Intip Tips Aman Datang ke Resepsi saat Pandemi COVID-19

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   30 Desember 2020
Intip Tips Aman Datang ke Resepsi saat Pandemi COVID-19Intip Tips Aman Datang ke Resepsi saat Pandemi COVID-19

Halodoc, Jakarta – Pandemi COVID-19 yang mulai terjadi di awal tahun ini tidak hanya memberikan dampak pada berbagai bidang kehidupan, tapi juga membuat banyak rencana penyelenggaraan acara-acara besar terpaksa harus batal atau ditunda, termasuk pesta pernikahan.

Tidak sedikit pasangan pengantin yang akhirnya harus menunda pernikahan mereka sampai waktu yang belum bisa ditentukan, tapi ada juga sebagian pasangan yang memutuskan untuk tetap melanjutkan pernikahan dengan membuat pesta kecil sebagai gantinya.

Baca juga: Cara Aman Traveling Agar Terhindar dari Virus Corona

Entah itu kerabat atau teman baik yang menikah, bila kamu merasa tidak nyaman untuk menghadiri pesta pernikahan di masa seperti sekarang ini, kamu berhak untuk menolak datang. Namun, bila kamu memutuskan untuk hadir, berikut ini tips aman menghadiri pesta pernikahan agar kesehatan dan keselamatan kamu dan orang lain tetap terjaga.

1.Selalu Kenakan Masker

Mengenakan masker adalah cara paling efektif agar kamu bisa menghadiri pesta pernikahan dengan aman dan nyaman. Bahkan bila kamu berada di luar ruangan, tetap patuhi protokol kesehatan dan kenakan masker, apalagi bila kamu berada dalam jarak dekat dengan orang lain. Kamu harus tetap mengenakan masker, termasuk saat berfoto bersama pengantin dan kerabat yang datang ke resepsi.

Di masa new normal seperti sekarang ini, masker sudah menjadi perlengkapan yang wajib digunakan saat kamu ingin bepergian ke mana pun, termasuk menghadiri pesta pernikahan. Jangan khawatir, kamu tetap bisa tampil cantik kok meski mengenakan masker. Kini, banyak dijual masker dengan desain yang mewah dan elegan yang cocok digunakan untuk menghadiri acara formal, seperti pesta pernikahan.

Baca juga: Ini Masker yang Tepat untuk Cegah Virus Corona

2.Tetap Menjaga Jarak

Virus Corona sangat mudah menular, sehingga penting untuk menjaga jarak dengan orang lain. Tidak bisa memberi pelukan ucapan selamat kepada sahabat terdekat yang sedang menikah memang menyedihkan. Namun ingat, saat ini yang terpenting adalah menjaga keamanan semua orang. Sebagai tamu undangan yang baik, kamu tentunya tidak mau membuat pasangan pengantin merasa tidak nyaman dengan berdiri terlalu dekat dengan mereka. 

Oleh karena itu, tetap menjaga jarak sejauh enam kaki dengan orang lain selama menghadiri pesta pernikahan. Hal ini dapat menjadi tantangan tersendiri, tapi dengan sedikit perhatian ekstra, kamu masih bisa merayakan momen bahagia tersebut bersama teman dan keluarga dari jarak yang aman.

3.Sering Cuci Tangan

Beberapa pakar kesehatan percaya bahwa virus Corona bisa menempel di berbagai benda dan menular dengan melakukan kontak dengan benda yang sudah terkontaminasi tersebut. Penting untuk mencuci tangan sesering mungkin.

Cara terbaik adalah pergi ke kamar mandi dan cuci tangan kamu dengan sabun dan air hangat selama 20 detik. Namun, kamu juga dianjurkan untuk selalu membawa hand sanitizer berbahan dasar alkohol, sehingga kamu bisa membersihkan tangan kamu sesering mungkin selama perayaan.

4.Tetap Berada di Luar Ruangan Sebisa Mungkin

Menurut para pakar kesehatan, lebih aman untuk berada di luar ruangan daripada di dalam ruangan saat menghadiri acara seperti resepsi pernikahan. Jadi, bila pesta pernikahan diselenggarakan di tempat tertutup, atur waktu kedatangan kamu, sehingga kamu bisa datang tepat saat acara dimulai, sehingga bisa segera pergi setelah acara selesai. Bila pesta pernikahan diselenggarakan di tempat yang memiliki dua area, yaitu indoor dan outdoor, pilihlah untuk berada di outdoor dalam kebanyakan waktu.

5.Mengurangi Sosialisasi sebelum Menghadiri Pesta Pernikahan

Bila kamu ingin menghadiri pesta pernikahan selama pandemi COVID-19, ada baiknya kamu mengurangi bersosialisasi dengan orang lain sebelum acara tersebut. Artinya, lewatkan hang out bersama teman-teman di restoran, berbelanja di mall, kencan di café, kecuali benar-benar penting. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi risiko tertular virus dan menyebarkannya di pesta pernikahan yang akan kamu hadiri nanti. 

Baca juga: Jaga Pernikahan Tetap Langgeng saat Corona

Kamu juga bisa melakukan tes COVID-19 sebelum acara untuk mengonfirmasi apakah kamu terkena virus atau tidak. Bila kamu ingin melakukan tes COVID-19, buat janji melalui aplikasi Halodoc saja, karena ada diskon 8 persen sampai dengan 50.000 rupiah mulai dari tanggal 25 sampai 31 Desember. Diskon tersebut hanya bisa digunakan satu kali oleh setiap pengguna dan diaplikasikan secara manual.

Itulah beberapa tips aman datang ke resepsi pernikahan saat pandemi. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga.

Referensi:
The Knot. Diakses pada 2020. What to Do If You're Invited to a Wedding During COVID


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan