactic Acid for Skin Care
Very Well Health. Diakses pada 2022. Lactic Acid for Skin Care: Benefits and Side Effects
Medical News Today. Diakses pada 2022. Uses and benefits of lactic acid in skin care