Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Ikan Kembung bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   17 Oktober 2022

“Ikan kembung memiliki banyak nutrisi di dalamnya. Ada berbagai manfaat ikan kembung untuk kesehatan, seperti menjaga kesehatan jantung hingga mencegah anemia.”

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Ikan Kembung bagi KesehatanJarang Disadari, Ini 5 Manfaat Ikan Kembung bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Ikan salmon menjadi salah satu jenis ikan yang memilki banyak kandungan vitamin dan mineral. Tapi bukan hanya ikan salmon, kamu juga bisa coba untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi ikan kembung. Selain memiliki harga yang lebih murah dibandingkan salmon, manfaat ikan kembung sangat banyak dan ia lebih mudah didapatkan. 

Ikan kembung memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Selain itu, asam lemak omega 3 dalam ikan jenis ini dipercaya mampu membantu tumbuh kembang anak secara optimal. Untuk itu, tidak ada salahnya simak ulasan mengenai kandungan nutrisi dalam ikan kembung dan manfaatnya bagi kesehatan berikut ini!

Kandungan Nutrisi dalam Ikan Kembung

Berbagai kandungan nutrisi dalam ikan kembung sudah tidak perlu diragukan lagi. Ikan kembung memiliki kandungan protein yang tinggi. Selain itu, ikan ini juga memiliki kandungan berbagai vitamin, seperti vitamin B1, B2, B3, B6, B12, dan D yang baik untuk menjaga kesehatan selalu dalam kondisi optimal.

Mengonsumsi daging ikan kembung juga bisa membantu kamu dalam memenuhi kebutuhan mineral tubuh. Ada beberapa jenis mineral yang terkandung dalam ikan ini, seperti zat besi, tembaga, selenium, dan yodium.

Selain nutrisi yang telah disebutkan, ikan kembung juga menjadi sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, ikan kembung mengandung lemak tak jenuh yang lebih tinggi dibandingkan dengan lemak jenuh.

Manfaat Ikan Kembung untuk Kesehatan

Tidak ada salahnya kamu mencoba untuk lebih sering mengonsumsi ikan kembung agar kondisi kesehatan tetap terjaga dengan baik. Pasalnya, berbagai kandungan nutrisi dalam ikan kembung dapat memberikan manfaat untuk kesehatan.

Nah, berikut manfaat yang bisa kamu rasakan:

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Asam lemak omega-3 dalam ikan kembung bisa membantu menjaga kesehatan jantung dengan lebih baik. Hal ini disebabkan kandungan lemak tak jenuh dalam ikan kembung mampu menurunkan risiko komplikasi penyakit jantung, seperti stroke, serangan jantung, dan aterosklerosis.

  1. Mencegah Anemia

Jika kamu sering mengalami gejala anemia, seperti kelelahan, lemas, gangguan penglihatan, dan pusing, sebaiknya perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 dan zat besi. 

Kamu bisa memenuhi kedua nutrisi tersebut dengan mengonsumsi ikan kembung. Kandungan vitamin B12 dan zat besi bisa membantu kamu cegah anemia.

  1. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Ikan kembung mengandung vitamin D yang cukup tinggi di dalamnya. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin D, tubuh akan menyerap kalsium dan fosfor yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. 

Bahkan, ketika tubuh memenuhi kebutuhan kalsium dan fosfor, kamu bisa mengalami peningkatan kesehatan tulang dengan lebih baik.

  1. Menurunkan Berat Badan

Ikan kembung memiliki kandungan lemak dan protein yang bisa mengontrol dan menurunkan kadar ghrelin dalam tubuh. Ghrelin adalah salah satu hormon yang bisa memicu rasa lapar sehingga meningkatkan keinginan untuk makan. 

Ketika hormon ghrelin bisa dikontrol dengan baik, tentunya hal ini akan berkaitan langsung dengan kebiasaan makan dan berat badan.

  1. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Kandungan lemak tak jenuh dalam ikan kembung membantu untuk menurunkan risiko diabetes tipe 2. Selain mengonsumsi ikan kembung, hal ini juga perlu didapat dengan melakukan gaya hidup sehat dan pencegahan diabetes lainnya.

Meski manfaat ikan kembung cukup banyak, sayangnya bagi beberapa orang, ikan kembung dapat menyebabkan alergi. Sebaiknya pastikan kamu mengolah ikan kembung dengan tepat untuk menghindari efek samping yang bisa dialami. 

Segera lakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit terdekat. Buat janji pemeriksaan menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Nourish by Web MD. Diakses pada 2022. What Are the Health Benefits of Mackerel?
Very Well Fit. Diakses pada 2022. Mackerel Nutrition Facts and Health Benefits.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan