Ini Nutrisi yang Wajib untuk Trimester Ketiga

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   05 Januari 2022
Ini Nutrisi yang Wajib untuk Trimester KetigaIni Nutrisi yang Wajib untuk Trimester Ketiga

“Setelah memasuki trimester ketiga, nutrisi yang diperoleh ibu hamil harus benar-benar diperhatikan sebagai persiapan persalinan. Pasalnya, nutrisi yang baik dapat mempermudah proses persalinan nantinya.”

Halodoc, Jakarta – Memasuki trimester ketiga, biasanya ibu sudah mulai menyiapkan berbagai keperluan si kecil. Mulai dari pakaiannya, kamar, dan juga mempersiapkan jenis persalinan apa yang cocok untuk si kecil kelak. Trimester ketiga dimulai ketika usia kehamilan masuk usia 28 minggu. 

Pada masa ini, si kecil sudah mulai terlihat sempurna bentuknya. Organ-organ dalam tubuh mungilnya pun sudah mulai terbentuk dan berfungsi. Lalu memasuki usia kehamilan 32 minggu, tulang pada tubuh si kecil dalam kandungan pun sudah terbentuk sempurna. Jadi meskipun sibuk, ibu tetap harus memenuhi kebutuhan nutrisi bagi si kecil di trimester ketiga, ya.

Apa saja nutrisi yang harus dipenuhi

Nutrisi di trimester ketiga sama dengan yang dibutuhkan di trimester kedua dan pertama. Oleh karena itu, sebenarnya tak ada batasan bagi ibu untuk mengonsumsi nutrisi yang dibutuhkan. Namun untuk diutamakan, berikut adalah nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil di trimester ketiga:

1. Omega 3 dan Kolin

Meski bentuk tubuhnya sudah semakin sempurna, namun si kecil tetap membutuhkan asupan untuk perkembangan otak dan sistem sarafnya. Jadi, ibu tetap membutuhkan asupan asam lemak omega-3 dan kolin untuk mendukung tumbuh kembang si kecil. Sebagai sumber omega 3 alami, ibu bisa rutin mengonsumsi makanan seperti salmon, tuna, dan sarden serta telur yang diperkaya omega 3.

2. Kalsium

Ibu hamil di trimester ketiga butuh asupan kalsium 1200 mg per hari. Ini karena si kecil masih dalam pertumbuhan di kandungan, sehingga ia mulai menyimpan kalsium sebagai cadangan di dalam tubuhnya. Untuk mendapatkan asupan kalsium, ibu bisa mendapatkannya dari susu dan produk olahannya, sayuran hijau, ikan teri, ikan sarden, dan kacang kedelai. Untuk menjaga berat badan ibu, sebaiknya pilih susu dan produk susu yang rendah lemak.

3. Zat besi

Mendekati waktu persalinan, kebutuhan zat besi yang diperlukan ibu semakin tinggi. Ini dikarenakan semakin banyaknya volume darah ibu hamil dan janin perlukan. Selain itu, jika kekurangan zat besi saat hamil dapat meningkatkan risiko bayi lahir premature. Oleh karena itu ibu harus memenuhi kebutuhan zat besi di trimester ketiga sebanyak 39 mg.

4. Seng

Dibanding dengan trimester pertama dan kedua, ibu hamil membutuhkan seng yaitu sebesar 20 mg di trimester kedua. Dengan terpenuhinya kebutuhan zat seng maka dapat mencegah si kecil dari risiko kelahiran prematur. Untuk mendapatkan asupan seng yang cukup, ibu bisa memenuhi kebutuhan zat seng dari daging merah, makanan laut, serta sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kacang-kacangan.

5. Vitamin A

Vitamin A yang dibutuhkan saat memasuki trimester ketiga adalah sebanyak 850 mg. Ibu hamil bisa mendapatkan asupan vitamin A alami dari buah-buahan dan sayuran seperti wortel, tomat, ubi jalar, bayam, juga susu dan telur. Sebaiknya, untuk konsumsi vitamin A ini tidak secara berlebihan sampai ibu mengonsumsi suplemen. Vitamin A juga bisa menyebabkan overdosis pada si kecil jika berlebihan dikonsumsi. Jadi sebaiknya, ibu bicara dengan dokter terlebih dahulu jika berniat menambah asupan vitamin A dari suplemen tambahan.

Jika ibu membutuhkan saran kesehatan dari dokter mengenai kondisi kesehatan si kecil dalam kandungan, ibu bisa menghubungi dokter menggunakan aplikasi Halodoc.  Segera hubungi dokter supaya pertumbuhan janin tetap terpantau, download Halodoc sekarang juga!

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan