Inilah Berbagai Terapi yang Sering Dilakukan untuk Mengobati Skizofrenia

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   19 September 2022

“Pengobatan skizofrenia bertujuan untuk mengendalikan dan meredakan gejala. Salah satunya adalah dengan terapi yang merupakan metode paling sering dilakukan untuk mengobati skizofrenia.”

Inilah Berbagai Terapi yang Sering Dilakukan untuk Mengobati SkizofreniaInilah Berbagai Terapi yang Sering Dilakukan untuk Mengobati Skizofrenia

Halodoc, Jakarta – Skizofrenia merupakan salah satu gangguan kesehatan mental yang cukup parah. Sebab, belum ada metode pengobatan yang dapat mencegah skizofrenia hingga kini. Pengobatan yang biasa dilakukan hanya bertujuan untuk mengendalikan dan meredakan gejala. Nah, terapi merupakan metode paling sering dilakukan untuk mengobati skizofrenia.

Studi menunjukkan bahwa pengobatan gangguan mental ini bisa dari kombinasi perawatan untuk meningkatkan keterampilan sosial dan kualitas hidup. Meski saat ini belum ada obat untuk gangguan ini, pengidap bisa mengatasinya dengan melakukan perawatan seperti terapi.

Jenis Terapi untuk Mengobati Skizofrenia

Skizofrenia akan berkembang secara bertahap sehingga seseorang tidak menyadari bahwa mereka memiliki kondisi tersebut selama bertahun-tahun. Kesehatan pasien akan memburuk dan akan ada kemungkinan lebih besar untuk mengalami kerusakan otak yang berkepanjangan jika masalah ini tidak segera ditangani.

Nah, berikut adalah penjelasan mengenai jenis terapi yang bisa dilakukan untuk mengobati skizofrenia.

  1. Cognitive Behavior Therapy (CBT)

Perawatan ini membantu dengan mengubah cara berpikir dan bereaksi terhadap berbagai hal. Ini juga akan mengajarkan pengidap untuk mengatasi perasaan negatif dengan mengubah pikiran menjadi positif.

Untuk melakukannya, pengidap perlu mengidentifikasi terlebih dahulu pola pemicu masalahnya. Ketika pengidap mengubah pola itu, gejala akan bisa berubah dan lebih diatur. CBT dapat membantu beberapa kondisi seperti:

  • Menyelesaikan masalah.
  • Memahami perilaku orang lain.
  • Menghadapi ketakutanmu.
  • Menemukan cara baru untuk bersantai dan rileks.
  • Meningkatkan keterampilan sosial.
  • Menurunkan kekambuhan.
  • Mengurangi gejala.
  • Membangun kepercayaan diri.
  1. Psikoterapi

Terapi ini juga disebut terapi berbicara. Pengidap akan berbicara dengan penyedia kesehatan mental seperti psikiater, psikolog, atau terapis.

Mereka akan berbicara tentang masalah yang dialami. Lalu, mereka akan belajar bagaimana mengubah pemikiran untuk membantu mengelola stres. Dalam psikoterapi, pengidap dapat bertemu terapis secara individu, atau orang lain  dan keluarga bergabung dalam sesi terapi.

  1. Terapi Keluarga

Terapi ini sangat cocok bagi orang-orang dengan skizofrenia daripada mereka yang memiliki kondisi kesehatan mental lainnya. Ini akan melibatkan keluarga sebagai peran pendukung bagi pengidap skizofrenia. Anggota keluarga dan penyedia layanan harus bekerja dalam terapi ini.

Terapi keluarga dapat membimbing pengidap skizofrenia untuk:

  • Mengurangi stres yang lebih rendah.
  • Mengelola situasi emosional.
  • Memproses emosi dengan lebih baik.
  • Menyelesaikan masalah.
  • Meningkatan keterampilan sosial.
  1. Terapi Psikososial

Dalam jenis perawatan ini, pengidap akan belajar bagaimana mengatasi stres saat datang dan mendapatkan solusi untuk menurunkan pemicu stres kedepannya. Pengidap akan berusaha membangun keterampilan yang dibutuhkan untuk menciptakan perasaan yang menyenangkan.

  1. Support Group Therapy 

Kelompok pendukung akan menyatukan orang-orang dengan masalah dan kondisi yang sama. Mereka membantu satu sama lain agar merasa tidak kesepian.

Pengidap akan berbicara tentang masalah yang dihadapi dan berbagi harapan. Pengidapnya juga dapat membangun persahabatan dan mendapatkan saran tentang cara mengelola gejala skizofrenia.

  1. Terapi Manajemen Diri

Jenis perawatan ini didasarkan pada keyakinan bahwa pengidap mengenal diri sendiri lebih baik daripada orang lain. Pengidap akan menetapkan tujuan dan membangun keterampilan yang dibutuhkan untuk mencapainya.

Terapi ini dapat dipraktikkan dalam kelompok atau bersama psikiater. Pengidap akan belajar mengelola gejala, menghadapi hal-hal yang memicu, dan membuat pilihan untuk memperbaiki hidup. Contoh terapi ini adalah berolahraga, pola makan sehat, menulis, bermeditasi, berbicara, dan bersosialisasi.

Itulah beberapa terapi untuk mengobati skizofrenia. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar kesehatan mental, download Halodoc saja untuk membuat janji medis dengan psikiater dan psikolog.

Referensi
NHS. Diakses pada 2022. Treatment – Schizophrenia.
WebMD. Diakses pada 2022. What Types of Therapy Treat Schizophrenia?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan