Kenali Manfaat Alpha Arbutin untuk Mencerahkan Wajah

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 Oktober 2022

“Skincare yang mengandung alpha arbutin memiliki banyak manfaat. Termasuk mencerahkan wajah dan menyamarkan bintik hitam.”

Kenali Manfaat Alpha Arbutin untuk Mencerahkan WajahKenali Manfaat Alpha Arbutin untuk Mencerahkan Wajah

Halodoc, Jakarta – Alpha arbutin adalah salah satu bahan yang biasa digunakan dalam produk skincare. Terutama skincare yang mengklaim dapat meratakan warna kulit dan menyamarkan bintik hitam. Kemampuan senyawa ini dalam mencerahkan kulit bahkan dinilai lebih baik dibanding bahan lain seperti vitamin C, asam kojic, dan licorice. 

Banyak solusi perawatan kulit menjamin untuk mencerahkan warna kulit, tetapi mungkin menyebabkan iritasi dan kering pada kulit. Itulah sebabnya senyawa ini telah muncul sebagai obat terbaik untuk berbagai masalah perawatan kulit. 

Manfaat Alpha Arbutin pada Kulit

Alpha arbutin adalah agen pencerah kulit alami yang ditemukan di berbagai spesies tanaman. Seperti marjoram, cranberry, blueberry, dan beberapa jenis pir.

Bahan ini hanyalah versi yang disintesis secara kimia yang secara aktif digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit. Cara kerja bahan ini adalah dengan menghambat produksi melanin, yaitu pigmen yang bertanggung jawab untuk warna kulit. 

Secara umum, ada dua jenis arbutin, yaitu alpha arbutin (dibiosintesis oleh mikroorganisme) dan beta arbutin (diekstraksi dari daun berbagai tanaman dan kulit buah). Namun, yang paling umum digunakan dalam produk skincare adalah alpha arbutin. 

Apa sih manfaat dan keunggulannya? Berikut ini di antaranya:

1. Menyamarkan Bintik Hitam di Kulit

Senyawa ini sangat bermanfaat untuk mencerahkan warna kulit dan membuatnya terlihat sehat dan bercahaya dengan memudarkan perubahan warna yang disebabkan oleh peradangan dan stres lingkungan. 

Ini termasuk bintik matahari, bintik-bintik penuaan, bekas jerawat, dan melasma. Bahan skincare ini dapat bertindak sebagai dasar pencampuran alami untuk kulit.

2. Mengurangi Munculnya Bekas Jerawat

Senyawa ini juga dapat bekerja dengan baik dalam memudarkan bekas merah-ungu yang disebabkan oleh jerawat. Namun, belum ada bukti ilmiah yang cukup mengenai hal ini. 

3. Membantu Meratakan Warna Kulit

Senyawa ini dapat membantu memperbaiki kulit yang tidak rata dengan menghambat produksi tirosinase. Ini, pada gilirannya, dapat mengurangi hiperpigmentasi. 

Hasilnya, warna kulit jadi terlihat lebih merata. Selain itu, ini juga dapat mengatasi kulit pucat akibat gula (kekuningan) dan hilangnya elastisitas pada kulit.

4. Mencegah Hiperpigmentasi dan Perubahan Warna Kulit

Alpha arbutin dapat membantu menghambat sintesis melanin, sehingga efektif dan aman untuk mengobati gangguan hiperpigmentasi. Ini juga melindungi kulit dari pigmentasi akibat sinar matahari dan radikal bebas tanpa meningkatkan sensitivitas kulit terhadap paparan sinar matahari. 

Selain itu, bahan skincare ini juga dapat mencegah munculnya bintik-bintik dan hiperpigmentasi di masa depan, setelah terbakar sinar matahari, dengan menghentikan produksi melanin ekstra. 

Dengan kata lain, lebih sedikit melanin sama dengan lebih sedikit pigmen. Ini mengarah pada pengurangan bintik-bintik gelap dan warna kulit yang merata. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami mekanisme ini.

Kemungkinan Efek Samping yang Perlu Diingat

Meskipun tidak ada interaksi negatif yang diketahui dengan bahan perawatan kulit lainnya, panas dapat menurunkan efektivitas arbutin. Jadi, jauhkan dari sinar matahari dan area panas, dan pastikan untuk menyimpannya di tempat yang sejuk dan kering setiap saat.

Jika kamu memiliki alergi terhadap alpha arbutin, kamu mungkin mengalami efek samping berikut ini:

  • Iritasi kulit.
  • Jerawat ringan.
  • Sensitivitas matahari atau terbakar sinar matahari.
  • Kemerahan atau iritasi.

Itulah pembahasan mengenai manfaat alpha arbutin untuk kulit. Jika kamu ingin mencoba skincare dengan kandungan bahan ini dan merasa ragu, download Halodoc saja untuk membicarakannya dengan dokter kulit melalui chat.

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2022. What Is Arbutin? Skin-Care Benefits, Side Effects, How to Use It, and More.
Style Craze. Diakses pada 2022. Alpha Arbutin For Skin: Benefits, How To Use, And Side Effects.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan