Ketahui 4 Manfaat Daun Kumis Kucing bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   30 September 2022

“Daun Kumis Kucing adalah salah satu bahan alami yang dipercaya dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Nah, salah satu manfaat yang bisa didapatkan adalah mencegah tekanan darah tinggi.”

Ketahui 4 Manfaat Daun Kumis Kucing bagi KesehatanKetahui 4 Manfaat Daun Kumis Kucing bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Kumis kucing adalah salah satu tanaman yang terkenal hanya tumbuh di area Asia Tenggara, termasuk juga di Indonesia. Tanaman herbal ini kerap dijadikan obat herbal untuk memberikan manfaat kesehatan, terutama pada daunnya.

Beberapa khasiat utama dari tanaman ini yaitu sebagai antiradang, antioksidan, atau antibakteri. Maka dari itu, perlu tahu berbagai manfaat dari konsumsi tanaman yang memiliki nama latin Orthosiphon stamineus ini.

Berbagai Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan

Daun kumis kucing dapat dijadikan obat saat diolah menjadi teh herbal. Ada berbagai macam kandungan yang mampu menjaga kesehatan tubuh dan mengobati penyakit, seperti anti-hipertensi, diuretik, anti-jamur, anti-bakteri, dan anti-inflamasi.

Nah, berikut berbagai manfaat daun kumis kucing yang perlu diketahui:

1. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Tanaman ini dapat mencegah tekanan darah tinggi karena kandungan antioksidan dan antiinflamasinya. Kandungan pada daun ini mampu menyerang Enzim Pengubah Angiotensin melalui bantuan dari asam rosmarinic. Sehingga, peregangan pada pembuluh darah terjadi yang akhirnya mencegah tekanan darah.

2. Mengatasi Masalah pada Ginjal

Ekstrak daun dan batang dari tanaman ini dapat mengatasi batu ginjal. Hal ini disebabkan sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba yang ada dapat mencegah infeksi pada ginjal dan saluran kemih. 

Selain itu, daun kumis kucing saat diolah menjadi teh memiliki sifat diuretik dan detoksifikasi alami, mampu mengeluarkan racun dari tubuh. Alhasil, batu ginjal dapat menghilang.

Bukan hanya itu, tanaman ini juga memiliki kandungan glikosida Orthosiphonin, yang mampu menjaga kesehatan ginjal dalam melarutkan asam urat, fosfat, dan oksalat. Dengan begitu, batu ginjal dapat diatasi dan juga dicegah untuk kambuh.

3. Mencegah Diabetes

Daun kumis kucing juga mengandung asam ursolat dan oleanolat, yang mampu menurunkan kadar glukosa dalam darah di tubuh. Selain itu, tanaman ini juga memiliki sifat anti-inflamasi yang baik dalam pencegahan diabetes. Saat diolah menjadi teh, peningkatan leptin di dalam tubuh terjadi yang sangat baik dalam mengontrol gula darah.

4. Mengatasi Jamur

Tanaman kumis kucing memiliki sifat antijamur, salah satu fungsinya untuk mengatasi infeksi dari jamur, terutama yang disebabkan Candida Albicans. Infeksi jamur ini dapat menyebabkan infeksi saluran kencing dan candidemia. Maka dari itu, konsumsi olahan tanaman ini menjadi salah satu cara alami yang bisa dipilih untuk pengobatan.

Selain mengatasi infeksi jamur, tanaman ini juga mampu mengatasi gangguan yang disebabkan oleh virus, termasuk penyakit Dengue. Hal ini disebabkan adanya senyawa polisakarida, terpenda, alkaloid, dan fenolat yang ampuh untuk atasi gangguan disebabkan oleh virus.

Nah, itulah beberapa manfaat dari daun kumis kucing yang patut diketahui. Masih banyak manfaat lainnya dari konsumsi tanaman ini untuk kesehatan. Maka dari itu, tidak ada salahnya mengonsumsi teh dari olahan daun kumis kucing agar tubuh lebih sehat dan bugar.

Apabila masih memiliki pertanyaan lainnya terkait manfaat dari daun kumis kucing, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban langsung dari ahlinya. Dengan download aplikasi Halodoc, kemudahan berinteraksi dengan ahli medis bisa dilakukan kapan dan dimana saja melalui smartphone yang dimiliki!

Chat dokter ahli gizi untuk mengetahui manfaat dari daun kumis kucing secara online di Halodoc
Referensi:
Bright Stuffs. Diakses pada 2022. 8 Cat Whiskers Plant Health Benefits For A Healthy Lifestyle.
Pemerintah Kabupaten Buleleng. Diakses pada 2022. Menguak Manfaat Tanaman Kumis Kucing untuk Mengobati Infeksi Saluran Kencing.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan