• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jaga Pernikahan Tetap Langgeng saat Corona

Jaga Pernikahan Tetap Langgeng saat Corona

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Pandemi COVID-19, yang disebabkan karena virus corona terus meningkat hingga hari ini (20/4). Melansir dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) hingga kemarin (19/4), sudah terjadi 2.241.359 kasus penyebaran COVID-19 di dunia. Banyak dampak yang dialami oleh masyarakat dunia akibat penyebaran virus corona. Tidak hanya meningkatkan gaya hidup sehat, di Tiongkok, pandemi virus corona juga mengakibatkan meningkatnya angka perceraian. 

Baca juga: Hanya Butuh Ini Agar Hubungan Bersama Pasangan Sehat dan Langgeng

Mengapa demikian? Pandemi virus corona menyebabkan masyarakat harus melakukan pengisolasian diri di rumah untuk menekan angka penyebaran virus corona. Melansir dari Los Angeles Time, Darby Saxbe, psikolog pada USC Center for the Changing Family, mengatakan, bagi pasangan yang memiliki komunikasi baik, kondisi ini membangun pendekatan emosional. Namun, bagi pasangan yang sebelumnya sulit untuk berkomunikasi dengan baik, situasi seperti ini dapat menyebabkan angka perceraian meningkat.

Corona, Isolasi Diri, dan Perceraian

Isolasi diri menjadi salah satu cara yang dilakukan oleh dunia untuk menekan angka penyebaran COVID-19. Kondisi ini menyebabkan kamu harus melakukan berbagai aktivitas dari dalam rumah, misalnya bekerja hingga belajar. 

Menurut Darby Saxbe, ada beberapa orang yang merancang rumahnya agar bisa melakukan kegiatan santai, namun tidak semua orang melakukan itu. Beberapa orang akan merasakan bosan dan stres saat harus berada di rumah dalam jangka waktu yang cukup panjang. Rasa bosan dan stres yang tidak diatasi pada pasangan yang sudah menikah berisiko meningkatkan angka perceraian

Selain itu, komunikasi yang tidak berjalan dengan baik selama masa karantina atau isolasi diri juga dapat membuat risiko perceraian pada pasangan suami istri semakin meningkat. Dilansir dari Huffpost, komunikasi yang buruk menjadi salah satu penyebab terbesar pasangan suami istri mengalami perceraian. 

Tidak ada salahnya di masa pandemi virus corona ini, pasangan suami istri memanfaatkan waktu isolasi untuk membangun kedekatan emosional agar hubungan dapat terjalin dengan baik. Banyak hal positif yang bisa dilakukan bersama dengan pasangan di masa karantina ini, salah satunya memastikan kesehatan kamu optimal dan terhindar dari virus corona. Kamu bisa langsung memeriksakan diri melalui aplikasi Halodoc agar kamu dan pasangan tetap sehat.

Baca juga: Jurus Menjalin Ikatan Keluarga yang Harmonis

Jaga Kehangatan dengan Pasangan Selama Pandemi Corona

Masa karantina yang dilakukan selama 24 jam tentunya dapat menyebabkan dampak positif dan negatif bagi pasangan suami dan istri. Nah, ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga hubungan baik dan kehangatan dalam rumah tangga selama pandemi COVID-19, yaitu:

1. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Melansir Huffpost, meluangkan waktu untuk diri sendiri menjadi salah satu kunci untuk membuat hubungan rumah tangga menjadi sukses. Melakukan kegiatan yang menyenangkan untuk diri sendiri membantu kamu untuk lebih dapat mengatur emosi dan menurunkan ketegangan dalam rumah tangga yang menjadi dampak akibat pandemi virus corona.

2. Kuatkan Pasangan

Tidak ada salahnya memberikan dukungan pada pasangan untuk melalui masa ini bersama-sama. Yakinkan pasangan bahwa kalian dapat melewati masa pandemi ini bersama-sama. Salah satu caranya dengan saling mengingat untuk selalu menjalankan gaya hidup bersih dan pola makan sehat agar sistem imun tubuh kamu dan pasangan meningkat.

3. Jalankan Komunikasi dengan Baik

Dilansir dari CNN Health, salah satu rahasia menjaga hubungan tetap baik dengan pasangan adalah menjalankan komunikasi yang baik. Tidak menutup kemungkinan, kebersamaan dengan pasangan dalam jangka waktu yang cukup lama selama masa pandemi ini membuat kamu merasa jenuh atau bosan.

Kondisi ini dapat memicu emosi akibat pembagian tugas rumah atau kebiasaan pasangan yang tidak dapat diterima dengan baik. Untuk mengatasi ini, sebaiknya utarakan hal yang membuat kamu tidak nyaman dengan baik agar pasangan mengerti. Hindari menggunakan kata-kata yang menyakitkan untuk menghindari konflik yang lebih buruk.

4. Lakukan Hal Menyenangkan Bersama

Hindari bosan dan jenuh dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan bersama-sama. Misalnya, bernyanyi  atau melakukan olahraga bersama. Selain mampu menurunkan tingkat stres akibat pandemi virus corona, olahraga juga dapat menjaga daya tahan tubuh agar kesehatan tetap optimal selama masa karantina.

Baca juga: 5 Tips Melawan Rasa Bosan dalam Pernikahan

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan bersama pasangan agar hubungan tetap langgeng dan harmonis selama masa karantina. Jangan lupa untuk tetap jaga kebersihan lingkungan dan diri agar kesehatanmu tetap optimal.

Referensi:
CNN Health. Diakses pada 2020. Can Your Marriage The Coronavirus?
Huffpost. Diakses pada 2020. Why Alone Time Is The Key to A Successful Marriage
Huffpost. Diakses pada 2020. Divorce Causes: 5 Communication Habits That Lead to Divorce
Los Angeles Time. Diakses pada 2020. How to Help Your Marriage Survive Coronavirus
World Health Organization. Diakses pada 2020. Global Update on Coronavirus Disease