Ini Pilihan Vitamin Daya Tahan Tubuh untuk Bantu Cegah COVID-19

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   11 Desember 2023

“Risiko penularan COVID-19 akan tetap ada bila terjadi penularan dari orang yang terinfeksi. Namun, kamu dapat meminimalisir pencegahannya dengan meminum vitamin daya tahan tubuh. Contohnya, Halowell C, Zegavit, Hi D 1000, Nature’s Plus Vitamin D3, dan Holisticare Ester C yang bisa dibeli di Halodoc.”

Ini Pilihan Vitamin Daya Tahan Tubuh untuk Bantu Cegah COVID-19Ini Pilihan Vitamin Daya Tahan Tubuh untuk Bantu Cegah COVID-19

DAFTAR ISI:


Halodoc, Jakarta – Kekebalan tubuh yang kuat adalah kunci untuk terhindar dari berbagai macam penyakit menular, termasuk COVID-19. Meski tahun lalu status darurat COVID-19 sudah dicabut, tapi kamu tetap harus waspada risiko penularannya. 

Salah satunya dengan mengonsumsi vitamin daya tahan tubuh secara rutin serta dibarengi dengan penerapan gaya hidup sehat lain, seperti menjaga asupan makanan bergizi dan berolahraga. 

Mau tahu apa saja pilihan vitamin daya tahan tubuh yang ampuh cegah COVID-19? Simak rekomendasinya di sini!

Suplemen dan Vitamin untuk Bantu Cegah COVID-19

Berikut ini adalah beberapa vitamin dan suplemen yang bisa perkuat sistem imun tubuh sehingga kamu bisa terhindar dari risiko COVID-19:

1. Halowell C 500 mg 30 Tablet

Vitamin untuk perkuat imun yang bisa kamu pilih adalah vitamin C dan salah satu produknya adalah Hallowell C 500 mg. 

Suplemen ini mengandung 500 miligram vitamin C setiap tabletnya, yang mana angka tersebut tentu bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin harian kamu. 

Kandungannya pun mampu memelihara daya tahan tubuh sehingga kamu tidak mudah sakit.

Untuk dosisnya, kamu bisa mengonsumsinya 1-2 kali sehari satu kaplet. Namun, pastikan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum meminumnya

Rentang harga: 26.900 – Rp39.400 per botol.

Dapatkan Halowell C 500 mg 30 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Zegavit 6 Kaplet

Suplemen untuk perkuat sistem imun selanjutnya adalah Zegavit yang merupakan campuran multivitamin dan mineral.

Nah, vitamin dan beberapa mineral merupakan bahan-bahan esensial yang terdapat dalam makanan sehari-hari untuk metabolisme yang normal dan mempertahankan kesehatan. 

Suplementasi vitamin dan mineral ini dibutuhkan untuk mencegah atau memperbaiki defisiensi relatif pada diet yang disebabkan meningkatnya kebutuhan, kurangnya makanan yang masuk atau adanya gangguan dalam penyerapan makanan.

Zegavit ini bisa dokter resepkan untuk pengobatan defisiensi vitamin C dan B kompleks akibat meningkatnya kebutuhan, kurangnya makanan yang masuk atau adanya gangguan dalam penyerapan makanan, dan menambah masukan vitamin E, kalsium, dan zinc.

Orang dewasa dan anak 12 tahun atau lebih bisa mengonsumsinya 1 kali per hari sebanyak 1 kaplet atau sesuai petunjuk dokter. Bila suplementasi tidak diperlukan lagi, hentikan penggunaan.

Nah, Zegavit juga tidak boleh diberikan pada anak dibawah 12 tahun. 

Kisaran harga: Rp35.000 per strip.

Dapatkan Zegavit 6 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

Selain dengan konsumsi suplemen atau vitamin, Ini 7 Cara Perkuat Sistem Imun Tubuh untuk Cegah Infeksi COVID-19.

3. Hi-D 1000 Vitamin D3 5 Strip (6 Tablet Kunyah/Strip) – Hemat Borongan

Tak hanya vitamin C, vitamin D juga dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Bahkan penelitian yang berjudul Relevance of vitamin D3 in COVID-19 infection.   menyebutkan bahwa vitamin ini dapat membantu mencegah penularan COVID-19.

Oleh karena itu, konsumsi vitamin D seperti HI-D 1000 IU bisa menjadi langkah tepat mencegah penularan COVID-19.

Ini merupakan obat dengan kandungan cholecalciferol 1000 IU setara dengan Vitamin D3 25 mikrogram dan termasuk golongan vitamin D dan analog.

Efek obat ini adalah menaikan kadar vitamin D pada pasien yang kekurangan vitamin D

Untuk dewasa dan anak usia di atas 12 tahun, cukup konsumsi 1 tablet kunyah sekali sehari. Atau kamu bisa berdiskusi dulu dengan dokter sebelum mengkonsumsinya.

Rentang harga: Rp96.900 – Rp103.900 per 5 strip.

Dapatkan Hi-D 1000 Vitamin D3 5 Strip (6 Tablet Kunyah/Strip) – Hemat Borongan di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Nature’s Plus Vitamin D3 400 IU 90 Kapsul

Nature’S Plus Vitamin D3 adalah suplemen makanan yang mengandung vitamin D3 atau cholecalciferol. Molekul dari vitamin D3 ini berperan aktif dalam mempercepat penyerapan kalsium ke dalam tulang, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan beberapa penyakit. 

Ibu hamil dan menyusui juga dapat mengonsumsi suplemen ini, untuk memenuhi kebutuhan kalsium pada masa kehamilan dan pertumbuhan Si Kecil. 

Sebagai peningkat daya tahan tubuh, kamu bisa mengonsumsi suplemen ini sebanyak 1 kapsul per hari sesudah makan. 

Rentang harga: Rp72.000 – Rp316.300 per botol.

Dapatkan Nature’s Plus Vitamin D3 400 IU 90 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Holisticare Ester C 4 Tablet

Rekomendasi vitamin untuk bantu perkuat imun tubuh selanjutnya adalah Holisticare Ester C.

Ini adalah suplemen yang diproses secara alamiah sehingga menghasilkan metabolit yang mengoptimalkan penyerapan dan penyimpanan dalam tubuh. 

Holisticare mengandung ester-c sebesar 320 miligram dan kalsium 27.33 miligram can citrus bioflavonoid 100 miligram.

Kamu bisa meminumnya 1-3 tablet sehari atau sesuai anjuran dokter. 

Rentang harga: Rp8.600 – Rp9.000 per strip.

Dapatkan Holisticare Ester C 4 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah beberapa rekomendasi vitamin untuk COVID-19 yang bagus dan bisa kamu pilih. Sementara itu, jika kamu terinfeksi coronavirus, Ini 5 Cara Memulihkan Anosmia Akibat COVID-19.

Jika kamu masih ingin cari produk vitamin lainnya, kamu bisa kunjungi Toko Kesehatan Halodoc.  Menariknya, pesanan kamu bisa tiba ke tempatmu kurang dari satu jam. Pesan sekarang juga!

Referensi:
British Medical Journal. Diakses pada 2024. Effect of vitamin D supplementation on inflammation: protocol for a systematic review.
Elsevier Journal. Diakses pada 2024. Relevance of vitamin D3 in COVID-19 infection. 
The Role of Vitamin D deficiency in COVID-19 related deaths in BAME, Obese and Other High-risk Categories. Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Vitamin C.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan