Ini Tata Cara Menggunakan Masker Madu untuk Wajah

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   05 Juni 2023

“Menggunakan masker madu alami bisa digunakan sebagai solusi untuk mengatasi berbagai jenis masalah kulit. Mulai dari kulit berjerawat, kulit kusam, bahkan kulit sensitif.”

Ini Tata Cara Menggunakan Masker Madu untuk WajahIni Tata Cara Menggunakan Masker Madu untuk Wajah

Halodoc, Jakarta – Madu telah lama digunakan sebagai bahan utama untuk kesehatan dan kecantikan. Dalam bentuk alaminya, madu adalah kombinasi antara aktivitas enzim, materi tumbuhan, dan bakteri hidup. 

Proses unik ini membuat madu sangat bermanfaat untuk perawatan wajah, seperti membersihkan jerawat, menyembuhkan bekas luka, dan meratakan warna kulit.  

Untuk mendapatkan manfaat kecantikannya, kamu bisa menggunakan masker madu untuk wajah. Mau tahu bagaimana caranya? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Berbagai Manfaat Madu untuk Wajah

Madu murni mengandung berbagai komponen yang bermanfaat untuk kulit. Salah satunya yaitu membantu menyeimbangkan bakteri, yang berguna untuk mengatasi jerawat. 

Madu manuka merupakan jenis madu yang bersifat antiinflamasi dan telah dipelajari sebagai salah satu agen dalam produk skincare. Produk ini  terbukti ampuh untuk mengatasi jerawat dibandingkan komposisi lainnya.

Tak hanya cocok untuk kulit berjerawat, madu juga cocok untuk tipe kulit sensitif yang memiliki eksim. Madu yang tidak melewati proses pasteurisasi dapat  mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi peradangan.

Selain itu, menggunakan masker madu untuk wajah, juga berfungsi sebagai eksfoliator alami yang dapat mengikis kulit kering dan kusam, dan menggantinya dengan sel-sel kulit baru. 

Selain bermanfaat untuk wajah, kenali juga manfaat madu lainnya, di sini, “Kenali Manfaat Madu Hutan Bagi Kesehatan Tubuh.”

Cara Menggunakan Masker Madu untuk Wajah

Menggunakan masker madu untuk wajah sebenarnya cukup simpel, tetapi untuk mengatasi masalah kulit tertentu, kamu harus mengombinasikannya dengan bahan lain. Berikut beberapa resep masker madu untuk wajah dan cara menggunakannya.

1. Masker madu untuk menutrisi kulit

Untuk memberikan nutrisi pada kulit, kamu bisa menggunakan kombinasi antara madu manuka dengan kayu manis. Kayu manis memiliki sifat antimikroba, antiparasit, dan antioksidan, kombinasi keduanya dapat menenangkan kulit dan membuat kulit terlihat lebih glowing. Berikut cara membuat dan mengaplikasikannya:

  • Campurkan satu sendok teh bubuk kayu manis dan dua sendok teh madu.
  • Oleskan campuran tersebut pada wajah dan diamkan selama 10 menit.
  • Bilas masker menggunakan air hangat dan tepuk-tepuk kulit dengan lembut untuk mengeringkannya.

2. Masker madu untuk mencerahkan wajah

Karena madu memiliki sifat eksfoliasi, menggunakan masker madu untuk wajah dapat menghilangkan sel kulit mati dan meratakan warna kulit. Alhasil kulit pun terlihat lebih cerah. Bahan-bahan yang kamu perlukan untuk membuat masker ini yaitu:

  • Siapkan satu sendok teh perasan lemon, satu sendok teh madu, satu sendok teh yogurt, dan seperempat sendok teh bubuk kunyit.
  • Campurkan bahan-bahan tersebut hingga teksturnya berubah menjadi pasta kental.
  • Oleskan campuran masker ke seluruh wajah dan diamkan selama dua puluh menit.
  • Bilas wajah dengan air hangat.

3. Masker madu untuk wajah berjerawat

Kombinasi soda kue, jus lemon, dan madu, bisa kamu gunakan sebagai masker madu untuk wajah berjerawat. Soda kue memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri, sementara itu campuran jus lemon dan madu, dapat mengeksfoliasi kulit sekaligus memberikan kelembapan pada kulit. Untuk membuatnya lakukanlah langkah-langkah berikut:

  • Siapkan satu sendok teh jus lemon, satu sendok teh madu, dan satu sendok teh soda kue.
  • Campurkan bahan-bahan tersebut dan aduk rata.
  • Oleskan campuran masker tersebut dengan lembut ke seluruh wajah dan hindari area sekitar mata.
  • Biarkan masker menyerap selama lima belas menit dan bersihkan dengan air hangat.

Namun hal yang perlu diingat, sebaiknya berhati-hatilah dengan jus lemon dan soda kue, pasalnya kedua bahan ini cenderung keras di kulit. Pastikan bahwa kamu tidak memiliki alergi pada bahan-bahan tersebut, supaya jerawat tidak bertambah parah.

Itulah resep dan tata cara mengaplikasikan masker madu untuk wajah. Apabila kamu memerlukan tips kecantikan lainnya, kamu bisa tanyakan langsung dengan dokter kulit melalui aplikasi Halodoc. Yuk download Halodoc di ponselmu sekarang juga.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. How Applying Honey to Your Face Can Help Your Skin.
Healthyshots. Diakses pada 2023. These 5 DIY honey face masks are guaranteed to work magic on your skin.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan