Kenali 4 Manfaat dan Kandungan Nutrisi pada Serum Rambut

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   13 Desember 2022

“Penggunaan serum rambut memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan rambut. Di antaranya untuk menambah kilauan rambut, mengurangi rambut kusut, dan mengatasi rambut keriting.”

Kenali 4 Manfaat dan Kandungan Nutrisi pada Serum RambutKenali 4 Manfaat dan Kandungan Nutrisi pada Serum Rambut

Halodoc, Jakarta – Serum rambut merupakan produk perawatan rambut yang terbuat dari bahan dasar silikon, zat seperti karet yang berada di atas permukaan helaian rambut. Ada berbagai jenis serum rambut dengan kandungan yang berbeda dan tujuan perawatan yang ingin didapatkan.

Beberapa manfaat serum ini yaitu mengurangi rambut kusut, menambah kilauan rambut, dan melindungi rambut dari kerusakan. Selain manfaat tersebut, penggunaan serum ini juga dapat menutrisi rambut. Sebab biasanya serum rambut memiliki kandungan vitamin D, biotin, dan zink yang dibutuhkan rambut.

Manfaat yang Didapatkan Dari Serum Rambut

Menggunakan serum rambut sebagai perawatan yang memberikan berbagai manfaat. Manfaat yang ingin kamu dapat tergantung pada formula dan kandungan apa yang kamu pilih. 

1. Menambah kilauan rambut

Salah satu manfaat yang banyak diincar dari penggunaan serum adalah untuk melembapkan rambut, dan mengembalikan kilauan yang tampak kusam. Rambut yang sehat dan lembap cenderung lebih halus dan tampak berkilau. Meski begitu, penggunaan serum rambut tidak membuat kulit kepala dan rambut terasa berminyak. 

2. Mengurangi rambut kusut dan kering

Rambut yang rusak biasanya tampak kering, rapuh, dan kusut. Selain itu, rambut kering dan tidak sehat biasanya selalu kusut dan memiliki ujung yang bercabang. Penggunaan serum rambut dapat mengatasi masalah tersebut, termasuk mengurangi kekusutan yang sulit diatur dan memberikan hasil akhir yang halus dan lembab.

Beberapa serum juga mengandung protein keratin terhidrolisis, yang bermanfaat untuk:

  • Meningkatkan kemampuan rambut untuk mempertahankan kelembapan.
  • Mencegah rambut kusut dan sulit diatur.
  • Memperbaiki rambut yang terlanjur rusak. 
  • Meningkatkan kekuatan rambut.

3. Melindungi rambut dari kerusakan

Manfaat berikutnya yaitu melindungi rambut dari kerusakan. Sebab lapisan pelindung serum memiliki kemampuan untuk melindungi rambut dari polutan, debu, kerusakan akibat paparan sinar matahari, dan kerusakan akibat panas dari alat penata. Itulah sebabnya serum sering dioleskan pada rambut sebelum ditata. 

Kebanyakan serum mengandung bahan yang dapat melindungi rambut dari:

  • Alat penata rambut yang dipanaskan, seperti catokan, pengeriting rambut, hair dryer (alat pengering rambut elektrik). 
  • Bahan kimia yang digunakan untuk mewarnai, meluruskan, memutihkan, atau mengeriting rambut.
  • Stres lingkungan, seperti photodamage (perubahan pada kulit setelah terpapar sinar radiasi dalam jangka panjang) dan faktor cuaca.
  • Kerusakan mekanis akibat perawatan berulang dan penataan rambut.

4. Meningkatkan tampilan jenis alami rambut

Menurut ahli, bentuk folikel rambut akan menentukan jenis rambut, yaitu:

  • Lurus.
  • Bergelombang.
  • Keriting.

Untuk setiap jenis rambut memerlukan serum yang berbeda. Misalnya, jika kamu memiliki jenis rambut keriting, maka gunakanlah serum yang dapat menciptakan tampilan ikal lebih mengembang atau terbentuk dengan baik. Begitu juga jika kamu memiliki jenis rambut lurus, penggunaan serum dapat meningkatkan kehalusan dan kilau rambut. 

Kandungan Nutrisi pada Serum Rambut

Nah, sebelum memutuskan memilih produk serum tersebut, ketahui terlebih dulu berbagai jenis kandungan nutrisi di dalamnya. Berikut ini beberapa nutrisi yang sering terkandung dalam serum tersebut:

  • Biotin, bahan yang cukup populer untuk mengatasi masalah rambut rontok dan sebagai vitamin untuk rambut kering.
  • Vitamin D, bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatan folikel rambut. Kandungan ini baik untuk mengatasi masalah rambut rontok.
  • Zink, bermanfaat untuk memelihara fungsi kelenjar minyak di sekitar folikel rambut. Dengan begitu rambut akan tumbuh dengan lebih sehat. 
  • Keratin, bermanfaat untuk memperkuat dan mencegah kerusakan rambut. Khususnya untuk rambut yang sering ditata dan diwarnai. 
  • Asam lemak omega-3, bermanfaat untuk mencegah peradangan pada folikel rambut yang dapat memicu rambut rontok.
  • Minyak esensial, memiliki manfaat berbeda-beda tergantung jenisnya. Beberapa minyak esensial dalam serum tersebut yaitu minyak kelapa, minyak argan, minyak jojoba, lidah buaya, dan minyak biji bunga matahari.

Nah, itulah beberapa manfaat dan kandungan nutrisi pada serum rambut. Jika ingin merawat rambut dengan serum, kamu bisa cek kebutuhan perawatan rambut di toko kesehatan aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Stylecraze. Diakses pada 2022. Serum For Hair: Benefits, How To Use It, And Side Effects
Medical News Today. Diakses pada 2022. How to use hair serum: Dos and Don’ts
Healthline. Diakses pada 2022. Hair Serum Benefits and How to Use

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan