Kenali Ragam Manfaat Alpukat bagi Kesehatan Rambut

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   23 Januari 2023

“Ada berbagai manfaat alpukat untuk rambut. Penggunaan rutin sebagai masker rambut mampu meningkatkan kekuatan rambut dan menjaga kesehatan kulit kepala.”

Kenali Ragam Manfaat Alpukat bagi Kesehatan RambutKenali Ragam Manfaat Alpukat bagi Kesehatan Rambut

Halodoc, Jakarta – Alpukat adalah buah yang memiliki kulit berwarna hijau tua dengan daging buah yang sangat lembut. Buah ini cocok untuk dimakan langsung, dijadikan minuman, hingga campuran beberapa jenis makanan lainnya.

Ada banyak manfaat alpukat bagi kesehatan, terutama untuk kesehatan rambut. Lantas, apa saja manfaat alpukat untuk rambut? 

Inilah Manfaat Alpukat untuk Rambut

Rambut menjadi bagian yang sangat penting untuk menunjang penampilan. Berbagai perawatan bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan rambut. Selain melakukan perawatan di salon, kamu juga bisa menggunakan alpukat sebagai salah satu bahan alami untuk menjaga kesehatan rambut.

Ada berbagai manfaat alpukat untuk rambut yang perlu kamu ketahui. Berikut manfaatnya:

1. Menutrisi dan menguatkan rambut

Alpukat menjadi salah satu buah yang mengandung potasium dan asam amino. Kandungan tersebut sangat baik untuk menambahkan kekuatan rambut dan menutrisi rambut. Dengan begitu, rambut akan terhindar dari berbagai kerusakan yang rentan terjadi.

2. Melembapkan rambut

Jika kamu memiliki jenis rambut yang kering, masker alpukat dapat kamu manfaatkan untuk melembabkan rambut. Bahkan, penggunaan alpukat bisa membuat rambut menjadi lebih bercahaya dan sehat.

3. Mempercepat pertumbuhan rambut

Alpukat memiliki kandungan vitamin B yang sangat tinggi. Jenis vitamin ini mampu membantumu untuk meningkatkan kesehatan dan mempercepat pertumbuhan rambut. Bahkan, rambut yang bertumbuh akan memiliki kekuatan yang optimal.

4. Mencegah kerontokan rambut

Rambut yang rontok secara terus menerus dapat menyebabkan penipisan. Selain memastikan penggunaan sampo yang tepat, kamu juga bisa menggunakan bahan alami seperti alpukat untuk mengurangi kerontokan rambut.

Selain mengonsumsi alpukat, kamu bisa menggunakan alpukat sebagai masker rambut. Masker ini mengandung potasium untuk mengatur keseimbangan sel darah dalam tubuh. Hal ini mampu mencegah kerontokan rambut terjadi lebih parah.

5. Meningkatkan kesehatan kulit kepala

Kandungan minyak alami pada alpukat juga membuat buah ini mampu melembapkan dan meremajakan kulit kepala. Hal ini membuat kulit kepala menjadi lebih lembap, tidak kering, dan mencegah terjadinya peradangan. Bahkan, rutin menggunakan masker rambut alpukat bisa menurunkan risiko ketombe.

Ketahui Cara Penggunaannya yang Tepat

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan alpukat pada rambut. Berikut cara yang bisa kamu lakukan, seperti:

1. Mengonsumsi alpukat secara rutin

Jangan lupa untuk mengonsumsi alpukat secara rutin agar manfaatnya untuk rambut bisa kamu rasakan secara maksimal. Kamu bisa mengonsumsi dalam bentuk buah, dijadikan minuman, atau tambahan pada beberapa jenis makanan, seperti salad.

2. Gunakan sebagai masker rambut

Cara lain yang bisa kamu lakukan dengan menjadikan alpukat sebagai masker rambut. Kamu bisa pilih alpukat yang segar, kemudian ambil daging alpukat, dan haluskan. Kamu bisa campurkan alpukat dengan bahan alami lainnya, seperti perasan air lemon, minyak zaitun, oatmeal, atau minyak kelapa.

Pastikan kamu mengaplikasikan masker alami pada rambut yang kering. Menggunakannya pada rambut basah membuat penyerapan kandungan pada masker rambut yang kamu buat tidak maksimal. Setelah digunakan pada rambut diamkan selama 30 menit, kemudian cuci bersih untuk menghilangkan sisa masker.

3. Gunakan minyak alpukat

Selain menggunakan daging buahnya, kamu juga bisa menggunakan minyak alpukat yang ditemukan untuk perawatan rambut. Kamu juga bisa mencoba berbagai perawatan rambut yang mengandung minyak alpukat.

Itulah berbagai cara penggunaan dan manfaat alpukat untuk rambut. Jika gangguan pada rambut yang kamu temui semakin memburuk,

kamu bisa konsultasikan dengan dokter menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play.

Referensi:

Byrdie. Diakses pada 2023. Avocado for Hair: Benefits and How to Use It.

Hair Food. Diakses pada 2023. The Benefits of Avocado for Hair.

Green Matters. Diakses pada 2023. Avocados Aren’t Just Good On Toast — 5 Reasons Why They’re Great for Your Hair, Too.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan