Inilah Manfaat Irigasi Telinga untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   04 Oktober 2023

“Irigasi telinga bermanfaat untuk mengeluarkan penumpukan kotoran pada telinga. Selain itu, tindakan ini juga bisa membantu untuk mengeluarkan benda asing yang secara tidak sengaja masuk ke dalam telinga.

Inilah Manfaat Irigasi Telinga untuk Kesehatan yang Perlu DiketahuiInilah Manfaat Irigasi Telinga untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Irigasi telinga adalah metode pembersihan telinga yang dilakukan oleh dokter spesialis telinga hidung dan tenggorokan (TH), untuk menghilangkan penumpukan kotoran pada telinga.

Tindakan ini dilakukan menggunakan alat yang serupa dengan alat suntik. Alat ini berfungsi untuk memasukkan cairan guna mengeluarkan kotoran atau benda asing yang terdapat dalam telinga.

Nah, mau tahu apa saja manfaatnya untuk kesehatan? Berikut ulasannya!

Manfaat Irigasi Telinga

Tentunya sebelum dokter spesialis THT melakukan tindakan ini, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, salah satunya memeriksa kondisi telinga.

Dokter akan memastikan gejala yang kamu alami terjadi akibat penumpukan kotoran berlebih, adanya benda asing di dalam telinga, atau gangguan kesehatan lainnya.

Cari tahu alasan membersihkan kotoran telinga wajib ke dokter THT melalui artikel ini “Alasan Membersihkan Kotoran Telinga Kering Harus ke THT”.

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa irigasi telinga yang akan dilakukan bisa bermanfaat dan menjadi pengobatan yang sesuai untuk kondisi kesehatan telinga. Dengan begitu, kamu bisa merasakan manfaatnya dengan baik.

Ada beberapa manfaat irigasi telinga yang perlu kamu ketahui, seperti:

1. Mengatasi penumpukan kotoran berlebih

Telinga dapat membersihkan dan mengeluarkan kotoran secara alami, tetapi adanya penumpukan kotoran yang berlebih membuat proses alami ini menjadi lebih sulit terjadi. 

Kotoran yang menumpuk tentunya dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Tidak hanya itu, kotoran telinga bisa memicu infeksi yang meningkatkan risiko gangguan kesehatan lainnya. 

Untuk itu, kondisi tersebut membutuhkan perawatan ini agar kesehatan telinga tetap terjaga dengan baik.

2. Mengeluarkan benda asing dari dalam telinga

Selain mengeluarkan kotoran yang menumpuk berlebih, irigasi telinga juga bisa kamu lakukan untuk mengeluarkan benda asing yang secara tidak sengaja masuk ke dalam telinga. 

Terkadang benda asing seperti makanan, serangga, batu kecil, hingga mainan kecil dapat masuk ke dalam telinga.

Pada kondisi ini, irigasi telinga berfungsi untuk mengeluarkan benda asing dengan cepat sebelum masuk lebih dalam dan memicu kerusakan yang lebih parah pada telinga.

3. Mencegah infeksi telinga

Penumpukan kotoran atau adanya benda asing dalam telinga dapat meningkatkan risiko infeksi telinga. Untuk itu, tindakan ini bisa menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah infeksi telinga.

Itulah beberapa manfaat irigasi telinga yang perlu kamu ketahui. Kamu juga bisa cari tahu prosedur irigasi telinga melalui artikel ini “Serba-serbi Irigasi Telinga dan Prosedur Melakukannya”.

Meskipun aman, tetapi prosedur ini juga dapat memicu efek samping. Contohnya seperti pusing, otitis eksterna, kerusakan telinga bagian tengah, hingga gangguan pada gendang telinga.

Nah, untuk meminimalisir efek samping, pastikan kamu melakukan irigasi telinga pada rumah sakit atau klinik dengan dokter spesialis THT.

Selain itu, kamu juga perlu menjaga kesehatan dan kebersihan telinga untuk mencegah adanya penumpukan kotoran berlebih.

Berikut tips menjaga kebersihan dan kesehatan telinga, seperti:

  • Rutin bersihkan daun telinga setelah mandi.
  • Jangan membersihkan bagian dalam telinga dengan alat yang lebih kecil dari jari dan ujung yang tajam.
  • Jangan terlalu sering menggunakan cotton bud. Jika ada kotoran yang mengganggu, segera kunjungi dokter spesialis THT.
  • Rutin melakukan pemeriksaan ke rumah sakit atau klinik THT.
  • Jika mengalami rasa tidak nyaman pada telinga, segera lakukan pemeriksaan.
  • Pastikan kamu rajin membersihkan bagian piercing atau tindikan pada telinga agar tidak memicu infeksi atau penumpukan kotoran yang memicu bakteri.

Kelompok yang Sebaiknya Tidak Melakukan Irigasi Telinga

Selain itu, pastikan kamu melakukan pemeriksaan sebelum melakukan tindakan ini. Hal ini karena tidak semua orang dapat melakukan irigasi telinga. Ada beberapa kelompok orang yang sebaiknya tidak melakukan perawatan ini, seperti:

  • Mengalami kerusakan gendang telinga atau memiliki riwayat tersebut.
  • Memiliki gangguan dengan imun tubuh.
  • Sedang mengalami infeksi pada saluran telinga.
  • Seseorang yang mengonsumsi obat pengencer darah.
  • Memiliki anatomi telinga yang tidak normal.

Itulah berbagai manfaat seputar irigasi telinga. Selain itu, cari tahu berbagai hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan perawatan ini melalui “Ini Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Melakukan Irigasi Telinga”.

Jangan ragu untuk tanyakan langsung pada dokter spesialis THT melalui Halodoc jika mengalami kondisi tidak nyaman pada telinga.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2023. What to Know about Ear Irrigation.
Healthline. Diakses pada 2023. Ear Irrigation.
Very Well Health. Diakses pada 2023. Pros and Cons of Ear Irrigation.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Ear Care Tips.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan