Ini Nilai Tensi Normal pada Lansia yang Wajib Dipertahankan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   22 Desember 2022

“Nilai tensi normal pada lansia akan lebih tinggi daripada orang dewasa. Hal ini karena pembuluh darah manusia akan mengeras seiring bertambahnya usia.”

Ini Nilai Tensi Normal pada Lansia yang Wajib DipertahankanIni Nilai Tensi Normal pada Lansia yang Wajib Dipertahankan

Halodoc, Jakarta – Tekanan darah normal lansia akan lebih besar daripada orang yang lebih muda. Saat melakukan cek darah, dokter biasanya menyediakan pembacaan tekanan darah sistolik dan diastolik. Tekanan darah sistolik menunjukkan angka pertama, sedangkan tekanan darah diastolik menunjukkan angka kedua. 

Lansia akan memiliki kesehatan yang lebih rentan ketimbang orang dewasa. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui nilai tensi normal pada lansia. Hal ini agar mereka terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh tensi darah yang tidak normal, seperti penyakit jantung atau stroke.

Nilai Tensi Normal pada Lansia

Orang dewasa yang sehat harus memiliki nilai tekanan darah antara 90/60 mmHg dan 120/80 mmHg. Berbeda dengan orang dewasa, lansia memiliki nilai tensi normal yang lebih tinggi, yaitu antara 130/80 mmHg dan 140/90 mmHg.

Angka 130 atau 140 adalah angka sistolik, yaitu tekanan pada pembuluh darah saat jantung berkontraksi untuk memompa darah bersih ke seluruh tubuh. Sementara 80 dan 90 adalah angka distolik, yaitu nilai tekanan darah di pembuluh darah pada saat jantung tidak berkontraksi dan menerima darah kotor yang kembali dari seluruh tubuh.

Dari perhitungan, terlihat bahwa nilai tekanan darah normal pada lansia lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan darah normal pada orang dewasa. Ini karena pembuluh darah manusia cenderung mengeras atau kaku seiring bertambahnya usia.

Pengerasan pembuluh darah membuat jantung harus bekerja lebih keras, sehingga membuat tekanan darah pada lansia menjadi lebih tinggi.

Jika masih bingung dan ingin tahu tekanan darah normal, 5 Dokter Ini Bisa Berikan Informasi Lengkap untuk kamu.

Cara Menjaga Tekanan Darah Normal pada Lansia

Lansia dengan tekanan darah tinggi atau rendah mungkin tidak mengalami gejala apa pun. Namun, jika lansia yang mengidap hipertensi atau hipotensi menunjukkan gejala seperti kelelahan, pingsan, pusing, rasa tidak nyaman di dada, sesak napas, atau melemahnya anggota tubuh, mereka atau orang yang merawatnya perlu berhati-hati.

Bisa saja ini menjadi tanda bahwa lansia mengidap komplikasi terkait hipertensi seperti stroke, serangan jantung, gagal jantung, atau penurunan fungsi ginjal. Oleh karena itu, penting bagi lansia untuk mengetahui pola hidup sehat untuk menjaga tekanan darah normal, seperti misalnya:

1. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Mulailah dengan menjaga pola makan yang sehat dan seimbang. Lansia dianjurkan untuk mengonsumsi makanan rendah lemak dan rendah garam untuk menjaga tekanan darah normal sehingga menurunkan kemungkinan berbagai penyakit.

Pilih makanan kaya serat sebagai gantinya, seperti nasi merah, sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Lansia juga harus mengonsumsi air yang cukup setiap harinya untuk menghindari dehidrasi.

2. Olahraga Rutin

Olahraga teratur dapat membantu lansia menjaga berat badan yang sehat, menghindari obesitas, dan menjaga tekanan darah tetap stabil. Lansia sebaiknya olahraga rutin selama setidaknya 30 menit setiap hari atau tiga kali per minggu. Jenis olahraga yang disarankan untuk lansia adalah jalan kaki, berenang, bersepeda, atau senam lansia.

3. Hindari Merokok dan Minuman Beralkohol

Terlalu banyak merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol dapat meningkatkan peluang lansia terkena hipertensi. Oleh karena itu, disarankan agar lansia menghindari merokok dan paparan asap rokok, serta menahan diri dari minum beralkohol.

4. Tidur yang Cukup

Jantung dan pembuluh darah yang sehat dapat terjaga dengan tidur dan istirahat yang cukup. Selain meningkatkan risiko hipertensi dan stroke, kurang tidur dapat memengaruhi seberapa baik kinerja jantung.

Kebutuhan tidur akan berkurang seiring bertambahnya usia. Orang dewasa biasanya tidur antara 7-9 jam setiap hari. Jumlah waktu tidur untuk lansia berusia 65 tahun ke atas akan menjadi 7-8 jam setiap hari.

Itulah penjelasan tentang nilai tensi normal pada lansia. Apabila kamu perlu konsultasi terkait tekanan darah, cobalah berkonsultasi ke dokter spesialis kardiologi.

Kamu pun bisa mengunjungi rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Tunggu apa lagi, yuk segera  download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Forbes. Diakses pada 2021. Normal Blood Pressure by Age.
Care Clinic. Diakses pada 2021. Elderly Blood Pressure Chart.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan