Inilah 9 Manfaat Laser Hair Removal dan Prosedurnya

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 Januari 2024

“Laser hair removal bisa menghilangkan bulu secara efektif dan menghambat pertumbuhannya dalam waktu cukup lama. Meskipun bisa menimbulkan sedikit rasa tidak nyaman, prosedur kecantikan ini tergolong aman.”

Inilah 9 Manfaat Laser Hair Removal dan ProsedurnyaInilah 9 Manfaat Laser Hair Removal dan Prosedurnya

Halodoc, Jakarta – Bagi kebanyakan wanita, pertumbuhan bulu berlebih di beberapa bagian tubuh tertentu bisa menurunkan kepercayaan diri. Untuk mengatasi masalah tersebut, laser hair removal adalah salah satu tindakan yang bisa kamu pilih. 

Laser hair removal adalah prosedur medis yang menggunakan sinar cahaya (laser) terkonsentrasi untuk menghilangkan rambut yang tidak kamu inginkan. Metode menghilangkan bulu dengan laser efektif untuk orang yang memiliki kulit terang dan rambut gelap, tetapi bisa berhasil pada semua jenis kulit.

Mau tahu lebih jauh tentang manfaat dan prosedur dari perawatan ini? Baca di sini!

Berbagai Manfaat Laser Hair Removal

Tindakan ini memang merupakan metode yang efektif untuk menghilangkan rambut yang tidak kamu inginkan. Penggunaan sinar cahaya atau laser dapat merusak folikel, sehingga berhenti menghasilkan rambut.

Cari tahu berbagai jenis laser untuk wajah melalui artikel “5 Jenis Laser Wajah dan Manfaatnya untuk Kecantikan”.

Ada beberapa manfaat dari tindakan menghilangkan bulu dengan laser ini, antara lain:

1. Menghilangkan bulu dengan cepat

Tindakan ini dapat menghilangkan bulu dengan waktu persiapan yang singkat dan tingkat efektivitas yang konsisten.

Prosedurnya sangat cepat dengan tiap sesinya membutuhkan waktu hanya 20 menit. Meski begitu, lama tindakan bergantung pada target area.

Jika ingin menghilangkan bulu ketiak yang tidak sakit, kamu bisa baca di artikel: 3 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak yang Tidak Bikin Sakit

2. Tepat sasaran

Prosedur kecantikan ini juga menggunakan laser yang terkonsentrasi, sehingga memberikan hasil yang presisi untuk menghilangkan rambut yang tidak diinginkan. Bahkan, laser hair removal tidak akan merusak kulit sedikit pun selama prosedur. Dengan begitu, kulit tetap sehat dan mulus tanpa bulu.

3. Mencegah munculnya gangguan kesehatan kulit

Melansir dari Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery dengan judul Unconventional Uses of Laser Hair Removal: A Review, menunjukkan bahwa melakukan perawatan laser hair removal dapat mengurangi risiko penyakit kulit tertentu. 

Salah satunya mengurangi folikulitis decalvan atau peradangan yang terjadi pada folikel rambut. Kondisi ini ditandai dengan munculnya papula dan pustula folikular serta folikulitis berumbai yang disertai dengan alopecia cicatricial.

Kondisi ini biasanya akan diatasi dengan pemberian antibiotik, tetapi laser hair removal juga bisa membantu mengatasi gangguan kesehatan ini.

Bukan hanya mengatasi peradangan pada folikel rambut saja, laser treatment ini juga bisa mencegah pertumbuhan rambut yang menyimpang hingga pengurangan atau penghilangan rambut secara permanen.

Hal ini jauh berbeda dengan metode waxing untuk mencabut rambut hingga ke akarnya. Bahkan, rasa sakitnya bisa membuat orang enggan melakukannya lagi. 

Mau tahu lebih jauh mengenai waxing? Baca di artikel ini: “Waxing Vs Cukur Ketiak, Mana yang Lebih Aman?

4. Tidak terlalu sakit

Salah satu manfaat dan keunggulan lainnya dari perawatan ini adalah tidak terlalu menimbulkan rasa sakit. Denyut laser terasa seperti tusukan peniti hangat atau karet gelang yang dijepret ke kulit. Rasanya tidak nyaman tapi masih tertahankan.

5. Mencegah munculnya rambut yang tumbuh ke dalam (ingrown hair)

Perawatan kulit yang dilakukan oleh dokter ini ini bisa mencegah pertumbuhan rambut yang tumbuh ke dalam atau ingrown hair. Kondisi ini dapat menyebabkan munculnya benjolan dan rasa gatal pada kulit.

Bahkan, kondisi ini dapat menyebabkan peradangan dan kemerahan. Ingrown hair dapat mengalami infeksi yang menyebabkan rasa nyeri.

6. Menjaga kulit tetap sehat

Menghilangkan bulu menggunakan metode ini bisa mengurangi tingkat risiko kerusakan kulit atau breakout. Perawatan ini juga bisa mencegah perubahan warna kulit menjadi lebih gelap akibat iritasi kulit.

Selain itu, laser hair removal mampu menjaga kulit tetap sehat dan menurunkan risiko perubahan tekstur pada kulit.

7. Tidak membutuhkan perawatan yang rumit

Perawatan ini tidak membutuhkan perawatan yang rumit setelahnya. Hair removal treatment dapat menghilangkan rambut halus dalam waktu yang cukup lama, sehingga kamu tidak perlu untuk melakukan perawatan berulang dalam waktu yang dekat.

8. Risiko efek samping kecil

Berbeda dengan waxing, melakukan laser hair removal memiliki risiko efek samping lebih kecil. Bahkan, efek samping perawatan ini terbilang ringan dan dapat membaik dengan sendirinya dalam beberapa hari. 

Namun, segera tanyakan pada dokter spesialis kulit jika efek samping yang terjadi tidak membaik dalam waktu beberapa hari. 

9. Hasilnya bisa tahan lebih lama

Tidak serupa dengan waxing, mencabut bulu, atau mencukur yang dapat menumbuhkan kembali rambut dalam waktu yang cepat. Rambut yang hilang menggunakan laser hair removal, biasanya tidak akan muncul selama beberapa bulan ke depan. 

Meskipun rambut tumbuh kembali, kondisinya tidak akan kasar dan lebih terang. Sehingga tidak akan terlalu terlihat. Bahkan, jika kamu sudah melakukan perawatan secara rutin, rambut dapat hilang secara permanen.

Bagi kamu yang masih bingung antara waxing dan cukur, artikel Waxing Ketiak Vs Cukur Ketiak, Mana yang Lebih Aman? tepat untuk kamu baca

Apakah Laser Hair Removal Membuat Bulu Akan Hilang Permanen?

Selain cepat, metode penghilangan bulu dengan laser ini efektif menunda pertumbuhan rambut untuk waktu yang lama, yaitu bisa berbulan-bulan bahkan tahunan. 

Namun, tindakan ini mungkin tidak bisa menghilangkan rambut secara permanen. Meski begitu, ketika rambutnya tumbuh kembali, bulu tersebut pun tidak terlalu kasar dan kurang terlihat.

Untuk mendapatkan hasil tersebut pun kamu perlu melakukan perawatan secara rutin. Kamu tidak akan merasakan hasilnya dengan optimal jika hanya melakukan satu kali perawatan saja.

Tidak ada salahnya cari tahu lebih banyak mengenai metode hair removal lainnya melalui artikel ini “Metode Hair Removal untuk Menghilangkan Rambut di Tubuh”.

Kamu bisa temukan produk tabir surya yang disarankan dokter di Toko Kesehatan Halodoc.✔️ Bisa pilih pengiriman instan yang cepat dengan kemasan yang aman tersegel.

banner seo toko kesehatan
Referensi:
Bryn Mawr Dermatology. Diakses pada 2023. 10 Benefits of Laser Hair Removal.
WebMD. Diakses pada 2023. Laser Hair Removal.
American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 2023. Laser Hair Removal: FAQS.
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Laser hair removal.
Bryn Mawr Dermatology. Diakses pada 2023. 10 Benefits of Laser Hair Removal.
Healthline. Diakses pada 2023. What Are the Side Effects of Laser Hair Removal?
Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery. Diakses pada 2023. Unconventional Uses of Laser Hair Removal: A Review.
Healthline. Diakses pada 2023. Laser Hair Removal: Reduce Unwanted Hair.
CYB. Diakses pada 2023. 19 Benefits of Laser Hair Removal.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan