Ini Obat Tidur Tanpa Resep yang Aman untuk Dikonsumsi

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   22 April 2024

“Untuk mengatasi insomnia, kamu bisa menggunakan obat tidur tanpa resep dokter. Contohnya seperti Insoven, Lelap, hingga Antangin Good Night yang bisa dibeli di Toko Kesehatan Halodoc.”

Ini Obat Tidur Tanpa Resep yang Aman untuk DikonsumsiIni Obat Tidur Tanpa Resep yang Aman untuk Dikonsumsi

DAFTAR ISI

Rekomendasi Obat Tidur Tanpa Resep yang Aman Dikonsumsi

Pilihan Obat Tidur dengan Resep Dokter

Tips Aman Minum Obat Tidur Agar Tidak Ketergantungan


Halodoc, Jakarta – Ketika mengalami insomnia, kamu mungkin sulit untuk tidur, bangun terlalu pagi, atau merasa tidak segar saat bangun. Mengubah gaya hidup, seperti berolahraga dan menghindari makan besar, alkohol, dan kafein sebelum tidur, seringkali dapat meningkatkan kualitas hidup. 

Namun, insomnia yang parah sering kali tidak juga membaik meskipun telah merubah gaya hidup. Oleh sebab itu, obat tidur mungkin bisa kamu gunakan sebagai solusi jangka pendek.

Ada berbagai pil tidur yang dapat kamu gunakan tanpa resep dokter. Namun jika insomnia terus berkelanjutan, kamu tetap perlu mengunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan terbaik.

Rekomendasi Obat Tidur Tanpa Resep yang Aman Dikonsumsi

Berikut ini rekomendasi obat tidur tanpa resep yang aman:

1. Insoven 6 Kapsul

Obat tidur tanpa resep pertama yang dapat kamu gunakan adalah Insoven 6 Kapsul. Insoven merupakan obat herbal alami yang bermanfaat mengatasi gangguan tidur insomnia dan memperbaiki kualitas tidur. 

Obat tidur ini mengandung ekstrak tanaman Apocynum venetum folium atau Rafuma. Kandungan tersebut secara efektif dapat memberikan efek relaksasi sebelum tidur dan membantu mengatur siklus tidur yang sehat.

Untuk menggunakan obat ini, kamu cukup mengkonsumsinya setengah jam atau satu jam sebelum waktu tidur sebanyak 1 kapsul per hari.

Rentang harga: Rp10.500 – Rp34.800 per strip.

Dapatkan Insoven 6 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Lelap 4 Kaplet

Lelap Obat Tidur

Obat ini terbuat dari bahan-bahan alami yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan membuat tidur lebih pulas. Dalam setiap kapsulnya, terkandung beberapa bahan herbal yang mendukung kerja obat. Di antaranya:

  • Valerianae radix, yaitu tumbuhan tradisional yang telah lama digunakan untuk membantu menghilangkan gejala ringan stress dan memberikan efek sedatif untuk membantu tidur.
  • Ekstrak biji pala (myristicae semen) merupakan tanaman rempah khas Indonesia yang mengandung minyak atsiri dan asam oleanolat. Tanaman herbal tersebut juga sering digunakan sebagai ramuan untuk terapi gangguan tidur, stres, dan meningkatkan stamina. 

Rentang harga obat ini sekitar Rp13.000 – Rp16.900.

Dapatkan Lelap 4 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc

3. Balance Madia Good Night 10 Kaplet

Balance Madia Good Night obat tidur

Obat Balance Madia Good Night juga dapat mengurangi gejala insomnia atau kesulitan tidur. Obat herbal ini mengandung jahe, daun sembung, daun po’o, kulit pule, biji pala, dan tapak liman.

Tanaman herbal tersebut bekerja sebagai zat aktif yang dapat mengurangi gejala insomnia atau susah tidur.

Rentang harga obat ini sekitar Rp54.900 – Rp62.900.

Dapatkan Balance Madia Good Night di Toko Kesehatan Halodoc

4. Snoozzz 4 Kapsul

Kamu punya gangguan tidur dan ketika bangun badan terasa tambah lemas? Snoozzz bisa menjadi pilihan obat yang tepat untuk mengatasinya. Dengan kandungan herbal sleep formula yang berasal dari akar valerian, obat ini dapat membantu agar tidur lebih nyenyak dan badan menjadi lebih segar ketika bangun di pagi hari. 

Kamu cukup mengonsumsi 1-2 kapsul 30 menit sebelum waktu tidurmu. Namun apabila kamu punya gangguan hati, hindari konsumsi obat ini ya!

Rentang Harga obat ini sekitar 17.400 per strip

Dapatkan Snoozzz 4 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc

5. Antangin Good Night 4 Tablet

Obat terakhir yang dapat kamu gunakan untuk membantu mengatasi gangguan tidur adalah Antangin Good Night 4 Tablet.

Obat tidur ini merupakan tablet herbal dengan kandungan beberapa ekstrak tanaman, seperti ekstrak daun mint, jahe, biji pala, passion flower, dan bahan alami lainnya. 

Dengan bahan-bahan tersebut, obat ini secara efektif bermanfaat meredakan gejala masuk angin, menghangatkan badan, serta membantu meringankan gangguan sulit tidur. Kamu dapat mengkonsumsi obat ini sebanyak 2-4 tablet per hari sebelum tidur

Rentang harga: Rp6.400 per strip.

Dapatkan Antangin Good Night 4 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc

Kamu bisa mendapatkan produk-produk di atas dengan cepat dan praktis melalui Toko Kesehatan Halodoc. Produknya tepercaya dengan pengiriman cepat dan aman!

Pilihan Obat Tidur dengan Resep Dokter

Apabila obat tidur tanpa resep tidak membuat masalah tidurmu membaik, maka mungkin saatnya kamu beralih ke obat dengan resep dokter. Namun tentu saja, untuk mendapatkannya kamu harus berdiskusi terlebih dulu dengan dokter.

Berikut ini beberapa pilihan obat yang harus menggunakan resep dokter:

  • Antidepresan, seperti trazodone, obat sangat bagus untuk mengobati insomnia dan kecemasan.
  • Benzodiazepin. Obat ini memiliki ketahanan yang lebih lama dan ampuh mengobati insomnia. Selain itu, obat ini juga digunakan secara efektif untuk mengatasi masalah tidur lainnya, seperti berjalan dalam tidur dan teror malam.
  • Doxepin. Obat ini juga aman untuk mengatasi insomnia. Doxepine dapat membantu pemeliharaan tidur dengan menghalangi reseptor histamin. Namun, hindari minum obat ini kecuali kamu bisa tidur selama 7 atau 8 jam penuh.
  • Eszopiclone. Obat ini juga dapat membantumu tertidur dengan cepat. Namun hindari mengonsumsi eszopiclone kecuali kamu bisa tidur nyenyak. Karena jika tidak berhasil, obat ini malah bisa menyebabkan pusing. 
  • Lemborexant. Cara kerja obat ini yaitu dengan menekan bagian dari sistem saraf pusat yang membuatmu tetap terjaga. Mengonsumsi obat ini dapat menyebabkan kamu merasa mengantuk keesokan harinya.
  • Ramelteon. Obat ini bekerja dengan cara yang berbeda dari obat lainnya, yaitu dengan menargetkan siklus tidur-bangun, bukan dengan menekan sistem saraf pusat. Ramelteon dapat kamu gunakan untuk penggunaan jangka panjang, karena tidak menunjukkan bukti penyalahgunaan atau ketergantungan.
  • Suvorexant. Cara kerja obat ini yaitu dengan menghalangi hormon yang meningkatkan kewaspadaan dan mengobati insomnia. Obat ini dapat menyebabkan kamu merasa mengantuk esok harinya. 
  • Zaleplon. Obat memiliki masa aktif yang paling singkat dalam tubuh dibandingkan dengan jenis obat lainnya. Artinya, kamu perlu mencoba untuk tertidur sendiri. 
  • Zolpidem. Penggunaan obat ini dapat membantumu tertidur, tapi beberapa orang cenderung terbangun di tengah malam. Kamu tidak direkomendasikan menggunakan zolpidem kecuali bisa tidur nyenyak setidaknya 7 hingga 8 jam. 

Selain dengan obat-obatan, kamu juga bisa mengatasi gangguan tidur secara alami. Baca artikel ini lebih lanjut: Inilah 4 Pilihan Obat Tidur Alami untuk Atasi Susah Tidur.

Tips Aman Minum Obat Tidur Agar Tidak Ketergantungan

Sebaiknya, selalu bicarakan dengan dokter atau apoteker jika kamu mengalami kesulitan tidur, meskipun menggunakan obat tidur tanpa resep. Hal tersebut demi mengantisipasi adanya gejala ketergantungan.

Jika mengalami ketergantungan, Begini Proses Cek Ketergantungan Obat Tidur.

Jika kamu mendapatkan obat tidur resep dokter, berikut beberapa tips untuk menggunakannya dengan aman:

  • Periksa dengan dokter jika kamu dapat meminum obat tidur dengan resep dan tanpa resep, termasuk obat herbal dan tradisional.
  • Minum obat sesuai dengan resep dan arahan dokter.
  • Tanyakan pada dokter berapa lama kamu perlu meminumnya dan bagaimana cara berhenti dengan aman.
  • Hindari mencampur obat dengan alkohol.
  • HIndari meminum obat resep milik orang lain atau membaikan obat tidur milikmu kepada siapapun.

Itulah yang perlu kamu ketahui tentang obat tidur tanpa resep yang aman. Jika kamu memiliki kekhawatiran tersendiri dengan kondisi tidur yang terganggu, jangan ragu untuk hubungi dokter atau psikolog di Halodoc.✔️

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2023. The Best Over-The-Counter Sleep Aids
Health Direct. Diakses pada 2023. Safe use of sleeping pills.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan