Kandungan Sampo yang Ampuh Mengatasi Kutu Rambut

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   05 Januari 2024

“Hadirnya kutu rambut akan membuat kulit kepala terasa sangat gatal, bahkan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Kamu bisa menggunakan sampo kutu rambut yang tepat untuk mengatasinya, contohnya sampo dengan kandungan khusus untuk membasmi kutu dan telurnya.”

Kandungan Sampo yang Ampuh Mengatasi Kutu RambutKandungan Sampo yang Ampuh Mengatasi Kutu Rambut

Halodoc, Jakarta – Tak sedikit orang yang percaya bahwa kutu rambut bisa pergi tanpa harus melakukan pengobatan. Mereka pun enggan menggunakan sampo kutu rambut karena aromanya yang terkadang kurang sedap dan membuat rasa percaya diri justru menurun. 

Padahal, kutu rambut tidak akan pergi dari kulit kepala bila tidak ditangani dengan tepat. Bahkan, serangga satu ini akan bertelur, menetas, dan kembali menghasilkan kutu rambut baru.

Siklus ini akan terus berulang sampai kamu melakukan perawatan untuk menghilangkan kutu pada kulit kepala dan membersihkan telurnya.

Kandungan Sampo Kutu Rambut untuk Membasmi Kutu

Menggunakan sampo kutu rambut memang menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk membasmi kutu rambut dan telurnya dari kulit kepala. Sebab, sampo ini terbuat dari kandungan dan formulasi khusus untuk membunuh kutu rambut yang mengganggu, seperti:

1. Piretrin dan piperonil butoksida

Baik piretrin maupun piperonil butoksida, terlebih yang hadir dalam bentuk sampo, memang khusus untuk menghilangkan kutu yang menempel pada tubuh, kulit kepala, bahkan area organ intim. Sampo ini aman untuk anak usia 2 tahun hingga orang dewasa dan bekerja efektif untuk menghilangkan kutu pada rambut. 

Sampo kutu rambut ini terbuat dari ekstrak piretroid alami yang berasal dari bunga krisan. Senyawa tersebut terbilang efektif dan aman, meski sebenarnya kandungan ini hanya dapat menghilangkan kutu yang telah menetas, bukan telur kutu.

Inilah mengapa, dokter menganjurkan perawatan kutu menggunakan piretrin selama 9 sampai 10 hari setelah perawatan utama. Tujuannya yaitu membantu membasmi kutu yang baru saja menetas. Namun, obat ini tentu tidak boleh kamu pakai jika memiliki alergi terhadap bunga krisan. 

Tak hanya itu, tingkat efektifitas dari piretrin juga bisa berkurang, karena kutu bisa mengembangkan kekebalan alias resistensi. Apabila kamu masih mendapati adanya kutu rambut yang hidup setelah menggunakan piretrin, pastikan kamu bertanya pada dokter untuk mendapatkan perawatan selanjutnya. 

Mau tahu obat untuk mengatasi kutu rambut? Baca selengkapnya di artikel ini: ”Ini 5 Rekomendasi Obat yang Ampuh untuk Menghilangkan Kutu Rambut”.

2. Permethrin 1%

Selain piretrin, kandungan lain pada sampo kutu rambut yang berperan untuk menghilangkan serangga mengganggu ini adalah permethrin dengan dosis hanya 1 persen. Permethrin sendiri merupakan piretroid sintetis yang bentuknya mirip seperti piretrin. 

Keduanya juga memiliki cara kerja yang serupa, yaitu menjadi senyawa untuk menghilangkan kutu rambut yang baru menetas maupun yang sudah ada. Bukannya telur kutu yang belum menetas beberapa hari setelah kamu menjalani perawatan. 

Sama pula seperti piretrin, pemakaian sampo dengan kandungan permethrin juga perlu pengulangan setidaknya 9 sampai 10 hari setelah pemakaian pertama. Selain itu, kamu juga perlu menggunakan obat atau produk dengan kandungan ini sesuai dengan anjuran pada kemasan atau saran dokter. 

Menariknya, sampo dengan kandungan permethrin masuk dalam pilihan yang menjadi rekomendasi dan populer untuk menghilangkan kutu rambut. 

Itu tadi kandungan pada sampo kutu rambut yang efektif untuk membasmi kutu yang membandel pada kulit kepala. Jika masalah kutu rambut belum membaik, segera konsultasikan pada dokter di Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
CDC. Diakses pada 2023. Head Lice – Treatment.
Medline Plus. Diakses pada 2023. Permethrin Topical.
Medline Plus. Diakses pada 2023. Pyrethrin and Piperonyl Butoxide Topical.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan