Ini Pentingnya Melakukan Self Reward untuk Kestabilan Mental

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 November 2023

“Tak banyak yang menyadari bahwa memberikan hadiah untuk diri sendiri atau self reward. Bahkan, self reward disebut dapat membuat kondisi kesehatan mental menjadi lebih stabil.”

Ini Pentingnya Melakukan Self Reward untuk Kestabilan MentalIni Pentingnya Melakukan Self Reward untuk Kestabilan Mental

Halodoc, Jakarta – Seberapa sering kamu merayakan pencapaian yang telah kamu dapatkan? Kapan terakhir kali kamu memberikan apresiasi untuk diri sendiri saat berhasil mencapai sesuatu?

Sayangnya, tak sedikit orang lupa meluangkan waktu untuk menghadiahi diri mereka sendiri. Hal ini terjadi akibat seseorang mungkin terlalu sibuk berusaha mencapai banyak hal pada saat yang bersamaan. 

Namun, jika kamu berusaha mengintegrasikan pola pikir bahwa menghargai diri sendiri itu penting, sebenarnya hal ini akan memberi keuntungan untuk diri sendiri dalam banyak cara.

Pentingnya Self Reward untuk Kestabilan Mental

Menghargai diri sendiri, atau self reward bagi kebanyakan orang tampaknya terlalu memanjakan diri dan egois. Padahal, kegiatan ini membantu menjaga kesehatan mental dan memotivasi kamu untuk bekerja lebih keras dan lebih baik, serta dapat meningkatkan kepuasan diri.

Selain itu, ini mengapa mengapresiasi diri sendiri atau melakukan self reward menjadi hal yang perlu kamu lakukan:

1. Memberikan perasaan bahagia

Bayangkan kamu mendapat hadiah yang didambakan, makanan lezat, atau liburan ke luar negeri selama satu minggu.

Bagaimana perasaanmu tentang ini? Sangat mendebarkan dan bahagia pastinya. Itulah yang kamu rasakan ketika melakukan self reward, kamu akan merasa lebih bahagia.

Ketika kamu memberikan hadiah untuk dirimu sendiri, otak akan melepaskan zat kimia yang bernama dopamin. Zat ini yang membuat kamu merasa lebih positif dan bahagia.

2. Meningkatkan harga diri

Selain dapat membuat kamu merasa lebih bahagia, self reward juga dapat membantu meningkatkan harga diri. Pasalnya, pemberian hadiah bisa memvalidasi harga diri.

Tahukah kamu bahwa tingkat kepercayaan diri pengaruhi kesehatan mental. Simak alasannya dalam artikel: Tingkat Percaya Diri Pengaruhi Kesehatan Mental.

3. Memberikan energi yang positif

Self reward bisa menjadi cara yang bagus untuk memotivasi diri bekerja lebih keras untuk mencapai tujuan tertentu.

Artinya, ketika kamu bekerja keras dan mendapatkan imbalan yang menyenangkan, kamu akan mengulangi sikap tersebut untuk mendapatkan apresiasi lainnya di kemudian hari. Menghubungkan kerja keras dengan penghargaan secara efektif sangat bagus untuk memotivasi.

Hal ini berdampak positif secara optimal pada kesehatan mental. Nah, untuk mengetahui masalah terkait kesehatan mental lainnya, kamu bisa cek di sini: Jelajahi Topik Konseling Umum.

4. Menghilangkan rasa lelah dan stres

Melakukan self-reward juga menjadi cara yang bagus untuk membantu menghilangkan stres dan kelelahan. Setelah memanjakan diri, kamu akan merasakan perasaan dan energi positif yang bisa membuatmu menjadi lebih siap untuk beraktivitas kembali. Tentunya dengan pikiran yang lebih segar, lebih fokus, dan percaya diri.

Self reward pada dasarnya adalah konsep bersikap baik kepada diri sendiri, baik dalam arti memaafkan, memelihara, mencintai maupun mendukung, dengan cara yang sama kamu memperlakukan teman yang membutuhkan bantuan. 

Studi dalam Psychological Sciences menyebutkan, mempraktikkan kebaikan pada diri sendiri meningkatkan ketahanan mental untuk pasangan yang baru saja berpisah.

Jadi, tidak ada salahnya untuk melakukan self reward sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi terhadap semua hal yang sudah kamu capai. Hal kecil tersebut bisa sangat baik untuk kesehatan mental kamu. 

Itulah beberapa alasan terkait pentingnya melakukan self reward untuk kestabilan mental. Pastikan untuk senantiasa menjaga kesehatan mentalmu dan anggota keluargamu, ya. 

Jika kamu atau anggota keluargamu memiliki masalah atau beban, pastikan untuk tidak menanggungnya sendirian.

Menceritakan perasaan dan masalah yang kamu hadapi tidak membuatmu lemah. Agar lebih maksimal, kamu juga bisa bercerita kepada psikolog. Yuk, cek rekomendasi psikolog terbaik melalui Halodoc.

Referensi:
Bustle. Diakses pada 2022. 5 Proven Reasons To Treat Yo-Self.
Scientific American. Diakses pada 2022. Self-Compassion Fosters Mental Health.
Presto Universe. Diakses pada 2022. Why Rewarding Yourself Is Good for You.
VOI. Diakses pada 2022. Why Is It Important To Reward Yourself Through Self Reward?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan