• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Metode Hair Removal untuk Menghilangkan Rambut di Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Metode Hair Removal untuk Menghilangkan Rambut di Tubuh

Metode Hair Removal untuk Menghilangkan Rambut di Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 20 Oktober 2022

“Ada sejumlah metode untuk menghilangkan rambut di bagian tubuh. Beberapa opsinya yaitu cukur, waxing dan threading.”

Metode Hair Removal untuk Menghilangkan Rambut di TubuhMetode Hair Removal untuk Menghilangkan Rambut di Tubuh

Halodoc, Jakarta – Lebat atau tidaknya rambut di tubuh seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor. Mulai dari genetik, kadar hormon sampai obat-obatan yang sedang digunakan. Bagi sebagian orang, rambut yang terlalu lebat ini bukan masalah. Sisanya mungkin merasa terganggu sampai menurunkan rasa percaya diri. 

Mencukur merupakan salah satu metode hair removal yang paling sering digunakan. Sayangnya, rambut yang dicukur umumnya tumbuh kembali dalam waktu cepat. Selain itu, salah mencukur juga bisa menimbulkan iritasi dan gatal-gatal. 

Berbagai Metode Hair Removal di Bagian Tubuh

Selain mencukur, ada pilihan metode lainnya yang bisa dicoba untuk menghilangkan rambut di tubuh, seperti:

1. Mencabut bulu

Plucking atau mencabut rambut termasuk metode hair removal yang cukup menyakitkan. Namun, cara ini mungkin efektif bagi seseorang yang rambutnya cenderung sedikit. 

Plucking juga bisa dilakukan jika kamu ingin menghilangkan rambut di bagian tertentu saja, seperti alis atau bulu di bagian wajah. Metode ini amat tidak dianjurkan untuk area yang luas karena berisiko menyebabkan rambut tumbuh ke dalam atau jaringan parut. 

2. Krim penghilang bulu

Obat penghilang rambut kini banyak diperjualbelikan tanpa resep dokter. Bahan kimia di dalamnya bekerja dengan cara melarutkan batang rambut sehingga akan rontok dengan sendirinya. 

Kandungannya tidak selalu sama, sehingga kamu wajib membaca informasi kandungannya terlebih dahulu sebelum membelinya. Misalnya, jangan menggunakan krim penghilang rambut kemaluan untuk menghilangkan rambut di wajah.

Selain itu, gunakan sesuai aturan yang tertera pada label. Hindari menggunakannya terlalu lama karena bisa menimbulkan sensasi terbakar pada kulit. Jika kulit cenderung sensitif atau punya reaksi alergi, lakukan tes tempel terlebih dahulu. Oleskan sedikit krim ke bagian pergelangan tangan dan biarkan beberapa saat. Jika tidak timbul gatal, kemerahan dan ruam, produk kemungkinan aman digunakan. 

3. Waxing

Metode ini bisa kamu lakukan di rumah atau di salon. Namun, waxing termasuk metode yang lumayan berisiko. Jika dilakukan dengan tidak tepat akan terasa menyakitkan atau hasil yang tidak merata. 

Infeksi adalah salah satu efek samping yang harus diwaspadai. Kamu juga tidak dianjurkan menggunakan metode ini jika sedang menggunakan krim jerawat resep atau mengonsumsi isotretinoin. 

4. Threading

Threading adalah metode tradisional asal India untuk menghilangkan rambut. Jenis hair removal ini umumnya hanya dilakukan pada salon untuk merapikan bulu alis.  Metodenya dilakukan dengan mengikat benang menjadi lingkaran. 

Lingkaran tersebut lalu diputar beberapa kali sampai berbentuk menyerupai jam pasir. Terapis kecantikan kemudian menggunakan benang tersebut di atas bulu yang akan dihilangkan. 

5. Laser

Laser adalah salah satu metode hair removal yang paling tahan lama dan lumayan menguras kantong. Namun, kamu mungkin butuh empat atau lebih perawatan dengan jarak 4 sampai 6 minggu. Sinar yang dipancarkan laser berfungsi menghancurkan rambut sampai akar-akarnya. 

6. Elektrolisis

Metode yang satu ini hanya bisa dilakukan oleh profesional. Caranya dengan menempatkan jarum kecil yang dialiri arus listrik ke folikel rambut. Ada dua metode elektrolisis, yaitu galvanik dan termolitik.

Metode galvanik dilakukan dengan bahan kimia untuk menghancurkan folikel rambut. Sementara termolitik menggunakan panas untuk menghancurkan folikel.

Punya keluhan kesehatan? Segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat diagnosis yang tepat. Kalau kamu berencana mengunjungi rumah sakit, buat janji rumah sakit melalui aplikasi Halodoc supaya lebih mudah dan praktis. Jangan tunda untuk memeriksakan diri sebelum kondisinya semakin memburuk. Download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Hair Removal Options.
Verywell Health. Diakses pada 2022. Pros and Cons of Different Hair Removal Methods.