• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Panik, Lakukan 7 Hal Ini saat Terjadi Gempa Bumi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Panik, Lakukan 7 Hal Ini saat Terjadi Gempa Bumi

Jangan Panik, Lakukan 7 Hal Ini saat Terjadi Gempa Bumi

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 22 November 2022

“Saat terjadi gempa bumi, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan. Salah satunya yaitu tidak panik dan sesegra mungkin pergi ke tempat yang lebih aman.”

Jangan Panik, Lakukan 7 Hal Ini saat Terjadi Gempa BumiJangan Panik, Lakukan 7 Hal Ini saat Terjadi Gempa Bumi

Halodoc, Jakarta – Gempa bumi bisa terjadi kapan saja, tanpa peringatan. Terlebih lagi, Indonesia masuk ke dalam kawasan Ring of Fire, atau dilalui oleh jalur pertemuan tiga lempeng tektonik. Di antaranya lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik.

Hal tersebut membuat Indonesia menjadi negara yang rawan bencana gempa bumi. Oleh karena itu, penting untuk tahu apa saja hal yang perlu kamu lakukan saat terjadi gempa bumi. Yuk simak tipsnya berikut ini!

Hal yang Perlu Kamu Lakukan saat Gempa Bumi

Gempa bumi adalah bencana alam berupa goncangan bumi yang tiba-tiba dan cepat. Penyebabnya adalah pergeseran batuan di bawah permukaan bumi. Alih-alih panik, berikut ini hal yang bisa kamu lakukan saat terjadi gempa bumi:

1. Lindungi Diri dengan Drop! Cover! Hold On!

Aturan umum untuk menyelamatkan diri saat gempa bumi adalah Drop! Cover! Hold On!, yaitu:

  • Drop! Jatuhkan tangan dan lutut ke tanah atau lantai. Posisi ini melindungi kamu dari jatuh, tetapi memungkinkan kamu untuk tetap bergerak jika perlu.
  • Cover! Lindungi kepala dan leher (dan seluruh tubuh jika memungkinkan) di bawah meja atau meja yang kokoh. 
  • Hold On! Berpegangan pada tempat berlindung kamu sampai goncangan berhenti. Bersiaplah untuk bergerak dari tempat berlindung jika goncangan menggesernya.

2. Jika Berada di Dalam, Tetaplah di Dalam

Tidak perlu panik berlari ke luar atau ke ruangan lain saat terjadi gempa. Untuk mengurangi kemungkinan terluka, lakukan tindakan berikut:

  • Segera menjauh dari kaca, benda yang digantung, rak buku, lemari keramik, atau perabot besar lainnya yang dapat jatuh. Perhatikan juga benda-benda yang jatuh.
  • Jika ada, ambil sesuatu untuk melindungi kepala dan wajah dari puing-puing yang berjatuhan dan pecahan kaca.
  • Kalau kamu sedang berada di dapur, segera matikan kompor dan berlindung saat ada tanda-tanda akan terjadi gempa bumi.
  • Jika berada di tempat tidur, tahan dan tetap di sana, lindungi kepala dengan bantal. 

3. Tetap di Dalam Gedung Jika Sedang Bekerja

Jika saat terjadi gempa bumi kamu sedang berada di kantor atau gedung bertingkat tinggi, tetaplah berada di dalam. Selain itu, menjauhlah dari jendela dan dinding luar dan cari meja untuk berlindung.

Jangan panik dan berlari keluar, tetapi hindari penggunaan elevator. Listrik mungkin padam, dan sistem sprinkler mungkin menyala. Kalau terjebak, tetaplah tenang dan ketuk badan elevator untuk meminta bantuan. 

4. Jika Berada di Tempat yang Ramai, Fokus untuk Melindungi Diri

Kalau kamu sedang berada di tempat yang ramai, fokuslah untuk melindungi diri. Namun, jangan terburu-buru menuju pintu keluar. Jauhi rak pajangan yang berisi benda-benda yang mungkin jatuh. Berlindung dan ambil sesuatu untuk melindungi kepala dan wajah dari puing-puing dan kaca yang berjatuhan.

5. Jika Sedang Berada di Luar, Cari Area Terbuka

Jika sedang berada di luar saat gempa bumi, tetaplah di luar. Menjauhlah dari bangunan, kabel utilitas, lubang pembuangan, dan saluran bahan bakar dan gas. 

Pergilah ke area terbuka yang jauh dari pepohonan, tiang telepon, dan bangunan. Begitu berada di tempat terbuka, tetap di sana sampai goncangan berhenti.

Area di dekat dinding luar bangunan adalah tempat yang paling berbahaya. Jauhi zona bahaya ini.

6. Segera Berhenti Jika Berada di Dalam Kendaraan yang Bergerak

Jika berada di dalam kendaraan yang bergerak saat gempa bumi, berhentilah secepat dan seaman mungkin. Pindahkan kendaraan ke bahu atau tepi jalan, jauh dari tiang listrik, kabel di atas kepala, dan underpass atau overpass.

Tetap di dalam mobil dan pasang rem tangan. Mobil mungkin bergoyang keras, tetapi ini adalah tempat yang baik untuk tetap tinggal sampai guncangannya berhenti.

7. Jika Tidak Bisa Merunduk untuk Berlindung, Tetaplah di Tempat

Jika kamu menggunakan kursi roda atau tidak bisa meninggalkan tempat tidur, tetapi cobalah untuk tetap di tempat. Kalau berada di kursi roda, kunci roda dan lepaskan barang apa pun yang tidak terpasang dengan aman ke kursi roda.

Lindungi kepala dan leher dengan buku besar, bantal, atau lengan. Tujuannya adalah untuk mencegah cedera jatuh atau dari benda yang mungkin jatuh atau terlempar ke arah kamu.

Jika kamu tidak dapat bergerak dari tempat tidur atau kursi, lindungi diri dari benda yang jatuh dengan menutupi kepala dan tubuh dengan selimut dan bantal. Namun, kalau kamu sedang berada di luar, pergilah ke area terbuka yang jauh dari pepohonan, tiang telepon, dan bangunan, dan tetaplah di sana.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu lakukan saat terjadi gempa bumi. Setelah gempa berakhir, tetaplah waspada akan gempa susulan. Jika kamu terluka karena bencana alam ini, segera ke rumah sakit atau download Halodoc untuk membuat janji medis dengan dokter.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
BPBD Kabupaten Bogor. Diakses pada 2022. 6 Cara Menyelamatkan Diri Saat Gempa Bumi dengan Aman, Tak Perlu Panik.
CDC. Diakses pada 2022. Stay Safe During an Earthquake.
American Red Cross. Diakses pada 2022. Earthquake Safety.