Kata Dokter: 5 Jenis Obat untuk Penyakit Asam Urat

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   07 Februari 2022

“Obat-obat ini harus digunakan sesuai dengan resep dokter karena obat-obat ini bisa jadi memiliki interaksi bila digunakan dengan obat lain dan memang harus sesuai dengan kondisi pengidap asam uratnya. Mengandalkan obat saja tentu tidak cukup untuk mengatasi asam urat. Perlu ada perubahan dalam gaya hidup.”

Kata Dokter: 5 Jenis Obat untuk Penyakit Asam UratKata Dokter: 5 Jenis Obat untuk Penyakit Asam Urat

Halodoc, Jakarta – Penyakit asam urat disebabkan oleh suatu kondisi yang dikenal sebagai hiperurisemia, di mana ada terlalu banyak asam urat dalam tubuh. Jika tidak diobati, kadar asam urat yang tinggi pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan tulang, sendi dan jaringan permanen, penyakit ginjal dan penyakit jantung. 

Kadar asam urat juga dapat memicu penyakit diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan penyakit hati berlemak. Menurut dr. Keisha Nabila, konsumsi obat asam urat dapat menangani masalah asam urat. Informasi selengkapnya baca di sini!

Jenis Obat untuk Obati Asam Urat

Mengoleskan es ke sendi dapat mengurangi peradangan pada serangan asam urat. Langkah ini bisa membantu meringankan rasa sakit, tapi bisa dibilang konsumsi obat adalah cara ampuh untuk mempercepat pemulihan dan penanganan bila asam urat sedang kumat. Berikut ini adalah 5 jenis obat untuk penyakit asam urat:

1. Obat Anti-inflamasi Non-steroid (NSAID)

Obat anti-inflamasi non-steroid (NSAID) seperti ibuprofen dan naproxen dapat membantu meredakan nyeri dan pembengkakan asam urat. Mungkin perlu beberapa waktu agar rasa nyeri berkurang biasanya 24 jam. Dosis yang biasanya diberikan dokter adalah ibuprofen 800 mg 3-4 kali sehari. Pengobatan harus dihentikan ketika gejala hilang.

2. Kolkisin 

Biasanya dikombinasikan dengan NSAID jika kolkisin diresepkan dengan dosis rendah. Dosis yang diberikan untuk kolkisin adalah 1,2 miligram lalu 0,6 miligram setiap jam untuk 6 kali. Obat ini memiliki efek samping pada pencernaan, sehingga memang benar-benar harus dengan rekomendasi dokter.

3. Kortikosteroid

Jika kamu mengalami kontraindikasi pada penggunaan NSAID, kortikosteroid adalah pilihan berikutnya. Kortikosteroid dapat diberikan sebagai suntikan ke dalam sendi yang terkena (steroid intra-artikular) atau diberikan secara sistemik (secara oral). Steroid intraartikular berguna jika hanya satu atau dua sendi yang terkena dan dokter akan menyuntikkan sendi tersebut. Kortikosteroid oral dapat digunakan mulai dari 30-40 miligram setiap hari secara bertahap selama 10-14 hari.

4. Allopurinol

Allopurinol adalah obat yang digunakan untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah. Ini biasanya dikonsumsi ketika tubuh terlalu banyak memproduksi asam urat atau ginjal menyaring tidak cukup baik, sehingga asam urat dapat menumpuk dan menyebabkan kristal kecil dan tajam terbentuk di dalam dan di sekitar persendian. Allopurinol yang diminum secara teratur, dapat menurunkan jumlah serangan asam urat dan membantu mencegah kerusakan pada persendian.

Tidak semua orang bisa mengonsumsi allopurinol. Jika kamu memiliki masalah hati atau ginjal, punya masalah tiroid, sebaiknya bicarakan dengan dokter mengenai kemungkinan penggunaan obat ini.

5. Urikosurik

Urikosurik adalah obat yang dapat meningkatkan ekskresi asam urat. Cara kerja urikosurik adalah menurunkan kadar asam urat dengan menghambat reabsorpsi tubulus ginjal terhadap asam urat, sehingga meningkatkan ekskresi asam urat melalui ginjal. 

“Obat-obat ini harus digunakan sesuai dengan resep dokter karena obat-obat ini bisa jadi memiliki interaksi bila digunakan dengan obat lain dan memang harus sesuai dengan kondisi pengidap asam uratnya,” demikian kata dr. Keisha Nabila.

Mengandalkan obat saja tentu tidak cukup untuk mengatasi asam urat. Perlu ada perubahan dalam gaya hidup. Berolahraga, makan makanan yang seimbang untuk mengontrol berat badan, minum banyak air, kurangi minuman manis, hindari konsumsi alkohol terutama bir, dan mengurangi konsumsi daging adalah cara untuk mengatasi asam urat.

Punya pertanyaan seputar penyakit asam urat, tanyakan saja langsung ke dokter lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download sekarang juga aplikasinya di sinI!

Referensi:
National Health Service. Diakses pada 2022. Allopurinol.
WebMD. Diakses pada 2022. Which Medicines Treat Gout?
Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2022. Treatment of Gout.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan