Ini Resep Spaghetti Aglio Olio ala Restoran yang Mudah Dibuat di Rumah

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   26 Juli 2023

“Beberapa tambahan yang umum dalam spaghetti aglio olio adalah saus pesto, jamur, udang, keju parmesan, atau potongan daging. Variasi ini memungkinkan setiap orang untuk menyesuaikan aglio olio sesuai dengan selera masing-masing.”

Ini Resep Spaghetti Aglio Olio ala Restoran yang Mudah Dibuat di RumahIni Resep Spaghetti Aglio Olio ala Restoran yang Mudah Dibuat di Rumah

Halodoc, Jakarta – Spaghetti aglio olio adalah salah satu hidangan pasta yang populer dan berasal dari Italia. Nama “aglio olio” dalam bahasa Italia secara harfiah berarti “bawang putih dan minyak zaitun.” Nama ini merujuk pada bahan utama dan saus sederhana dalam hidangan ini.

Pada menu ini, bawang putih cincang halus dan cabai merah kering goreng dalam minyak zaitun extra virgin untuk menciptakan saus yang harum dan lezat. Bawang putih dan cabai merah memberikan cita rasa pedas dan kaya yang menjadi ciri khas dari hidangan ini.

Rekomendasi Resep Spaghetti Aglio Olio

Berikut adalah resep rahasia untuk membuat aglio olio yang lezat dan menggugah selera:

Bahan-bahan:

  • 200 gram spaghetti atau pasta pilihan.
  • 4 siung bawang putih, cincang halus.
  • 1 sendok teh cabai merah kering, hancurkan (sesuai dengan tingkat kepedasan yang diinginkan).
  • 1/3 cangkir minyak zaitun extra virgin.
  • 1 sendok makan mentega.
  • 1/4 cangkir daun peterseli cincang halus.
  • Garam secukupnya.
  • Lada hitam bubuk secukupnya.
  • Keju parmesan parut (opsional).

Cara membuat:

1. Rebus spaghetti atau pasta pilihan sesuai petunjuk kemasan. Pastikan air rebusan dengan sedikit minyak zaitun dan garam, agar pasta tidak lengket dan memiliki rasa yang gurih. Setelah matang, tiriskan dan sisihkan.

2. Panaskan minyak zaitun dalam wajan besar dengan api sedang. Tambahkan cincangan bawang putih dan cabai merah kering. Selanjutnya, tumis bawang putih hingga harum dan berwarna keemasan, dan cabai merah hingga terlihat renyah.

3. Setelah bawang putih dan cabai merah matang, tambahkan mentega ke dalam wajan. Kemudian, aduk hingga mentega meleleh dan menyatu dengan minyak zaitun.

4. Masukkan spaghetti dan rebus ke dalam wajan. Kemudian, aduk rata hingga semua pasta terbalut dengan saus bawang putih dan cabai merah. Pastikan semua pasta terasa kenyal dan harum dengan bumbu yang telah diolah.

5. Tambahkan daun peterseli cincang ke dalam wajan. Selanjutnya, aduk lagi hingga peterseli tercampur merata dengan pasta.

6. Beri garam dan lada hitam bubuk secukupnya sesuai selera. Kemudian, aduk kembali untuk menyempurnakan cita rasa aglio olio.

7. Sajikan aglio olio di atas piring saji. Kemudian, taburkan dengan keju parmesan parut untuk memberikan tambahan cita rasa yang gurih.

Untuk teman aglio olio, kamu bisa memasak jamur crispy dan matcha latte. Yuk, intip cara membuatnya di artikel ini:

Tips Membuat Spaghetti Aglio Olio Buat yang sedang Diet

Dengan menambahkan sayuran segar dan bahan-bahan vegetarian lainnya, hidangan ini bisa menjadi alternatif pilihan buat yang sedang diet. Seperti apa tipsnya:

1. Pilih pasta whole wheat

Pilihlah jenis pasta whole wheat atau pasta gandum utuh. Pasta whole wheat mengandung serat yang lebih tinggi daripada pasta putih biasa. Sehingga, akan lebih lambat dicerna dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain itu, pasta whole wheat juga mengandung lebih banyak nutrisi dan vitamin.

2. Tambahkan lebih banyak sayuran 

Agar lebih sehat dan kaya nutrisi, tambahkan banyak sayuran ke dalam hidangannya. Kamu bisa menambahkan paprika merah, brokoli, zucchini, bayam, atau jamur. Sayuran akan memberikan tekstur yang menarik dan meningkatkan kandungan serat serta vitamin dalam hidangan.

3. Batasi penggunaan garam dan keju 

Saat memasak, batasi penggunaan garam dan keju. Garam dan keju mengandung sodium yang tinggi, yang bisa meningkatkan retensi air dalam tubuh dan menyebabkan pembengkakan pada beberapa orang.

4. Perbanyak daun peterseli

Peterseli mengandung vitamin C dan K serta antioksidan yang baik untuk kesehatan. Selain itu, peterseli memberikan rasa segar yang khas pada hidangan tanpa menambah banyak kalori.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat menikmati spaghetti aglio olio yang lezat dan juga menyehatkan. Selamat mencoba!

Referensi:
Detik Food. Diakses pada 2023. 3 Resep Spaghetti Aglio Olio Populer ala Restoran.
Kompas.com. Diakses pada 2023. Resep Spaghetti Aglio Olio, Modal Bawang Putih dan Bubuk Cabai. 
Resep Koki. Diakses pada 2023. Resep Spaghetti Aglio Olio.
Themediterraneandish.com. Diakses pada 2023. Spaghetti Aglio E Olio.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan