Kenali 6 Tanda Tubuh Sehat Selama Masa Pandemi

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   04 Agustus 2021
Kenali 6 Tanda Tubuh Sehat Selama Masa PandemiKenali 6 Tanda Tubuh Sehat Selama Masa Pandemi

“Memiliki tubuh sehat selama masa pandemi adalah keinginan semua orang. Kamu bisa mengenali tanda tubuh sehat, seperti jarang mengalami keluhan kesehatan, mampu mengatasi stres dengan baik, memiliki pencernaan yang lancar, urine berwarna cerah, hingga kualitas tidur yang baik. Lakukan pemeriksaan jika kamu mengalami keluhan kesehatan agar dapat diatasi dengan baik.”

Halodoc, Jakarta – Di masa pandemi seperti ini, memiliki tubuh yang sehat menjadi hal penting agar terhindar dari berbagai penyakit, termasuk COVID-19. COVID-19 menjadi salah satu penyakit berbahaya dan menular. Penularannya pun terbilang cukup mudah melalui percikan air liur pengidap kepada orang lain yang sehat.

Baca juga: 5 Tanda Tubuh Harus Atur Pola Makan

Tentunya perlu mengetahui cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan di masa pandemi. Namun, tidak kalah penting, kamu perlu mengenali tanda tubuh sehat selama masa pandemi untuk menghindari penyebaran serta penularan infeksi virus COVID-19!

Inilah Tanda Tubuh Sehat

Sangat penting mengenali tanda tubuh sehat. Dengan begitu, kamu bisa segera melakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat ketika mengalami beberapa keluhan kesehatan. Penanganan lebih dini tentunya membuat pengobatan dan perawatan lebih mudah dilakukan.

Berikut ini tanda tubuh sehat yang perlu diperhatikan, seperti:

  1. Jarang Memiliki Keluhan Kesehatan

Salah satu tanda tubuh sehat yang utama adalah jarang memiliki keluhan kesehatan. Saat keluhan kesehatan terjadi, kondisi ini dapat segera diatasi. Selain itu, kamu juga jarang terpapar infeksi bakteri, virus, maupun kuman yang dapat menyebabkan gejala demam pada tubuh.

Jika kamu mengalami gejala demam atau infeksi berulang, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi makanan sehat untuk membantu meningkatkan imun tubuh. Dengan begitu, kesehatan tubuh akan lebih optimal.

  1. Mampu Mengatasi Tingkat Stres dengan Baik

Tanda tubuh sehat bukan hanya dari fisik. Kesehatan mental yang baik juga menandakan kondisi sehat. Kamu tidak perlu untuk bahagia setiap saat. Biasanya, orang yang sehat akan lebih mampu mengelola stres, mengakui perasaan yang dirasakan, dan lebih kuat secara emosional untuk mengatasi setiap masalah yang dialami.

Baca juga: 5 Tanda yang Dialami Tubuh Saat Salah Diet

  1. Memiliki Pencernaan yang Lancar

Memiliki kebiasaan buang air besar setiap hari secara teratur menjadi tanda tubuh sehat. Untuk itu, sebaiknya jangan abaikan kondisi sembelit atau konstipasi yang kamu alami selama beberapa hari. Segera gunakan Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter agar kondisi ini dapat diatasi dengan baik.

  1. Urine Berwarna Cerah

Selain kebiasaan buang air besar, tanda tubuh sehat lainnya adalah air urin yang berwarna cerah. Kondisi ini menandakan tubuh terhidrasi dengan baik. Ada berbagai manfaat yang dapat kamu rasakan ketika tubuh terhidrasi dengan baik, seperti memelihara fungsi ginjal, mempertahankan fungsi usus yang normal, meningkatkan energi, hingga menjaga kesehatan kulit.

  1. Memiliki Kualitas Tidur yang Baik

Saat kamu bangun tidur pada pagi hari merasa lebih segar dan tidak lelah, kondisi ini juga bisa menandakan tubuh sehat. Terapkan jam tidur yang teratur setiap hari, hindari mengonsumsi alkohol, dan ciptakan lingkungan tidur yang nyaman untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

  1. Merasakan Manfaat Olahraga

Olahraga baik untuk kesehatan, sehingga tidak ada salahnya kamu menerapkan kebiasaan ini selama masa pandemi. Setelah itu perhatikan kondisi kesehatan kamu. Jika setelah berolahraga kamu merasakan manfaatnya, seperti kondisi tubuh lebih bugar, segar, dan sehat. Kondisi ini bisa menjadi salah satu tanda tubuh sehat.

Itulah tanda tubuh sehat yang perlu diperhatikan. Kamu bisa melakukan beberapa cara sederhana untuk menjaga tubuh tetap sehat. Mulai dari mengonsumsi makanan bergizi seimbang, memenuhi kebutuhan tidur, hingga menghindari alkohol dan asupan gula berlebihan.

Baca juga: Diet Ekstrem, Ini Tanda Tubuh Alami Malnutrisi

Selalu jalankan protokol kesehatan agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari paparan COVID-19. Jika kamu mengalami beberapa gejala yang terkait dengan kondisi ini, segera lakukan pemeriksaan pada rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Kamu bisa buat janji pemeriksaan melalui Halodoc. Caranya, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Rocky Mountain Health Plans. Diakses pada 2021. Health is More Than The Number on The Scale.

Bright Side. Diakses pada 2021. 8 Signs That You Are Healthy Even If You Don’t Think So.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Diakses pada 2021. Tips Agar Tetap Sehat di Masa Pandemi COVID-19.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan