Kenali 4 Penyebab dan Gejala Cedera Pita Suara

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   22 November 2022

“Penyebab cedera pita suara ada banyak, mulai dari yang ringan hingga pertanda masalah kesehatan tertentu. Namun umumnya, kondisi kesehatan tersebut menimbulkan gejala berupa suara serak, sakit tenggorokan dan batuk.”

Kenali 4 Penyebab dan Gejala Cedera Pita SuaraKenali 4 Penyebab dan Gejala Cedera Pita Suara

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu terbangun dengan suara serak setelah semalam berteriak terlalu keras saat menonton pertandingan piala dunia? Hati-hati, bila kamu sering berteriak atau menggunakan suara kamu secara berlebihan, lama kelamaan kamu bisa mengalami cedera pita suara.

Cedera pita suara pita suara terjadi ketika otot dan pita suara terluka karena terlalu sering digunakan. Bila hanya terjadi sesekali, masalah kesehatan tersebut bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, menurut ahli, mereka yang sering menggunakan atau menyalahgunakan suara mereka berisiko mengalami kerusakan pita suara permanen. 

Karena itu, penting untuk mengetahui apa saja penyebab cedera pita suara dan gejalanya di sini, agar kamu bisa mewaspadainya.

Penyebab Cedera Pita Suara

Seperti yang sudah bisa kamu bayangkan, terlalu banyak berteriak tidak baik untuk pita suara kamu. Entah itu berteriak di konser, saat menonton pertandingan sepak bola, atau sekadar ingin melampiaskan perasaan, teriakan kronis akan membuat pita suara tegang yang akhirnya bisa rusak seiring waktu.

Selain sering berteriak keras, ada juga beberapa hal lainnya yang bisa menyebabkan cedera pita suara, yaitu:

1. Merokok

Menurut spesialis perawatan suara di Cleveland, Ohio, Amerika Serikat, Claudio Milstein, PhD, merokok bisa menyebabkan risiko kerusakan pita suara, bahkan kanker tenggorokan. Bila kamu merokok dan juga mengonsumsi alkohol, risiko kamu mengalaminya akan semakin meningkat.

2. Bernyanyi terlalu keras atau dengan teknik yang buruk

Beberapa orang mencoba bernyanyi dengan suara melengking yang menyerupai penyanyi profesional. Namun, tahukah kamu, bila kamu bernyanyi seperti itu tanpa mengetahui teknik yang benar dan aman untuk melakukannya, kamu bisa mengalami cedera pita suara.

3. Refluks asam yang tidak terkontrol

Orang-orang seringkali tidak menyadari bahwa tidak mengatasi refluks asam kronis dengan baik bisa berdampak pada pita suara dari waktu ke waktu. Hal itu karena asam lambung yang naik ke kerongkongan bisa mengiritasi pita suara.

4. Adanya masalah kesehatan yang mendasari

Cedera pita suara juga bisa disebabkan oleh masalah kesehatan tertentu, seperti infeksi virus pada saluran pernapasan dan dampak dari laringitis.

5. Operasi

Menjalani operasi di area sekitar pita suara juga berisiko menyebabkan cedera pita suara.

Gejala yang Perlu Diwaspadai

Berikut adalah beberapa gejala pita suara:

1. Batuk dan suara serak

Orang yang mengalami cedera pita suara mungkin akan mengalami suara serak, seperti suara bergetar, terputus-putus atau parau. Gejala ini bisa berlangsung lama hingga dua minggu lebih. Cedera pita suara juga bisa menyebabkan batuk terus menerus.

2. Kehilangan kontrol vokal

Cedera ini mungkin juga akan menyulitkan kamu untuk memproyeksikan atau mengontrol suara, sehingga kamu sulit untuk menghasilkan suara. Kondisi ini bisa menyebabkan hilangnya rentang vokal atau menyebabkan perubahan suara yang tidak diinginkan, seperti serak atau pecah.

3. Sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan dan ketidaknyamanan pada tenggorokan adalah gejala umum cedera pita suara. Masalah kesehatan tersebut bisa membuat tenggorokan terasa sakit saat berbicara dan mungkin memerlukan perhatian medis.

Tips Mencegah Cedera Pita Suara

Bila suara kamu kelelahan setelah berteriak semalaman saat menonton piala dunia atau karaoke, cobalah tips berikut agar terhindar dari cedera pita suara:

  • Istirahatkan suaramu. Bila perlu berbicara, bicaralah dengan pelan dan singkat saja.
  • Perbanyak minum. Minumlah cairan apapun yang bisa menenangkan tenggorokan, seperti secangkir teh herbal atau air dingin.
  • Hindari mengonsumsi alkohol dan kafein. Kedua minuman ini bisa mengeringkan pita suara.

Itulah penjelasan mengenai penyebab dan gejala cedera pita suara. Bila kamu mengalami gejala-gejala seperti di atas, sebaiknya segera periksakan ke dokter agar kondisi yang kamu alami bisa dipastikan dan diobati sedini mungkin. 

Untuk periksa kesehatan, gunakan saja aplikasi Halodoc dan buat janji medis di rumah sakit pilihan kamu lewat aplikasi tersebut.  Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. 4 Weird Ways You Can Damage Your Vocal Cords.
Penn Medicine. Diakses pada 2022. Vocal Cord Strain.
Master Class. Diakses pada 2022. How to Handle Vocal Strain: 7 Tips for Taking Care of Your Voice.
Slt. Diakses pada 2022. Strain of the vocal cords

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan