Ini Penyebab Malaria yang Perlu Diwaspadai

2 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 September 2023

“Penyebab malaria adalah parasit jenis plasmodium. Parasit ini yang bisa menular ke manusia melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi.”

Ini Penyebab Malaria yang Perlu DiwaspadaiIni Penyebab Malaria yang Perlu Diwaspadai

Halodoc, Jakarta – Malaria merupakan salah satu penyakit yang banyak terjadi di negara tropis, seperti Indonesia. Penyebab malaria ini adalah virus yang menyebar dari gigitan nyamuk yang terinfeksi.

Bila terkena penyakit ini, pengidap biasanya akan mengalami gejala berupa demam tinggi dan meriang. Penting untuk mengobati malaria sedini mungkin, karena penyakit ini bisa berakibat fatal.

Agar bisa mewaspadai penyakit ini lebih baik, kenali penyebab malaria di sini!

Penyebab Malaria

Penyebab malaria adalah parasit bersel tunggal dari genus plasmodium.

Ada lima spesies Plasmodium yang bisa menyebabkan penyakit tersebut pada manusia, tapi yang paling sering adalah Plasmodium falciparum dan Plasmodium vivax.

Parasit ini menyebar ke manusia melalui gigitan nyamuk Anopheles betina yang terinfeksi.

Hanya nyamuk Anopheles yang bisa menularkan penyakit ini dan mereka tertular melalui darah yang mereka hisap dari orang yang terinfeksi sebelumnya. 

Ketika nyamuk menggigit orang yang terinfeksi, sejumlah kecil darah yang mengandung parasit malaria mikroskopis masuk ke dalam tubuhnya.

Sekitar 1 minggu kemudian, bila nyamuk tersebut menghisap darah orang berikutnya, parasit ini bercampur dengan air liur nyamuk dan disuntikkan ke orang yang ia gigit. 

Begitu parasit memasuki tubuh manusia, mereka berpindah ke hati yang merupakan tempat beberapa jenis parasit bisa tertidur selama satu tahun.

Ketika parasit menjadi dewasa, mereka meninggalkan hati dan menginfeksi sel darah merah. Ini adalah saat orang biasanya mengalami gejala malaria.

Nah, ketahui Berbagai Gejala Malaria yang Tidak Boleh Kamu Anggap Sepele.

Kkarena parasit malaria ada dalam sel darah merah orang yang terinfeksi, penyakit ini juga dapat menular melalui transfusi darah, transplantasi organ, atau penggunaan jarum suntik yang terkontaminasi darah secara bersama-sama. 

Penyakit ini juga dapat menular dari ibu ke bayinya yang belum lahir sebelum atau selama persalinan.

Kondisi ini juga biasa dokter sebut dengan malaria “bawaan”.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa malaria tidak bisa menular dari orang ke orang lain seperti flu atau pilek, dan itu tidak bisa menular secara seksual.

Kamu juga tidak bisa tertular malaria melalui kontak biasa dengan orang yang terinfeksi malaria, seperti duduk di samping pengidap.

Itulah penyebab malaria yang perlu kamu waspadai. Bila kamu ingin bertanya lebih lanjut mengenai penyakit ini, hubungi saja dokter melalui aplikasi Halodoc.

Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Malaria.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2023. Malaria.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan