Ketahui 10 Penyebab Rasa Sakit saat Berhubungan Intim

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 Maret 2022

“Baik wanita maupun pria dapat mengalami rasa sakit saat berhubungan intim. Penyebabnya beragam, mulai dari kurangnya pelumasan, kadar hormon yang menurun, hingga penyakit tertentu.✔️Artikel ini telah di-review dokter.”

Ketahui 10 Penyebab Rasa Sakit saat Berhubungan IntimKetahui 10 Penyebab Rasa Sakit saat Berhubungan Intim

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Sakit saat berhubungan intim dapat terjadi karena banyak hal, dan ini bisa terjadi pada wanita ataupun pria. Jangan sepelekan sakit yang kamu rasakan saat melakukan aktivitas seksual, karena bisa jadi itu tanda bahwa ada sesuatu yang salah pada tubuh.

Mulai dari masalah hormonal, penyakit infeksi, hingga masalah mental. Mengetahui penyebabnya bisa membantu kamu mengatasinya. Jadi, yuk simak pembahasan berikut!

Berbagai Penyebab Sakit saat Berhubungan Intim

Ada banyak penyebab seseorang mengalami sakit saat berhubungan intim. Berikut ini di antaranya:

1. Kurang Pelumas dan Foreplay

Tidak melakukan foreplay dan kurangnya pelumas dapat menyebabkan timbulnya rasa sakit saat berhubungan intim. Kamu bisa coba gunakan pelumas tambahan dan juga melakukan foreplay yang cukup.

2. Penyakit Menular Seksual

Penyakit menular seksual seperti klamidia dan gonore, dapat menyebabkan iritasi pada Miss V. Inilah yang dapat menimbulkan rasa sakit saat berhubungan.

Pada pria, lesi yang muncul di Mr. P akibat penyakit menular seksual juga bisa menyebabkan hubungan intim jadi tidak nyaman. Jadi, cobalah periksa kondisi Mr. P, apakah terdapat lesi, luka, atau benjolan yang tidak biasa.

3. Vaginismus

Vaginismus adalah kondisi ketika otot-otot di dalam atau di sekitar Miss V menutup rapat. Ini dapat membuat hubungan intim jadi terasa menyakitkan atau bahkan tidak mungkin bagi wanita.

4. Vaginitis

Vaginitis mengacu pada peradangan Miss V. Secara khusus, pertumbuhan berlebih bakteri atau ragi (disebabkan oleh jamur candida) di Miss V dapat menyebabkan iritasi, keluarnya cairan, nyeri dan gatal.

5. Kadar Hormon Estrogen yang Rendah

Wanita pascamenopause khususnya, mungkin mengalami penurunan kadar hormon estrogen. Ini dapat membuat lapisan Miss V lebih tipis dan kurang mampu meregang, sehingga memunculkan rasa sakit dan sensasi terbakar saat berhubungan intim.

6. Lichen Sclerosus

Ini juga bisa jadi penyebab sakit saat berhubungan intim pada wanita pasca menopause. Lichen Sclerosus adalah kondisi ketika kulit pada area kelamin menjadi bersisik dan meradang. 

7. Masalah Kulup

Pria yang tidak disunat dapat mengalami kondisi yang bernama kulup ketat, atau phimosis. Saat kulup yang kencang ditarik ke belakang dengan sengaja atau saat ereksi, bisa terjadi robek, berdarah, meradang, dan rasa sakit.

8. Kelengkungan Mr. P yang Tidak Normal

Kelengkungan Mr. P yang tidak normal dapat menyebabkan ereksi yang menyakitkan atau kesulitan saat berhubungan intim. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh hipospadia, di mana uretra terbuka dari ujung Mr. P.

Kelengkungan abnormal dapat berkembang dari waktu ke waktu jika bekas luka berkembang pada Mr. P. Kondisi ini dapat disebabkan oleh penyakit Peyronie, atau jaringan parut dari trauma atau infeksi sebelumnya. Ini dapat menjadi penyebab sakit saat berhubungan intim.

9. Alergi

Pada wanita, nyeri saat melakukan aktivitas seksual bisa terjadi karena alergi terhadap suatu bahan. Misalnya alergi terhadap kondom lateks atau produk seperti sabun dan sampo.

Selain wanita, pria juga bisa mengalami alergi. Beberapa pria mungkin mengalami reaksi alergi terhadap cairan Miss V atau bahan kimia yang ditemukan dalam berbagai bentuk kontrasepsi. 

10. Hipersensitivitas pada Pria

Mr. P bisa menjadi sangat sensitif setelah orgasme dan ejakulasi, yang bisa membuat hubungan seksual terus berlanjut menyakitkan. Ini berarti kamu perlu membatasi berapa kali hubungan intim bisa dilakukan. Cobalah bicarakan hal ini dengan pasangan.

Nah, itulah berbagai penyebab rasa sakit saat berhubungan intim. Jika kamu mengalaminya, jangan ragu untuk bicarakan pada dokter spesialis di Halodoc.✔️ Kamu juga bisa membeli produk pelumas atau penunjang aktivitas seksual kamu dengan pasangan di Toko Kesehatan Halodoc melalui banner di bawah ini.

Chat dokter ahli seksolog dan reproduksi pria untuk konsultasi rasa sakit hubungan intim di Halodoc
Referensi:
NHS Choices UK. Diakses pada 2022. Why Does Sex Hurt?
John Hopkins Medicine. Diakses pada 2022. What Causes Painful Sex?
Very Well Health. Diakses pada 2022. Reasons Men Have Pain During Sexual Intercourse.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan